Cara Cek Heater Kulkas Polytron 2 Pintu Dengan Multitester

Kulkas Polytron 2 pintu merupakan salah satu merek yang cukup populer. Namun terkadang ada kendala seperti kerusakan pada heater kulkas 2 pintu sehingga kulkas tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara cek heater kulkas dengan multitester. Heater ini merupakan salah satu komponen kulkas yang sangat penting karena berfungsi untuk mencairkan bunga es pada freezer.

Cara Cek Heater Kulkas Dengan Multitester

Baca Dulu : Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu 

Apa Fungsi Heater Pada Kulkas?

Heater atau sering disebut dengan defrost panas merupakan komponen pada kulkas yang berfungsi mencairkan bunga es di evaporator. Komponen ini merupakan sumber panas yang bersumber dari kawat dengan tegangan listrik tinggi.

Supaya body yang ada di dalam kulkas tidak meleleh ketika fuse heater bekerja, maka komponen ini dibalut menggunakan kaca khusus. Selain itu, heater juga tertutup rapat sehingga bodi kulkas tidak akan terbakar.

Selain untuk menghindari terbakarnya body kulkas hal ini bertujuan supaya heater tidak terkena air. Karena jika hal itu terjadi maka bisa menyebabkan korsleting listrik.

Letak Heater Kulkas Polytron 2 Pintu

Letak Heater Kulkas Polytron 2 Pintu

Biasanya, letak heater kulkas Polytron 2 pintu berada di bagian atas, tepatnya di bawah evaporator. Fungsinya yaitu agar semua bunga es yang ada di evaporator dapat mencair secara menyeluruh.

Selanjutnya, supaya air tersebut tidak tergenang di dalam ruangan kulkas, air akan dibuang menggunakan saluran khusus pembuangan.

Biasanya, ukuran heater kulkas Polytron 2 pintu yang terbuat dari material kaca sekitar 10 atau 11 inci. Ukuran tersebut setara dengan 26 cm. Umumnya, heater yang digunakan pada kulkas 2 pintu yaitu heater kaca. Bentuk komponen ini menyerupai suatu elemen yang dibungkus menggunakan kaca atau serupa dengan lampu UV.

Artikel Terkait :

Ciri-Ciri Heater Kulkas 2 Pintu Rusak

Ciri-Ciri Heater Kulkas 2 Pintu Rusak

judul gambar

Ketika terjadi kerusakan pada komponen heater, maka kulkas tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan pada heater dapat dicirikan adanya penumpukan bunga es pada evaporator.

Ternyata penumpukan es tersebut bisa menyebabkan kulkas akhirnya menjadi tidak dingin. Bahkan hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada kipas evaporator jika tumpukan bunga es tersebut terus menghimpit kipas.

Cara Cek Heater Kulkas dengan Multitester dan Metode Lain

Sebuah heater pada kulkas memiliki peran yang sangat penting sehingga komponen ini harus dalam kondisi normal. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara cek heater kulkas dengan multitester untuk mengetahui apakah data tersebut normal atau tidak.

  • Cek Heater Kulkas Dengan Multitester

Untuk dapat mengecek kondisi heater kulkas, maka dapat dilakukan dengan cara membongkar dan mengeluarkan heater tersebut dari tempatnya. Letak heater ini berada di bawah evaporator.

Jika heater sudah dikeluarkan dari tempatnya, maka dapat mengeceknya dengan multitester atau avometer di skala ohm. Apabila multitester tersebut menunjukkan suatu hambatan, artinya komponen heater kulkas 2 pintu masih dalam kondisi yang normal.

  • Cek Heater Kulkas Dengan Menyambungkan Daya 220 V

Selain itu, untuk mengecek heater juga dapat dilakukan dengan menyambungkan langsung pada daya 220V. Apabila komponen heater dalam kondisi bagus maka heater tersebut akan mengeluarkan hawa panas. Namun jika tidak, artinya komponen heater tersebut rusak.

  • Cara Cek Heater Kulkas Sederhana

Adapun cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengecek heater yaitu sebagai berikut.

  • Tutup yang ada di bagian depan evaporator dilepaskan terlebih dahulu.
  • Perhatikan bimetal defrost.
  • Lepaskan komponen tersebut dari evaporator namun tidak perlu melepas soketnya, jadi biarkan soket tersebut tersambung pada instalasi.
  • Selanjutnya, posisikan timer di posisi defrost lalu potonglah kedua kabelnya.
  • Sambungkan kedua kabel tersebut dengan menempelkannya, lalu lepaskan secara bergantian.
  • Apabila terdapat percikan api kecil, artinya heater tersebut masih normal. Sedangkan apabila tidak ada percikan api maka heater tersebut sudah rusak.

Ketahui :

Itulah beberapa cara cek heater kulkas dengan multitester yang dapat dilakukan dengan mudah. Komponen heater ini memiliki peran yang sangat penting sehingga harus dilakukan perawatan dengan baik.

judul gambar

Leave a Comment