Skema Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 & 3 Kabel

Salah satu hal yang menyebabkan baling-baling kipas angin tidak bergerak yaitu terjadi kerusakan pada kapasitor. Kapasitor menjadi salah satu komponen yang paling sering bermasalah. Penting untuk mengetahui cara pasang kapasitor kipas angin 2 kabel yang mudah dilakukan.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 Kabel

Baca Dulu : Penyebab Kipas Angin Nyetrum?

Sistem Kerja Kapasitor Kipas Angin

Komponen kapasitor bentuknya balok warna hitam dan biasanya berada di bagian dalam mesin dari kipas angin. Cara untuk memasang kapasitor pun harus dengan membuka penutup dari mesin terlebih dahulu.

Pada dasarnya, kapasitor berfungsi untuk menampung muatan listrik. Ada berbagai komponen elektronik penyimpan muatan listrik yang menambahkan kapasitor. Dengan adanya komponen ini maka bisa mencegah lonjakan tegangan arus listrik saat kipas angin dinyalakan ataupun dimatikan.

Artinya, arus listrik yang mengalir ke penerima utama tentunya melalui komponen kapasitor. Adapun cara kerja dari kapasitor kipas angin yaitu sebagai berikut.

  • Baling-baling kipas kondisinya diam. Muatan listrik pada kapasitor mempunyai energi yang cukup sehingga dapat memicu terjadinya gerakan di bagian rotor. Sesudah komponen rotor terpicu, kemudian baling-baling akan berputar hingga kecepatan putaran tertentu.
  • Ketika pasokan listrik diputus, seperti saat kipas angin dimatikan, maka masih terdapat sisa muatan listrik pada kapasitor. Hal ini memungkinkan terlambatnya kecepatan baling-baling sampai akhirnya baling-baling berhenti total.
  • Biasanya, ukuran kapasitor ini sesuai dengan ukuran kipas. Ukuran kapasitor yang besar lebih cepat dan kuat saat memicu terjadinya gerakan pada rotor.

Penyebab Kapasitor Rusak Pada Kipas Angin

Penyebab Kapasitor Rusak Pada Kipas Angin

Saat komponen kapasitor mengalami kerusakan dan ingin menggantinya, alangkah baiknya untuk mengetahui gejala pemicu yang menyebabkan kerusakan.

  • Saat dihidupkan, kipas angin sebatas berdengung, tetapi tidak langsung berputar.
  • Daun kipas pada kipas angin harus diputar menggunakan bantuan tangan terlebih dahulu supaya dapat berputar cepat.
  • Kipas angin tidak dapat berputar sama sekali.

Lanjutkan ke langkah berikutnya untuk memastikan kerusakan apa yang terjadi pada kapasitor dengan melakukan pengukuran menggunakan avometer atau multimeter. Selain itu juga perlu mengetahui cara menentukan kabel kapasitor kipas angin.

Artikel Terkait :

judul gambar

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 Kabel

Apabila sudah mengetahui cara kerja dan tanda-tanda kerusakan kapasitor, maka mengganti kapasitor merupakan solusinya. Sebelum ke cara pasangnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

  • Pisau atau gunting pemotong kabel
  • Obeng
  • Kapasitor pengganti isolasi
  • Kabel listrik yang berwarna hitam maupun selotip.

Skema cara pasang kapasitor kipas angin 2 kabel

Jika sudah mempersiapkan beberapa peralatan tersebut, selanjutnya adalah penjelasan mengenai skema cara pasangnya.

  1. Pastikan kabel power pada kipas angin telah terlepas dari colokan sehingga dapat menghindari sengatan listrik.
  2. Selalu lepaskanlah bagian kipas sehingga housing mesin pada kipas angin dapat diakses.
  3. Bukanlah bagian penutup kipas menggunakan obeng dan ukuran sekrup yang ada di area penutup untuk melepaskannya. Jika tutup berhasil dibuka, selanjutnya temukanlah letak dan jalur kabel kapasitor kipas angin.
  4. Di kedua terminal kapasitor, temukanlah bagian kabel yang terhubung. Lalu potong di bagian yang sekiranya nantinya kabel mudah disambungkan. Apabila sudah terpotong, maka dapat langsung mengangkat komponen kapasitor tersebut.
  5. Siapkanlah komponen kapasitor baru lalu cobalah untuk menghubungkan pada kabel yang telah dipotong. Tidak perlu untuk mengurutkan posisi dari kabel karena penggunaan listrik di sini merupakan arus bolak-balik.
  6. Pastikanlah bahwa kapasitor tersebut tersambung dengan aman dan kuat. Lalu bungkus kembali sambungan itu dengan isolasi sehingga tidak terjadi korslet.
  7. Semua bagian mesin dirakit kembali lalu pastikanlah jika semuanya telah aman untuk mencoba mesin. Nyalakan mesin kipas terlebih dahulu apabila ingin mencoba kapasitor baru.
  8. Bungkuslah sambungan itu menggunakan isolasi sehingga tidak terjadi korslet. Kemudian raket ulang semua bagian mesin untuk memastikan semuanya aman.
  9. Cobalah menyalakan kipas untuk menandakan bahwa kapasitor tersebut berfungsi. Apabila kita sudah normal kembali, selanjutnya selesaikan perakitan kipas hingga semuanya terpasang.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel

Skema Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 Kabel

Sebenarnya cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel dan 5 kabel sama dengan sebelumnya. Skema pemasangan kapasitor ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda setiap kabelnya.

Kabel warna hitam berfungsi menghubungkan ke sumber listrik secara langsung. Kabel warna putih berfungsi sebagai sambungan di listrik langsung. Sedangkan kabel warna merah digunakan sebagai sambungan di kapasitor saja.

Ketahui :

Demikianlah penjelasan mengenai cara pasang kapasitor kipas angin 2 kabel dan 3 kabel yang dapat dilakukan. Terkait dengan jenis kapasitor yang digunakan tentunya berbeda-beda karena disesuaikan dengan kapasitansi kapasitornya.

judul gambar

Leave a Comment