Cara Pasang Gacun 3 Kabel Pada TV LED Polytron 32 Inch

Informasi kali ini akan membahas cara pasang gacun 3 kabel pada TV LED. Masih banyak orang yang belum mengenal gacun. Gacun sendiri adalah suatu rangkaian PWM dimana rangkaian elektronik ini dijadikan sebagai alternative pengganti dari regulator dengan bentuk simple dan sederhana.

Cara Pasang Gacun 3 Kabel Pada Tv Led

Gacun juga biasa disebut sebagai switching karena memang modulnya berbentuk switching. Penggunaan alat ini akan lebih merubah regulator dalam bentuk yang mudah dan memiliki banyak keunggulan. Proses pemasangan juga tidak sulit karena hanya terdapat 3 kabel untuk disambungkan dengan regulator.

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Power Supply TV LCD Sharp

Panduan Pasang Gacun Untuk TV LED 32 Inch

Sudah banyak diketahui orang yang berkecimpung di dunia elektronik jika gacun ini memang jalan terbaik jika terjadi kerusakan pada regulator. Informasi ini akan memberikan panduan lengkap dalam cara pasang gacun 3 kabel pada TV LED Polytron, Sharp, dan merk lainnya.

Skema Gacun 3 kabel dan Cara Pasang Gacun 3 Kabel pada TV LED Polytron

Gacun 3 Kabel

Berikut ini merupakan skema dalam pemasangan gacun 3 kabel:

judul gambar
  1. Lepaskan transistor atau FET utama. Kemudian pasang modul gacun. Setelahnya pasang isolator dalam head sink atau pendingin
  2. Langkah selanjutnya adalah hubungkan kabel merah ke pad penyolderan pin C, letaknya pada switching transistor (guna FET pin D dan Transistor pin C)
  3. Selanjutnya hubungkan kabel hitam ke ground utama televisi atau solder pada bagian pin transistor switching (guna transistor pin E, FET pin S). Pada pin E negative dari kapasitor 300 V filter.
  4. Lepaskan beban horizontal dan hubungkan bola lampu daya 100 watt. Selanjutnya nyalakan TV dengan dikondisikan volume ada modul. Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memperoleh tegangan output yang dibutuhkan.
  5. Pada kabel biru merupakan kabel off remote control yang nantinya akan digunakan mematikan output jika dihubungkan pada hot ground. Jika TV terdapat optocoupler, maka kabel biru dipasang pada posisi pin C dan pin E dihubungkan ke ground dan semua koneksi lain pada pin C dari optocoupler harus diputuskan.
  6. Kabel biru juga merupakan kawat tegangan penyelaras.
  7. Jika modul mengalami gangguan setelah dipasang, putuskan komponen lain pada pin C dari switching transistor dan juga sirkuit paralel yang terhubung R1 pada sisi primer dari transformator switching.
  8. Jika modul tidak bekerja, maka dilakukan pemeriksaan pada bagian dioda penyearah primer dan juga sekunder hingga kapasitor filter
  9. Terdapat TV yang terpasang rangkaian contohnya STR309 dan terjadi tegangan utama yang menurun saat menutup dan menyuplai tegangan ke CPU, maka perlu dilakukan setup sirkuit listrik tambahan pasokan ke CPU.
  10. Jika TV ternyata terpasang power supply yang khusus dan tidak cocok untuk dipadukan dengan instalasi modul ini maka dapat install modul ini pada produk lainnya, selanjutnya install ke produk TV (modul sudah disesuaikan dengan tegangan terendah untuk menghindari kerusakan komponen saat tegangan tinggi).
  11. Saat power off dan TV tidak bisa dihidupkan kembali, maka lakukan pemeriksaan ulang pada rangkaian power off (sudah bekerja dengan baik atau belum).
  12. Power off yang sudah tersambung dengan baik, selanjutnya Anda bisa sambungkan salah satu resistor dengan daya 4,7k/10 watt hingga 8,2k/5 watt diantara B+ dan ground.

Baca Juga : 

Itulah langkah dalam pembuatan skema gacun 3 kabel yang ada pada TV LED. Anda bisa mempelajari dengan mudah jika Anda sudah mempunyai basic dalam dunia elektronik.

Biasanya pergantian skema menjadi gacun ini mempunyai beberapa penyebab, diantaranya adalah :

  • Komponen tidak tersedia lagi di pasaran, sehingga sulit mencari sparepart yang sama
  • Nomor komponen yang sudah dihapus sehingga sulit menemukannya
  • Terjadi kerusakan pada jalur papan PCB
  • Solusi terbaik di saat permasalahan tidak menemukan jalan keluarnya.

Penggunaan rangkaian gacun ini memang dipilih sebagai jalur alternatif dengan keunggulannya berupa rangkaian yang sederhana, proses instalasi yang cepat, cara kerja yang stabil, dan bisa diandalkan untuk mengembalikan kondisi TV seperti semula.

Ketahui :

Cobalah untuk menggunakan gacun 3 kabel pada TV LED yang bermasalah, masalah akan lebih cepat terselesaikan dan bisa dipakai seperti sebelumnya.

judul gambar

Leave a Comment

close
Alternative Text