Cara Mengukur Tegangan Skema Rangkaian Backlight TV LED

Orang masih awam soal bagian dalam TV sehingga bila ada kerusakan banyak orang yang kebingungan bagaimana cara memperbaikinya. Skema rangkaian Backlight TV LED itu memang menjadi salah satu informasi penting untuk memperbaiki TV bila ada kerusakan. Mengecek Backlight TV LED itu harus dilakukan untuk memastikan kerusakan dan dibutuhkan backlight tester schematic.

Skema Rangkaian Backlight TV LED

Adanya alat atau rangkaian khusus tersebut akan bisa mengetahui apakah tegangan backlight TV LED LG 32 drop. Mengetahui tegangannya itu sangat penting, karena tegangan backlight TV LED Toshiba itu harus tepat dan pas untuk bisa bekerja dengan baik. Jadi penting untuk kalian mengetahui bagaimana sih cara mengukur tegangan backlight TV LED.

Baca Dulu : TV LCD Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Manual

Memastikan tegangan pada backlight TV LED itu adalah hal penting, agar tahu kalau memang ada permasalahan pada TV. Apalagi kalau terjadi kerusakan pada TV seperti hilang gambar, maka harus tahu cara melakukan pengukuran tegangan tersebut. Berikut ini kami akan coba jelaskan bagaimana sih cara untuk melakukan pengukuran dengan baik dan benar.

1. Membongkar Panel TV

Langkah yang paling pertama itu adalah dengan membongkar panel TV terlebih dahulu untuk melihat bagian dalam dari TV. Pembongkaran ini harus dilakukan dengan teliti agar tidak ada bagian yang terlewat dan bisa terbuka dengan baik dan sempurna. Setelah dibongkar, maka akan terlihat lampu LED yang ada di dalam backlight TV LED yang kalian miliki itu.

Sebaiknya pada saat membongkar semua bagian disimpan dengan rapi supaya memudahkan pada saat akan melakukan pemasangan lagi.

2. Menghitung Semua Lampu LED

Setelah sudah dibongkar, maka langkah selanjutnya kalian harus melihat jumlah lampu LED yang ada pada panel tersebut. Tegangan yang dimiliki oleh backlight TV LED itu akan bisa terlihat dari berapa banyak jumlah lampu LED yang ada di panel. Jadi pastikan kalian menghitung jumlah lampu dengan benar supaya tahu besaran tegangan yang dimiliki dengan benar.

Salah satu hal yang harus kalian perhatikan pada saat melakukan pembongkaran untuk mengecek tegangan adalah kehati-hatian. Bagian backlight LED TV itu sangat rawan dan mudah rusak ketika terkena guncangan terus menerus dan bisa membuat lampu mati. Guncangan itulah yang kemudian bisa membuat kualitas lampu jadi menurun dan bisa jadi akhirnya tidak bisa menyala.

Pembongkaran itu harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak memberikan guncangan yang berlebihan dan membuat lampu mati. Bila terjadi kerusakan sudah pasti akan menyebabkan kerugian yang besar bagi kalian ya, padahal niatnya hanya mengecek saja. Hati-hati dan perlahan adalah kunci supaya bisa melakukan pengecekan tegangan backlight TV LED dengan baik dan juga lancar.

judul gambar

Artikel Lainnya :

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Dengan Alat

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Dengan Alat

Cara kedua yang juga sebenarnya bisa digunakan itu adalah mengukur tegangan dengan mempergunakan alat khusus untuk mengukurnya. Ada beberapa kelebihan dan juga keuntungan dari mengukur dengan menggunakan alat khusus ini ya. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa kalian dapatkan saat mengukur dengan menggunakan alat.

  1. Lebih mudah dilakukan pengukuran, karena kalian tidak perlu melakukan pembongkaran.
  2. Lebih aman untuk TV karena tidak perlu pembongkaran jadi kemungkinan terkena guncangan pun lebih kecil

Alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran itu adalah zener tester yang bisa digunakan dengan mudah tanpa membongkar TV. Kalian pun bisa membuat atau merakit alat sendiri dengan rangkaian khusus untuk pengecekan tegangan backlight TV LED.

Fungsi Skema Rangkaian Backlight TV LED

Berhubungan dengan pengecekan dan juga perbaikan, tentunya skema rangkaiannya itu jadi informasi yang sangat penting. Berikut ini beberapa fungsi kalian perlu tahu skema rangkaian dari backlight TV LED.

  1. Untuk mengecek atau mengukur tegangan itu kalian butuh tahu skema ini, supaya bisa mengukur dengan baik.
  2. Bila ada kerusakan pada TV kalian juga bisa mengandalkan skema rangkaian ini untuk bisa memperbaikinya dengan benar juga.

Ketahui :

Demikianlah beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengukur tegangan dari backlight TV LED untuk memastikan TV bekerja dengan baik.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text