Apa Saja Penyebab Kipas Angin Nyetrum?

Kipas angin menjadi salah satu peralatan elektronik dimana mempunyai fungsi sangat penting karena digunakan sebagai penyejuk udara. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu pastinya akan muncul berbagai macam masalah termasuk masalah nyetrum. Ada beberapa penyebab kipas angin nyetrum yang perlu diketahui dengan baik.

Penyebab kipas angin nyetrum

Tidak bisa dipungkiri apabila alat elektronik inipun memang kerap sekali mengalami masalah. Terlebih lagi jika usianya sudah tidak baru lagi. Masalah kipas mengeluarkan bunyi bising mungkin paling sering terjadi. kenapa kipas bunyi bising? Adapun penyebabnya biasanya adalah posisi baling-baling tidak sempurna ataupun terdapat kotoran yang menumpuk.

Baca Dulu : Rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan

Penyebab Kipas Angin Nyetrum

Bukan hanya masalah bising saja, masalah lainnya yang kerap kali muncul adalah body tiba-tiba nyetrum. Masalah ini sebenarnya tidak boleh anda remehkan begitu saja. Sebab apabila dibiarkan begitu saja maka akan mengancam orang-orang yang menyentuhnya terutama apabila terdapat anak-anak bukan?

Tidak hanya itu saja, kipas yang nyetrum inipun jika dibiarkan akan membuat kondisi kipas semakin rusak. Bahkan menjadi salah satu alasan dari apa saja yang menyebabkan kipas angin mati. Nah, agar anda bisa segera mengambil langkah, berikut beberapa penyebab dari kipas nyetrum tersebut.

1. Outlet atau Switch Kipas Salah

Outlet atau Switch Kipas Salah

Penyebab pertama yang sering ternyata adalah outlet atau switch kipas mengalami kerusakan alias sudah tidak berfungsi lagi. Nah, apabila kondisi tersebut terjadi maka sengatan listrik bisa saja terjadi. Adapun komponen tersebut berfungsi untuk menerima arus listrik melalui kontak dan terhubung ke kabel.

Apabila terdapat skrup ataupun kabel yang longgar pada bagian kotak, kabel ataupun bahkan stop kontak maka membuat listrik menjadi tidak stabil. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko nyetrum tersebut. Apabila anda melihat adanya percikan api dari outletnya, maka sebaiknya harus meminta bantuan terlebih dahulu.

2. Adanya Peralatan Yang Rusak

judul gambar

Penyebab body dynamo kipas angin nyetrum berikutnya adalah adanya peralatan rusak. Sebab peralatan rusak tidak selalu menyalurkan listrik. Tetapi apabila anda mencolokkannya, maka kemungkinan akan menerima sengatan listrik. Itulah mengapa melakukan pemeriksaan lebih lanjut wajib dilakukan.

3. Listrik Terkena Air

Masih ada penyebab body kipas angin nyetrum kemungkinan besar karena saluran listrik didalamnya terkena air. Perlu diingat bahwa air dan listrik memang menjadi kombinasi sangat berbahaya karena ion air sangat konduktif. Itulah mengapa dapat menyebabkan sengatan listrik bahkan kemungkinan besar di tingkat lebih parah.

Jika masalah setruman tersebut disebabkan karena body kipas terkena air maka anda bisa melepaskan colokan ke stop kontak. Bersihkan terlebih dahulu dengan hati-hati agar tidak merusak bagian lainnya.

Artikel Terkait :

Masalah Lainnya Yang Sering Terjadi Pada Kipas

Masalah Lainnya Yang Sering Terjadi Pada Kipas

Kipas yang nyetrum mungkin menjadi satu dari sekian banyaknya masalah dimana sering terjadi pada peralatan elektronik tersebut. Padahal ternyata ada masalah lainnya dimana sering terjadi pada alat ini. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa masalah lainnya dan langkah-langkah memperbaiki kipas angin tersebut dengan baik.

1. Mengalami Mati Total

Kipas angin yang rusak alias mati total biasanya ditandai dengan baling-balingnya yang tidak mau berputar sama sekali atau bahkan semua lampu didalamnya tidak menyala. Penyebab paling umum adalah karena arus listrik tersebut terputus. Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada arus listrik di stop kontak, melakukan pemeriksaan pada kabel dan steker hingga memeriksa kabel yang putus menggunakan multitester.

2. Tidak Mau Berputar Tetapi Lampu Masih Menyala

Perlu diketahui bahwa kondisi dimana baling-baling enggan berputar tetapi lampu tetap menyala ternyata menjadi masalah lainnya dimana sering terjadi. Penyebabnya sendiri cukup beragam seperti kipas menjadi kering, kapasitor rusak, kawat gulungan putus, kabel ke gulungan putus hingga terbakar.

3. Berisik

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kipas yang mengalami berisik juga menjadi masalah dimana sering terjadi. Walaupun baling-balingnya tetap berputar tetapi suara bisingnya jelas akan mengganggu. Biasanya disebabkan karena bau pengikatnya menjadi longgar ataupun bantalan poros kesat alias kering.

Baca Juga :

Alat elektronik ini memang menjadi pilihan bagi banyak orang karena dapat menyejukkan suhu ruangan dengan efektif. Namun perlu diingat bahwa terdapat sejumlah masalah dimana sering terjadi seperti nyetrum. Nah, sudah tahu bukan apa sajakah penyebab kipas angin nyetrum?

judul gambar

Leave a Comment