Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung 2 & 5 Kabel

Pernahkah kamu mengalami kipas angin bermasalah? Biasanya masalah kipas angin disebabkan oleh kapasitor yang rusak. Artikel kali ini akan membahas cara pasang kapasitor kipas angin gantung pada kipas angin dengan 2 kabel dan 5 kabel.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung

Kipas angin yang bermasalah biasanya disebabkan banyak faktor, tapi salah komponen yang paling berpengaruh yaitu kapasitornya. Kapasitor ini merupakan komponen penting dalam mesin kipas angin dan paling sering bermasalah.

Komponen ini bentuknya balok dan berwarna hitam. Biasanya kapasitor ditempatkan di dalam housing mesin. Jadi untuk memasangnya pun, harus dengan membuka penutup mesin kipas angin terlebih dahulu.

Baca Dulu : Rangkaian Kabel Kipas Angin Maspion Kotak

Cara Kerja Kapasitor Kipas Angin

Cara Kerja Kapasitor Kipas Angin

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengganti kapasitor kipas angin, kamu juga perlu mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja kapasitor kipas angin. Fungsi utama dari kapasitor yaitu sebagai alat yang menampung muatan listrik.

Kapasitor biasanya ditambahkan dalam komponen elektronika dengan tujuan agar bisa menyimpan muatan listrik. Kapasitor inilah yang bisa mencegah terjadinya lonjakan tegangan pada kipas angin saat dimatikan atau dinyalakan.

Berikut ini cara kerja kapasitor kipas angin:

  • Saat baling-baling kipas kondisi diam, maka muatan listrik di dalam kapasitor memiliki energi untuk memicu gerakan pada rotor penggerak. Setelah rotor mulai bergerak maka baling-baling bisa mulai berputar dan mengikuti kecepatan yang ditentukan.
  • Jika aliran listrik diputus saat kipas angin dimatikan, maka kapasitor masih menyimpan sisa muatan listrik yang membuat putaran baling-baling akan melambat dan akhirnya berhenti total.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung

Salah satu ciri kipas angin yang rusak kapasitornya yakni saat dinyalakan, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat baling-baling berputar. Bahkan kondisi yang lebih parah, baling-baling baru mau berputar jika sudah digerakkan secara manual menggunakan tangan.

judul gambar

Jika kondisi ini sudah kamu alami, tandanya kapasitor kipas angin kamu mulai rusak. Kapasitor kipas angin terdiri dari beberapa jenis kabel, seperti 2 kabel, 3 kabel dan 5 kabel.

Artikel Terkait :

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 Kabel

Berikut ini cara pasang kapasitor kipas angin 2 kabel:

  • Buka penutup kipas angin (housing/cover). Kamu bisa membukanya dengan obeng yang menyesuaikan dengan sekrup yang ada di sekeliling penutupnya.
  • Jika sudah berhasil terbuka, kamu perlu menemukan posisi kapasitor kipas angin terlebih dulu.
  • Jika sudah, lalu cari kabel yang terhubung pada kedua terminal kapasitor dan potong kabelnya. Setelah itu angkat kapasitor yang rusak.
  • Siapkan kapasitor baru, dan sambungkan ke kabel yang sudah dipotong tadi. Kamu juga tidak perlu mengurutkan posisi atau warna kabel karena komponen ini menggunakan arus bolak-balik.
  • Setelah di sambungkan, kamu perlu menggunakan isolasi untuk memastikan kabel tersambung dengan baik dan tidak ada korslet.
  • Jika sudah dipastikan terpasang dengan benar, kamu bisa rakit kembali mesin penutupnya dan coba menyalakan kipas angin terlebih dahulu. Jika baling-baling sudah memutar dengan normal, maka kapasitor sudah terpasang dengan benar.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis kapasitor, sebab kapasitor menyesuaikan dengan jenis kipas angin. Perbedaan kapasitor hanya dilihat dari berapa jenis kabel yang digunakan. Jika diatas kamu mengetahui cara memasang kapasitor 2 kabel, untuk memasang kapasitor 5 kabel juga tidak berbeda jauh.

Sebab kunci utamanya hanya menghubungkan kabel yang dipotong dengan kabel pada kapasitor baru yang akan dipasang. Berikut ini langkahnya:

  • Buka penutup kipas angin menggunakan obeng.
  • Lalu temukan posisi kapasitor dan potong kabel dari terminal baterai.
  • Setelah itu kamu bisa menghubungkan kabel yang dipotong dengan kabel pada konektor baru. Kabel pada kapasitor ini menggunakan arus bolak-balik.
  • Jika kabel sudah dipastikan terpasang dengan benar, kamu bisa menggunakan isolasi pada sambungan tersebut untuk menghindari korslet.
  • Setelah itu kamu bisa rakit kembali mesin kipas angin dan penutupnya.

Cara pasang kapasitor kipas angin gantung sama saja dengan cara diatas, karena pada dasarnya cara kerja mesinnya sama. Peralatan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan.

Ketahui :

Jika kapasitor sudah terpasang dengan benar, kamu bisa coba nyalakan kipasnya. Jika baling-baling kembali memutar dengan normal, maka kipas angin kamu sudah berhasil diperbaiki.

judul gambar

Leave a Comment