TV LCD Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup Kedip

Permasalahan pada TV memang sering terjadi, seperti misalnya TV LCD tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Permasalahan pada TV Cina tidak bisa nyala tapi lampu power hidup itu sering terjadi, dan memang sangat menjengkelkan. Hal ini jelas membuat banyak orang pun penasaran mengenai bagaimana sih cara untuk mengatasi hal tersebut.

TV LCD Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Terkadang TV tidak bisa nyala tapi lampu power kedip itu karena beberapa faktor, dan berikut ini kami jelaskan penyebab TV LCD LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Dan berikut kami akan jelaskan penyebabnya itu apa dan juga cara mengatasinya.

Baca Dulu : Kode Remot Joker Digital K Vision 

Penyebab TV Cina Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Ada beberapa penyebab yang memang bisa muncul ketika TV LCD baik dari berbagai brand itu tidak bisa nyala meskipun lampu power hidup. Penyebabnya ini akan sangat mempengaruhi soal bagaimana Anda akan mengatasi masalah yang terjadi pada TV tersebut. Dan kali ini kami akan jelaskan dulu mengenai apa saja sih penyebabnya.

3 Penyebab TV LCD Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

1. Horizontal Flyback Tidak Berfungsi

Penyebab yang pertama Horizontal Flyback yang ada pada televisi itu tidak berfungsi atau mungkin terjadi kerusakan. Bisa terjadi karena transistor mengalami short atau bisa juga karena sinyal input dari driver tidak aktif. Kalau permasalahan driver bisa jadi karena tegangan tidak ada atau juga karena driver bermasalah.

2. Komponen Elco Bermasalah

Lalu ada yang namanya komponen Elco pada TV yang bermasalah, dan ini menyebabkan kondisi TV standby. Kondisi mati standby sudah pasti akan membuat TV tidak menyala, akan tetapi lampu power itu akan hidup. Lampu power ini hidup setelah TV dinyalakan, akan tetapi sebenarnya dalam kondisi standby karena komponen Elco ini bermasalah.

3. Tegangan Regulator Pada TV Drop

Penyebab yang berikutnya adalah tegangan yang tidak memenuhi kebutuhan TV, dan biasanya terjadi karena regulator TV. Sehingga regulator dari TV ini tidak bisa menghantarkan tegangan yang cukup untuk TV dan membuat TV tidak menyala. Namun beberapa tegangan masih masuk, sehingga lampu power di TV tersebut masih menyala.

judul gambar

Baca Juga :

Cara Mengatasi TV LG Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cara Mengatasi TV LG Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Setelah sudah tahu penyebabnya, maka kalian sudah pasti akan mengerti dan tahu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Dan memang ada beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk bisa memperbaiki kondisi TV yang mati namun lampu power itu masih hidup. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa cara yang bisa kalian pakai bila TV kalian mengalami masalah tersebut.

1. Cara Pertama

Cara yang pertama adalah dengan membongkar televisi dan kemudian memeriksa dan memastikan kalau semua kabel sudah terhubung ke arus listrik. Kemudian kalian periksa tegangan dari masing-masing komponen di bagian B+ 115, yang mana akan memunculkan 2 kondisi. Bila kondisinya B+ normal dan bisa dilanjutkan memeriksa transistor Horizontal.

Sementara bila kondisinya B+ tidak normal, maka kalian lepas transistor dan kemudian periksa kembali tegangan pada komponen tersebut. Bila tidak drop berarti permasalahannya itu ada di transistornya. Tapi kalau masih drop juga, berarti kemungkinan besar permasalahan itu ada pada bagian power supply dari TV tersebut.

Ketahui :

2. Cara Kedua

Cara kedua kalian tekan tombol switch atau ganti channel, bila masih mati namun power hidup kemungkinan besar ELCO bermasalah. Anda tinggal ganti saja komponen ELCO tersebut.

judul gambar

Leave a Comment