Cara Menyambung Jalur Kabel Kipas Angin 6 Kabel

Kipas angin menjadi salah satu perangkat elektronik yang bisa ditemukan dengan mudah hampir di setiap rumah masyarakat Indonesia. Apabila anda merupakan pemiliknya, maka mengetahui cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel memang menjadi informasi sangat penting. Sebab dengan begitu bisa melakukan perbaikan sendiri di rumah.

Cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel

Digunakan sebagai penyejuk udara, kipas inipun ternyata mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan AC. Dimana dapat digunakan sebagai penyejuk ruangan dengan biaya terjangkau serta hemat listrik. Kondisi tersebut tentu berbanding terbalik apabila anda menggunakan AC dimana harus bersiap-siap mengeluarkan kantong lebih dalam.

Baca Dulu : Rangkaian Dinamo Kipas Angin

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel

Karena mempunyai banyak kelebihan untuk kantong kebanyakan orang, membuat perangkat elektronik inipun dijadikan pilihan banyak oleh masyarakat. Tetapi walaupun perangkat tersebut didesain cukup canggih tetapi bukan berarti dapat terbebas dari kerusakan ataupun masalah.

Ada beberapa jenis kerusakan yang bisa anda temukan pada perangkat tersebut seperti kendor, sekring terputus, baling-baling berputar secara terbalik, kabel dynamo terputus bahkan terbakar ataupun masalah lainnya. Berbicara mengenai kerusakan, kipas angin dimana kabel dinamonya terbakar menjadi masalah cukup fatal.

Sebab jika kondisi tersebut terjadi ternyata bisa menyebabkan kipas menjadi mati total akibatnya tidak akan pernah dapat digunakan tersebut. Karena dynamo sendiri menjadi bagian cukup penting, mengetahui bagaimanakah jalur kabel kipas angin 5 kabel atau 6 kabel serta cara menyambungkan menjadi hal cukup penting.

Untuk memulai menyambung kabel yang terputus ataupun terbakar tersebut sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Ada beberapa langkah dimana harus dipahami terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membongkar Cover atau Penutup

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membongkar penutup alias cover atau pelindung kipas angin. Jangan lupa lepaskan bagian baling-baling sehingga nantinya hanya akan menyisakan bagian dinamonya saja. Pastikan proses pelepasan tersebut dilakukan dengan hati-hati sehingga dapat menghindari komponen lainnya rusak.

2. Buka Tempat Kabel Dinamo Terpasang

judul gambar

Buka Tempat Kabel Dinamo Terpasang

Setelah membuka bagian penutup dari perangkat, berikutnya anda bisa membuka bagian tempat dimana kabel dynamo kipas tersebut dipasang. Cobalah cari letak kabel dynamo yang bermasalah dengan baik. Apabila memang ditemukan kerusakan seperti putus maka anda dapat menyambungnya segera.

Artikel Terkait :

3. Tentukan Warna Kabel

Sebelum anda menyambungkannya, maka harus menentukan warna kabel terlebih dahulu. nantinya terdapat 4 kabel dalam kipas dan harus diamati manakah kabel untuk dynamo tersebut. Jangan sampai salah warna karena kesalahan sedikit akan membuat masalah fatal termasuk meningkatkan peluang kerusakan besar.

4. Menentukan Arah dan Fungsi Kabel

Masing-masing kabel ternyata mempunyai arah dan fungsinya masing-masing. Bukan hanya itu saja, setiap kabel juga akan saling terhubung serta cocok dengan satu bagian-bagian kipas. Jadi cara menyambung kabel dynamo tersebut adalah mencari kabel dimana merupakan kabel dari dynamo. Jangan sampai salah!

5. Silangkan 2 Kabel Yang Terputus

Silangkan 2 Kabel Yang Terputus

Apabila anda sudah menemukan manakah kabel yang terputus pada dynamo, maka langkah berikutnya adalah menyilangkan kabel tersebut. Pastikan Bahwa keduanya telah terlilit dengan benar dan baik. Selalu hati-hati karena bisa saja kabel tersebut masih mengalirkan listrik didalamnya.

Setelah sudah berhasil disambung, maka pasang kembali bagian-bagian yang sudah dilepaskan tadi. Jangan lupa baut-bautnya juga dipasang dengan benar. Cobalah hubungkan ke stop kontak untuk mengetahui apakah mesin bisa bekerja normal ataukah tidak.

Ketahui :

Agar kipas angin yang anda miliki tersebut tetap awet, maka jangan lupa mematikannya ketika tidak digunakan serta jangan lupa rajin dalam membersihkannya. Mengetahui cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel diatas benar-benar akan berikan banyak manfaat.

judul gambar

Leave a Comment