Mengapa Kulkas Bagian Bawah Tidak Dingin Padahal Lampu Menyala ?

Pemilik kulkas sering mendapati keadaan dimana kulkas bagian bawah tidak dingin. Hal ini sangat aneh, terlebih jika freezer masih dingin. Terkadang, kulkas tidak terasa dingin padahal lampu kulkas menyala. Memang lampu kulkas menyala sering dianggap sebagai indikator bahwa kulkas berfungsi baik.

Kulkas bagian bawah tidak dingin

Tahukah Anda Mengapa Kulkas Bagian Bawah Tidak Dingin?

Beberapa hal penting yang harus diketahui pemilik kulkas adalah saat kulkas tidak dapat menjaga makanan dan minuman.  Mereka mendapati bahwa makanan dan minuman di dalam kulkas terasa hangat dan bahkan rusak. Beberapa hal yang menjadi penyebab kulkas Polytron 2 pintu bagian bawah tidak dingin adalah :

1. Kulkas Sesak

Cara mengatasi kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin

Kenapa kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin padahal lampu menyala? Kompartemen lemari es dapat membatasi aliran udara dingin.  Isi kulkas terlalu banyak akan menyebabkan kulkas tidak dingin meskipun freezer tetap berfungsi dengan baik.

Mengatasi kulkas yang penuh sesak adalah dengan memilih bahan yang ditempatkan di dalamnya. Manfaatkan kontainer kedap udara untuk memisahkan bahan sehingga kulkas lebih rapi. Buang tas plastik belanjaan yang kerap dibiarkan di kulkas, dimana hal ini juga mengganggu sirkulasi udara.

Baca Dulu : Kulkas LG 2 Pintu Bawah Tidak Dingin

2. Koil Kondensor Kotor

Koil kondensor berperan penting dalam menjaga kinerja kulkas. Koil kondensor kotor akan menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi. Karena itulah sebagian besar kulkas hangat, meski freezer tetap dingin.

3. Isi Melebihi Kapasitas

Kapasitas makanan terlalu banyak dapat menjadi alasan utama mengapa kulkas 1 pintu bagian bawah tidak dingin.  Rak lemari es yang penuh sesak dapat menghalangi ventilasi yang memungkinkan udara dingin mengalir dari freezer ke lemari es. Barang-barang yang dikemas rapat juga menyisakan sedikit ruang untuk sirkulasi udara dingin yang ada.

4. Penempatan Tidak Tepat

Penempatan Tidak Tepat di Kulkas

Bahan makanan sering asal diletakkan di dalam kulkas. Tips terbaik adalah dengan meletakkan bahan-bahan makanan jauh dari ventilasi udara. Perlu ada jarak setidaknya satu inci antara dinding lemari es dan makanan segar atau wadah penyimpanan.

5. Kumparan Kondensor Kotor

Kumparan kondensor lemari es mendinginkan zat pendingin yang mengalir, membantu menciptakan udara sejuk untuk lemari es. Seiring berjalannya waktu, kumparan dapat dilapisi debu dan kotoran. Hal ini membuat mencegah refrigeran tidak dapat mengalami  pendinginan. Ketika ini terjadi, maka penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin bagian bawah meski freezer beroperasi secara normal.

judul gambar

Cara membersihkannya adalah cabut aliran listrik dan jauhkan lemari es dari dinding.  Arahkan pemasangan selang vakum sempit ke ventilasi koil di bagian bawah panel belakang lemari es. Lalu Sirkulasikan selang bolak-balik melintasi ventilasi untuk menghilangkan debu dan kotoran.

6. Kerusakan pada Termistor Kulkas

Termistor memantau suhu internal lemari es dimana termistor memberi sinyal ke bagian control evaporator serta kompresor untuk menghasilkan atau membatasi udara dingin. Saat ketika termistor rusak, control panel tidak dapat mendeteksi  sehingga memberikan sinyal salah ke evaporator dan kompresor.  Cara mendeteksi kondisi termistor adalah menggunakan pengujian multimeter.

7. Kipas Evaporator Rusak

Kipas evaporator membantu mendinginkan refrigeran saat mengalir melalui kumparan evaporator. Jika motor kipas tidak berfungsi, bilah tidak akan berputar. Karena itulah terjadi suara bising, dan motor tidak menunjukkan kontinuitas dengan pengujian multimeter.

Baca Juga :

Ketahui Cara Mengatasi Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Bagaimana Cara Mengatasi Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Suhu normal untuk kulkas adalah 2 hingga 3 derajat Celcius. Jika lebih tinggi, tentu isi kulkas akan cepat rusak serta berbahaya bagi kesehatan.  Dan jika suhu lebih rendah, maka akan terjadi masalah pada proses pendinginan dan pembekuan.

Cara memeriksa pengaturan suhu lemari es adalah dengan menggunakan termostat Anda yang biasanya hadir dengan tampilan digital. Jika suhu lemari es terlalu rendah, kemungkinan termostat rusak atau tertutup.  Namun demikian, pemilik dapat mengatasi penyebab kulkas LG 2 pintu bagian bawah tidak dingin.

1. Cek Door Seal

Lapisan pada pintu atau door seal harus selalu dalam keadaan baik. Jika ada kerusakan pada segel pintu, atau segel sudah tidak rapat, maka udara dingin dari lemari es akan keluar. Pastikan pula bahwa door seal atau lapisan karet di pintu selalu bersih. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada tumpukan noda atau residu yang mengurangi daya rekatnya.

2. Pembentukan Es

Penumpukan es di bagian dalam lemari es dapat menghambat perpindahan panas. Hal ini dapat mengurangi efisiensi. Berkurangnya efisiensi menyebabkan konsumsi listrik makin tinggi dan suhu lemari es yang lebih hangat. Caranya cairkan kulkas secara teratur untuk menghindari konsekuensi ini.

Ketahui :

Jadi, apabila kulkas bagian bawah tidak dingin dapat segera dicari solusinya. Selain itu, pemilik kulkas tetap harus rajin melakukan pemeliharaan. Hal ini untuk menghindari biaya yang lebih tinggi untuk perbaikan. Namun, apabila perbaikan tidak dapat dihindarkan, maka jasa teknisi sangatlah diperlukan.

judul gambar

Leave a Comment