Jalur Kabel Kipas Angin Gantung dan Warna Kabelnya

Kipas angin menjadi salah satu peralatan elektronik dimana hampir ditemukan di rumah warna. Sebab bukan hanya murah tetapi juga perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan AC. Nah, jika anda ingin melakukan perawatan pada perangkat tersebut, maka mengetahui jalur kabel kipas angin wajib diketahui.

Jalur kabel kipas angin

Hal tersebut sangat bermanfaat apabila terjadi kerusakan maka anda tidak akan pernah sampai salah dalam melakukan pemasangannya tersebut. Dengan memahami masalah itulah maka kegiatan servisnya dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain ataupun bahkan dibawa ke tempat servis dimana akan memakan biaya tidak sedikit.

Baca Dulu : Skema Gulungan Kipas Angin Maspion

Jalur Kabel Kipas Angin Jenis Gantung

Jalur Kabel Kipas Angin Jenis Gantung

Dari sekian banyaknya tipe kipas angin maka tipe gantung memang menjadi pilihan terbaik. Adapun jalur kabel kipas angin Miyako gantung atau dari merek lainnya sebenarnya tidak jauh berbeda. Tetapi memang anda wajib mempelajari dahulu bagaimanakah jalur-jalurnya tersebut. Jadi apabila terjadi kerusakan, bisa ditangani sendiri tanpa perlu ke tempat servis.

Adapun bagian dari perangkat ini dimana mempunyai kabel adalah bagian dynamo atau mesinnya. Setiap perangkat biasanya mempunyai dynamo berbeda-beda tetapi didalamnya tetap mempunyai bagian sama termasuk juga dengan jalur kabel kipas angin gantung didalamnya tersebut.

Biasanya anda bisa menemukan 6 kabel didalam kipas. Dimana 3 kabel akan digunakan sebagai kecepatan perangkat, 2 sebagai kapasitor serta 1 berfungsi sebagai netral.. Tidak hanya itu saja, didalam kipas inilah ternyata juga terdapat jalur kabel dengan 4 kumparan. Masing-masing kumparan itulah mempunyai 2 ujung dan jika dihitung total maka ad a8 kumparan.

Salah satu dari kumpuaran itulah ternyata mempunyai lilitan dan 3 lainnya mempunyai kumparan sebagai kecepatan dari kipasnya. Agar anda semakin mudah memahami bagaimanakah jalur kabel kipas angin plafon ataupun tipe lainnya maka dapat menyimak penjelasannya berikut

judul gambar
  1. Kumparan kecepatan 1 digunakan buat menghubungkan kumparan utama dengan jenis kumparan masukan tipe A1.
  2. Sedangkan kumparan 2 biasanya digunakan buat menghubungkan kumparan utama dengan model masukan terhadap kumparan B1.
  3. Untuk tipe 3 akan digunakan buat menghubungkan kumparan utama dengan keluaran b2
  4. Untuk yang terakhir adalah jalur kabel angin gantung dan berdiri dimana terdapat 2 kumparan B3. Kumparan inilah akan digabungkan dengan bagian kapasitor dan sambungan listrik netral dengan sifatnya tidak langsung.

Artikel Terkait :

Warna-warna Kabel Didalamnya

Warna kabel kipas angin

Agar anda bisa dengan mudah memperbaiki jalur kabel didalam perangkat tersebut maka mengetahui Warna kabel kipas angin merupakan hal penting dilakukan. Masing-masing kabel kipas dengan 4 kabel itulah ternyata mempunyai warna berbeda-beda. Jadi, anda tidak perlu khawatir ketika akan melakukan pemasangannya nanti.

Biasanya pengguna akan menemukan 3 warna kabel paling umum digunakan. Beberapa memang mempunyai 4 kabel tetapi kabel tambahan memiliki fungsi sebagai komponen untuk memperkuat salah satu kabel yang ada. Nah, untuk memahami apa sajakah warna-warnanya itulah, kami sudah menyiapkan informasinya berikut

1. Warna Hitam

Untuk tipe warna hitam inilah biasanya akan langsung menyambungkan mesin kipas dengan sumber listrik yang ada. Jadi dapat dibilang peran dari warna hitam inilah ternyata cukup krusial alias benar-benar cukup penting

2. Warna Putih

Lain halnya dengan warna putih dimana merupakan kabel yang akan langsung terhubung dengan sumber listrik. Biasanya juga akan digunakan sebagai kabel kapasitor atau dikenal dengan sebutan jumper.

3. Warna Merah

Terakhir adalah kabel dengan warna merah dimana dapat ditemukan pada jalur kipas gantung dan berdiri dengan mudah. Fungsi utama dari warna ini adalah menghubungkan bagian dynamo dengan kapasitor.

Selain memahami bagaimanakah jalur perkabelan dari kipas inilah, anda juga perlu mengetahui bagaimanakah bagian-bagian dari perangkat tersebut. Mulai dari bagian body dimana mempunyai fungsi sebagai penyangga atau rangka dari perangkat itu sendiri.

Disamping itu, terdapat bagian kelistrikan yang digunakan sebagai sumber listrik, kapasitor, sakelar ataupun komponen listrik lainnya yang terpasang. Disinilah jalur semua kabel akan terpasang dan saling terhubung. Kemudian terdapat part dynamo yakni menjadi komponen mengapa perangkat dapat bekerja dengan optimal.

Ketahui :

Dengan mengetahui bagaimanakah jalur dari perkabelan itulah ternyata akan memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Dengan memahami jalur kabel kipas angin, anda bisa melakukan perbaikan sendiri dengan mudah dan efisien.

judul gambar

Leave a Comment