Skema, Persamaan, Cara Cek Regulator TV Sanyo STR W6753 & CG21SF1T

Berbicara mengenai media elektronik berupa TV maka tidak akan ada habisnya, karena TV saat ini banyak sekali jenis, model, dan merk nya. Salah satu merk TV di Indonesia yang cukup terkenal ialah TV Sanyo. Hanya saja TV Sanyo ini berbeda dengan TV lainnya karena apabila mengalami kerusakan maka cara memperbaikinya cukup ribet. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui skema regulator TV Sanyo str w6753.

 Skema Regulator Tv Sanyo Str W6753

Skema di TV memiliki fungsi selain untuk mempermudah dalam proses perakitan juga bisa digunakan oleh teknisi untuk mempermudah proses pelacakan kerusakan. hal ini juga berlaku untuk beberapa tipe TV Sanyo seperti skema regulator TV Sanyo cg21sf1t.

Baca Juga : Skema TV Sony Trinitron 29 Inch

Persamaan Str W6753 TV Sanyo

STR W6753 merupakan IC yang sering ditemukan pada beberapa rangkaian mesin elektronik, biasanya terdapat pada beberapa mesin TV tabung dengan berbagai merk seperti Sharp, Sanyo, Samsung, dan masih bayak lagi merk lainnya.

IC ini biasanya akan dilengkapi dengan pin ocp yang mana pin tersebut berfungsi untuk mendeteksi adanya arus yang kuat pada rangkaian primer transformator.

Adanya persamaan str w6753 TV Sanyo bisa dijadikan sebuah solusi jika kita tidak menemukan komponen yang sama di pasaran, dimana ada STR lainnya yang cocok digunakan sebagai pengganti dari str w6753. Adapun beberapa persamaan dari str w6753 ialah:

  1. STR W6754
  2. STR W6750F

Kedua STR di atas merupakan STR yang bisa menggantikan str w6753 karena memiliki kecocokan, sehingga jika TV yang menggunakan str w6753 mengalami kerusakan maka bisa digantikan dengan dua str diatas.

Karakteristik Dari STR W6753

STR W6753 memiliki karakteristik yang khusus, dimana karakteristik yang dimiliki hampir memiliki kesamaan dengan STR W6754 dan STR W6750F. Adapun beberapa karakteristiknya seperti:

  1. Tegangan drain source sebesar 650 V
  2. Tegangan kontrol supply sebesar 35 V
  3. Arus maksimal drain switching sebesar 11,2 Ampere
  4. Single pulse avalanche energi atau EAS sebesar 145 mJ
  5. Daya disipasi sebesar 0,5 W

Artikel Terkait :

judul gambar

Beberapa Cara Mengecek Skema Regulator TV Sanyo Str W6753

Skema Regulator TV Sanyo Str W6753

STR W6753 sendiri merupakan komponen utama pada regulator TV, untuk mengecek nya bisa menggunakan Avometer. Biasanya beberapa masalah yang sering muncul karena adanya kerusakan pada komponen ini ialah TV yang mati total, konslet yang ditandai dengan adanya fuse sekering putus.

Kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh komponen str ini biasanya mengharuskan untuk mengganti str baru. Akan tetapi sebelum menggantinya kita perlu mengecek semua komponen terlebih dahulu, jika komponennya bagus maka kita tidak perlu menggantinya.

Sebaliknya, jika ada komponen yang rusak maka kita bisa menggantinya dengan STR baru bisa dengan STRW6754 ataupun STRW6750F dimana kedua STR pengganti ini memiliki daya yang lebih besar. Adapun cara mengecek STR dengan menggunakan Avometer ialah:

  1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan ialah dengan melakukan set pada Avometer pada skala1x atau 10x, akan tetapi lebih disarankan untuk menggunakan skala 1k karena menghasilkan hasil pengukuran yang terlihat jelas.
  2. Langkah selanjutnya ialah memulai pengukuran pada str yang rusak dengan menempelkan probe berwarna hitam dari Avometer pada kaki nomor 5, kemudian probe merah ditempelkan pada kaki nomor 4, maka jarum Avometer akan bergerak menunjukkan ke angka 2 Kohm.
  3. Langkah selanjutnya ialah dengan menempelkan probe hitam pada kaki nomor 5 sedangkan probe merah pada kaki nomor 3, hasilnya jarum Avometer akan bergerak menunjukkan ke angka 6 Kohm.
  4. Lalu tempelkan pula probe hitam pada kaki nomor 5 kemudian probe merah pada kaki nomor 2, maka hasil dari jarum Avometer akan menunjukkan ke angka 2,7 Kohm.

Dari pengecekan diatas menunjukkan jarum bergerak ke arah resistensi atau yang mengalami kebocoran, karena untuk TV yang memiliki str normal jarum tidak akan bergerak ke arah mana pun, dengan begitu cara mengatasinya ialah dengan mengganti str baru karena menurut pengecekan str tersebut sudah mengalami kebocoran.

Ketahui :

Itulah beberapa informasi mengenai berbagai skema dan persamaan dari str W6753 yang dapat memudahkan untuk mengganti ke str yang cocok dengan str tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi para teknisi yang ingin mengetahui lebih dalam lagi. Selamat mencoba!

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text