Rangkaian Jalur Kabel Dinamo Kipas Angin 3 Kecepatan

Rangkaian kipas angin 3 kecepatan tergolong menjadi rangkaian kipas angin yang sederhana, sebab anda dapat membuat rangkaian benda elektronik ini menggunakan komponen elektronik dasar, yang mana komponen tersebut termasuk cukup mudah ditemukan pada toko elektronik.

Rangkaian kipas angin 3 Kecepatan

Apakah anda tertarik untuk membuat rangkaian kipas angin sederhana dengan 3 kecepatan? Lantas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian alat elektronik sederhana ini? Untuk mengetahuinya, tentunya anda dapat simak ulasan berikut ini.

Baca Dulu : Diagram Kipas Angin

Komponen Untuk Dapat Membuat rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan Sederhana

Komponen Untuk Dapat Membuat rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan Sederhana

Bukan hal yang tak mungkin untuk membuat kipas angin dengan dilengkapi pengaturan kecepatan seperti yang dijual di toko-toko elektronik. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika rangkaian kipas angin yang menggunakan 3 kecepatan adalah salah satu rangkaian termasuk sederhana.

Untuk membuat rangkaian alat elektronik sederhana ini, maka untuk kecepatan baling-baling alat elektronik ini bisa saja menggunakan potensiometer karena komponen tersebut dianggap lebih murah dan mudah. didapatkan. Selain itu beberapa komponen lainnya yang harus disiapkan untuk membuat rangkaian ini antara lain adalah:

T1 : Z0607

C1 : 100NF

R1 : 500KΩ

R2 : 37KΩ

D1 : C312

Tapi sebelum merakit rangkaian kipas angin 3 kecepatan, tak ada salahnya juga untuk mempelajari hal lainnya seputar alat elektronik ini, seperti jalur kabel kipas angin, saklarnya, dan tentunya tentang dinamo kipas angin 3 kabel.

Baca Juga :

Bagian atau Rangkaian Kelistrikan Kipas Angin 3 Kecepatan

Rangkaian Kelistrikan Kipas Angin 3 Kecepatan

judul gambar

Untuk bagian kelistrikan maka akan membahas rangkaian atau jalur kelistrikan yang akan membuat produk elektronik satu ini bekerja sebagai mestinya. Rangkaian kelistrikan alat elektronik ini adalah seperti berikut.

1. Sumber Berasal Dari Stop Kontak

Ini merupakan kabel utama yang mana akan menghubungkan kipas angin dengan sumber listrik.

2. Saklar Speed

Untuk saklar speed sendiri merupakan tempat dimana nantinya anda dapat memiliki dan mengatur kecepatan kipas angin dan tempat untuk menghentikannya. Saklar kipas angin 3 kecepatan bisa memiliki 4 tombol saklar dengan fungsinya seperti berikut;

  1. Saklar 0 digunakan agar baling-baling kipas berhenti
  2. Saklar 1 digunakan agar baling-baling bisa bergerak dengan kecepatan yang biasa saja atau paling rendah
  3. Lalu saklar 2 agar baling-baling bisa bergerak dengan kecepatan sedang
  4. Dan saklar 3 agar baling-baling bisa bergerak dengan kecepatan yang paling tinggi

Untuk kabel setiap saklar memiliki warna yang berbeda-beda bergantung dari merknya, jadi jangan asal sambung saja jika anda berencana untuk memperbaiki kipas angin yang rusak.

3. Kapasitor

Umumnya kapasitor memiliki ukuran 1.5 micro farad, tapi ada juga yang memiliki ukuran 1,2 – 2, dan 1 tergantung ukuran dan tentunya bergantung juga dengan merknya tersebut.

4. Motor Listrik atau Dinamo

Baik kabel yang akan terhubung dengan saklar, kapasitor dan sumber akan menumpuk di komponen bernama motor listrik atau sering disebut juga dengan nama dinamo. Dinamo kipas angin pada umunya akan mengeluarkan 6 keluaran kabel, kemudian ada yang 5 dan ada juga yang 3.

dinamo kipas angin 3 kabel

Untuk dinamo kipas angin 3 kabel biasanya memiliki 3 warna kabel. Tiga warna dan fungsinya adalah sebagai berikut ini.

  1. Warna Hitam bisa juga disebut kabel netral atau untuk mematikan kipas
  2. Putih adalah sambungan pada listrik langsung dan kapasitor
  3. Kemudian merah adalah sambungan pada kapasitor saja

Ketahui :

Jika dibandingkan dengan 6 keluaran kabel, jelas kipas angin 3 kabel bisa dibilang lebih mudah dipahami.

Itulah rangkaian dari kipas angin 3 kecepatan.

judul gambar

Leave a Comment