Skema Gulungan Kipas Angin Maspion

Apabila anda merupakan pemilik perangkat elektronik satu ini, maka memahami bagaimanakah skema kipas Angin Maspion memang wajib dilakukan. Hal tersebut jelas sangat membantu apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan ataupun masalah lainnya sehingga anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa pergi ke tempat service dahulu.

Skema kipas angin maspion

Seperti sudah diketahui, perangkat elektronik inipun menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mendinginkan ruangan dengan murah sekaligus cepat dibandingkan AC. Saat ini, memang sudah ada banyak brand yang bisa ditemukan di pasaran. Salah satunya adalah Maspion dimana menjadi pilihan banyak bagi keluarga di Indonesia.

Baca Dulu : Rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan

Skema Kipas Angin Maspion Gulungan Kabel

Skema Kipas Angin Maspion Gulungan Kabel

Maspion sendiri memang menyediakan beberapa pilihan produk kipas yang bisa dipilih oleh konsumen mulai dari tipe berdiri, kotak hingga dinding. Nah, apabila anda berkeinginan membeli perangkat dari brand ini, maka memahami skema kipas angin Maspion kotak ataupun tipe lainnya cukup penting diketahui.

Adapun skema gulungan pada kipas adalah sekumpulan lilitan kawat tembaga dimana akan dililitkan pada 4 kutub magnet. Adapun fungsinya adalah digunakan sebagai generator listrik pada kipas Maspion tersebut. Nah, tanpa adanya generator itulah maka bagian baling-baling tidak akan berfungsi.

Nah, bagi anda yang ingin memahami bagaimanakah skema kipas angin Maspion remote ataupun non maka kami sudah menyediakan informasinya untuk anda dibawah ini.

Untuk variasi dari skema kipas inipun ternyata cukup rumit dan biasanya tergantung dengan tipenya sehingga setiap skema kemungkinan besar akan berbeda-beda. Didalam generator listrik sendiri biasanya akan dikenal dengan istilah keluaran kabel.

Supaya anda bisa mengetahui apa keluaran kabel tersebut maka bayangkan bahwa generator listrik punya 3 kumparan dengan tipa kumparan punya 2 ujung. Maka ini artinya bahwa terdapat 6 keluaran sekaligus. Namun secara umum, generator listrik ternyata mempunyai beberapa variasi keluaran kabel mulai dari 3, 5 atau bahkan 6.

judul gambar

Semakin besar ukuran dari baling-baling maka generator tersebut akan semakin besar sehingga jumlahnya kabel yang dibutuhkan akan semakin besar juga. Namun skema kipas angin Maspion 6 kabel paling banyak tersedia di pasaran. Dari 6 keluaran kabel itulah ternyata mempunyai fungsi berbeda-beda.

Dimana 3 keluaran nantinya akan digunakan sebagai control speed, 2 keluaran untuk bagian kapasitor hingga 1 keluaran digunakan buat netral.

Artikel Terkait :

Jumlah Lilitan Kipas Angin Merk Maspion

Jumlah Lilitan Kipas Angin Merk Maspion

Jika dilihat skema gulungan kipas angin Maspion ternyata mempunyai kemiripan dengan Miyako ataupun Cosmos. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena didalamnya mempunyai 2 model alur diantaranya adalah

1. Alur low

Dimana alur low tersebut menggunakan kawat dengan ukuran 0,12 dan jumlah lilitan benangnya mencapai 200 kali.

2. Alur Medium

Sedangkan alur medium ini akan menggunakan kawat 0,5 mm dan jumlah lilitan yang terdapat didalamnya adalah 200 kali dan terdiri dari 4 buah kutub.

Kendati demikian terdapat juga beberapa model yang menggunakan ukuran kawat sama yakni 0,15 dan jumlah lilitannya sama seperti alur low ataupun medium. Adapun rangkaian dari kabel pada kipas Maspion ini sendiri bisanya mempunyai beberapa elemen penting diantaranya adalah.

1. Motor Listrik

Dalam perangkat elektronik ini, keberadaan dynamo atau motor listrik mempunyai peran sangat penting karena akan terhubung dengan bagian saklar. Didalam komponen inilah nantinya terdapat kapasitor serta komponen lainnya dimana mengeluarkan beberapa kabel. Dinamo sendiri mampu mengeluarkan 3,5, bahkan 6 tipe kabel berbeda.

Kumparan utama pada komponen tersebut biasanya akan terdiri dari 1 komponen dimana punya banyak lilitan. Sedangkan 3 kumparan lainnya ternyata mempunyai jumlah lilitan sekaligus volume sama.

2. Sakral Speed

Adapun rangkaian penting berikutnya adalah pada bagian sakral speed dimana digunakan sebagai sarana menyalakan ataupun menghentikan kipas utama. Umumnya, komponen tersebut terdiri dari 4 tombol utama dengan fungsi berbeda-beda.

3. Sumber dari Bagian Stop Kontak

Stop kontak pada kipas biasanya terdiri dari kabel serta colokan sebagai penghubungnya. Bagian ini memang terlihat cukup sepele tetapi ternyata mempunyai peran cukup penting. adapun fungsi utamanya adalah menghubungkan kipas ke bagian sumber listrik.

Ketahui :

Perangkat elektronik ini memang dikenal menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menyejukkan udara. Jika anda adalah pemiliknya, maka sebaiknya ketahui bagaimanakah skema kipas angin Maspion dengan baik.

judul gambar

Leave a Comment