Fungsi Skema & Cara Kerja Flyback TV

Orang yang sudah terbiasa dalam bidang elektronika pasti sudah tidak awam dengan yang namanya Flyback hingga ke fungsi flyback TV itu sendiri. Flyback merupakan sebuah komponen penting yang harus ada pada rangkaian dari perangkat televisi.

Fungsi Flyback Tv

Flyback sendiri mempunyai fungsi sebagai suplai tegangan dalam jumlah yang besar ke anoda tabung. Dengan begitu, televisi bisa tetap menyala dengan normal. Komponen penting seperti flyback ini termasuk salah satu komponen yang susah untuk mencari penggantinya ketika rusak.

Baca Dulu : Cara Pasang Gacun 3 Kabel Pada TV LED

Fungsi Flyback TV

Flyback merupakan komponen transformator yang terdapat pada televisi atau monitor dengan fungsi menghasilkan tegangan tinggi. Kita bisa menemukannya pada blok horizontal output dan didalamnya terdapat diode internal.

Dioda internal inilah yang akan menyearahkan tegangan tinggi yang berasal dari trafo. Selain itu, di dalam flyback juga mempunyai lilitan dan sebuah batang ferit atau kita kenal dengan transformator.

Bongkar Harga Flyback TV Tabung

Keberadaan flyback memang sulit ditemukan disebabkan karena tidak tersedianya tipe atau nomor di toko elektronik, sehingga cara mengatasinya adalah kita perlu mengetahui data persamaan dari flyback dan bisa diganti dengan tipe yang lain namun fungsinya masih sama.

Harga flyback sendiri terbilang tidak terlalu mahal, umumnya barang ini dijual dengan harga pasarannya 40.000 hingga 100.000 rupiah baik toko secara offline maupun online. Harga tersebut juga tergantung dari seri hingga tipe dari TV yang akan digunakan.

Uraian Cara Kerja Flyback

Pembahasan selanjutnya adalah cara kerja utama dari flyback yaitu membangkitkan tegangan yang tinggi, yaitu sebesar 2kV guna keperluan tabung crt. Selain itu, fungsinya juga membangkitkan tegangan-tegangan dengan skala ampere kecil untuk kebutuhan rangkaian-rangkaian yang memang memerlukan daya ampere skala kecil.

Cara kerja flyback sendiri yaitu flyback disalurkan pada deflection yoke yang bertujuan untuk membelokkan electron pada tabung gambar TV baik secara horizontal maupun vertikal. Selanjutnya bangkitan tegangan sedang atau rendah berguna untuk blok vertikal output, heater, dan ABL (Automatic Brighness Limited).

Artikel Lainnya :

judul gambar

Skema Flyback

Skema Flyback

Secara umum trafo FBT (Flyback Transformator) memiliki 10 pin atau kaki pada bagian bawahnya. Setia pin ini juga mempunyai fungsi sendiri-sendiri dan menjadi 2 bagian, yaitu primer atau input dan sekunder atau output.

Inilah fungsi dari kaki flyback, antara lain :

  1. HV, berfungsi untuk menghubungkan ke Kop flyback dan memberikan hasil tegangan tinggi sekitar 26kV menuju ke atas tabung.
  2. Focus, terhubung ke bagian CRT (G3/G4) yang mempunyai fungsi untuk mengatur fungsi gambar.
  3. Screen, terhubung pada CRT (G2) yang mempunyai fungsi untuk mengatur terang gelapnya gambar.
  4. ABL (Automatic Brightness Limiter), terhubung pada IC yang mempunyai fungsi membatasi level sinar electron menuju ke blok RGB secara otomatis.
  5. AFC (Automatic Frequency Control), terhubung pada sirkuit AFC/FBP dengan fungsi sebagai pengunci frekuensi osilator horizontal.
  6. HOT, terhubung ke transistor horizontal output dengan fungsi menghasilkan tegangan tinggi.
  7. B+, terhubung ke power supply positive dengan tegangan 110-130V. Keberadaannya menjadi fungsi tegangan kerja, sehingga jika tidak ada tegangan yang mengalir ke pin ini maka FBT tidak bekerja
  8. Ground, mempunyai fungsi sebagai negatif.

Ketahui :

Itulah informasi terkait flyback pada TV dan fungsi dari adanya kaki flyback yang mempunyai perannya masing-masing dalam melakukan pekerjaan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang sedang mengenal dunia elektronika dan akan mencoba untuk melihat bagian-bagian komponen khususnya pada TV.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text