Wiring Diagram Kipas Angin Gantung Maspion / Krisbow 3 Kecepatan

Diagram atau wiring diagram adalah gambaran perkabelan dalam instalasi listrik atau alat elektronik. Jadi jika diagram kipas angin maka adalah sebuah gambaran atau skema perkabelan dari instalasi kelistrikan kipas angin. Dengan mengetahui wiring diagram sebuah instalasi listrik, maka ini bisa menjauhkan Anda dari resiko berbahaya, konsleting listrik.

Diagram Kipas Angin

Mengetahui masalah kelistrikan kipas angin seperti diagram kipas angin gantung atau wiring diagram kipas angin 3 kecepatan, tentunya bukanlah hal yang salah. Malah bisa menjadi ilmu bagi Anda yang ingin mempelajari bagian-bagian alat elektronik satu ini. Lantas seperti apa diagram dari kipas angin? Agar dapat mengetahuinya, tentunya bisa langsung saja simak ulasannya selengkapnya berikut.

Baca Dulu : Rangkaian Kabel Kipas Angin Maspion Kotak

Diagram Tipe Pemasangan Kapasitor Kipas Angin Gantung

Tipe Pemasangan Kapasitor Kipas Angin Gantung

 

Seperti namanya kipas angin gantung adalah tipe atau jenis yang dipasang secara gantung. Untuk pemasangannya memang tidak jauh berbeda dari yang jenis dinding atau yang dipasang pada dinding.

Pada kipas angin gantung ada beberapa jenis pengaturan saklar yang digunakan untuk membatasi alus listrik, yaitu adalah seperti berikut ini:

  1. Saklar menggunakan Trafo atau kumparan
  2. Saklar menggunakan Kapasitor
  3. Saklar menggunakan rangkaian elektronik

Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi atau membedakan setiap saklar sebab secara fisik ketiga milik tampilan fisik yang berbeda secara mencolok. Untuk trafo memiliki speed selector memiliki 5 atau lebih pilihan kecepatan.

Selanjutnya untuk yang menggunakan kapasitor memiliki 3 pilihan kecepatan, sedangkan kipas angin dengan rangkaian elektronika pengaturan kecepatannya diatur oleh potensiometer hal ini membuatnya tidak ada pilihan kecepatannya.

Baca Juga :

Lalu untuk mengenai jalur atau diagram pemasangan kabel dari listrik ke kipas angin gantung akan melalui saklar speed atau switch speed. Untuk Saklar Speed tipe trafo dan elektrik atau rangkaian elektrik pemasangannya terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan saklar speed menggunakan kapasitor.

judul gambar

Sebab Anda hanya perlu memasang dua kabel pada baut yang telah disediakan yang jumlahnya ada 2. Untuk tipe pemasangan kapasitor maka bisa melihat diagram kabelnya seperti gambar berikut ini.

Diagram Tipe Pemasangan Kapasitor Kipas Angin Gantung

Wiring Diagram Kipas Angin 3 Kecepatan

Pada umunya alat elektronik ini memang memiliki 3 kecepatan. Untuk diagram kipas angin atau wiring diagram kipas angin 3 kecepatan adalah sebagai berikut ini:

Wiring Diagram Kipas Angin 3 Kecepatan

Diagram tersebut berlaku untuk semua merk produk elektronik ini dengan tiga kecepatan, termasuk wiring diagram kipas angin Maspion dan juga wiring diagram kipas angin Krisbow. Dari gambar di atas, tentunya Anda sekarang sudah mengetahui bagian-bagian alat elektronik ini.

Nah, untuk kipas angin dengan 3 kecepatan maka akan memiliki 6 kabel keluaran, yaitu 3 kabel untuk saklar speed (kecepatan rendah, sedang, dan paling tinggi), 2 untuk kapasitor dan 1 untuk kabel netral atau mematikan alat elektronik ini. Semua kabel tersebut akan terhubung ke motor listrik atau yang disebut dinamo (seperti terlihat pada gambar)

Dari enam kabel tersebut pun memiliki warna yang berbeda-beda. Untuk kabel dengan 6 kabel keluaran maka akan memiliki warna dan fungsi masing-masing warna seperti berikut ini:

Tapi selain memiliki 6 kabel keluaran, ada juga yang memiliki 3 kabel keluaran. Untuk 3 kebel keluaran, akan memiliki warna dan fungsi seperti berikut:

  1. Warna hitam adalah untuk kabel netral yang akan langsung ke sumber listrik
  2. Warna putih adalah kabel yang ke kapasitor listrik dan sumber listrik
  3. Dan merah akan ke kapasitor saja.

Ketahui :

Jadi itulah sekilas mengenai diagram kipas angin yang bisa Anda pelajari.

judul gambar

Leave a Comment