Penyebab & Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Macet Gagal Start Tanpa Bongkar

Cara mengatasi kompresor kulkas macet gagal start dapat dilakukan dengan beberapa pilihan. Penyebab kompresor kulkas gagal start menentukan langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara mengatasi kompresor yang gagal start.

Cara mengatasi kompresor kulkas macet gagal start

Baca Dulu : Ciri-Ciri Oli Kompresor Kulkas Habis

Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Macet Tanpa Bongkar

1. Periksa kabel listrik

Kompresor merupakan komponen penting kulkas untuk mengompres zat pendingin. Masalah yang sering terjadi pada komponen ini adalah macet atau gagal start. Salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa kabel listriknya.

Apabila ada kabel yang aus, kabel mungkin tidak bisa mengalirkan daya listrik dengan benar ke kompresor. Hal ini bisa menjadi alasan sepele mengapa kompresor kulkas tidak bisa menyala atau gagal start.

Cara mengatasi kompresor kulkas macet gagal start yang mudah cukup melihat kabel daya dan menggantinya apabila diperlukan. Jangan lupa untuk mencabutnya terlebih dahulu dari stop kontak agar lebih aman.

2. Menyetel thermostat dengan benar

Menyetel thermostat dengan benar

Thermostat merupakan komponen penting lainnya yang memiliki fungsi mengirimkan sinyal ke kompresor. Komponen ini bekerja berdasarkan suhu yang ada di kulkas. Thermostat menentukan kapan sinyal dikirim untuk menyalakan kompresor.

Thermostat dapat digunakan untuk mengecek apakah kompresor bermasalah atau baik-baik saja. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengatur termostat ke penyetelan yang lebih rendah. Kemudian amati kompresor kulkas bekerja atau tidak.

Cara mengatasi kompresor kulkas macet tanpa bongkar ini tentu sangat sederhana. Apabila kompresor bisa menyala dan tidak mati, maka artinya komponen ini tidak memiliki masalah.

3. Membersihkan motor dan kompresor

Debu dapat menumpuk pada gulungan kondensor yang berpengaruh pada kompresor. Apabila gulungan kondensor kulkas ini kotor, maka kinerja kompresor akan terhambat dan menyebabkannya gagal start.

Cara mengatasinya tentu dengan membersihkan kotoran debu yang menumpuk pada gulungan kondensor kulkas. Bisa menggunakan penyedot debut untuk membersihkan kotoran tersebut. Geser kulkas agar lebih mudah untuk membersihkan komponen yang kotor ini.

Penyebab kompresor kulkas gagal start dapat karena adanya kotoran dan debu di bagian kondensor. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kualitas sirkulasi udara di sekitar kulkas agar debu-debu tidak terlalu cepat menumpuk di komponen ini.

Baca Juga :

judul gambar

4. Mencairkan es di kulkas

Freezer yang terlalu lama menyala mungkin dapat menyebabkan kompartemen kulkas memiliki es yang terlalu tebal. Penumpukan es ini dapat berpengaruh pada kinerja kulkas. Jadi untuk mengatasinya adalah dengan cara mencairkan es seluruhnya.

5. Memberikan daya yang lebih tinggi pada kompresor

Cara lainnya untuk mengatasi kompresor yang bermasalah dan gagal start yaitu dengan memberikan tenaga listrik yang lebih besar dari spesifikasi kompresor. Salurkan tegangan yang lebih besar untuk beberapa detik saja untuk memancing kompresor bekerja.

Cara ini efektif untuk mengatasi kompresor yang mati. Namun jangan terlalu lama mengaliri tegangan tinggi karena dapat merusak bagian kumparan motor. Apabila dengan cara ini kompresor tetap macet, maka perlu penggantian kompresor yang baru.

6. Menambah kapasitor

Menambah kapasitor

Cara mancing kompresor kulkas dengan kapasitor adalah dengan memasangkan tambahan kapasitor. Alirkan daya listrik untuk memancing kompresor yang macet agar dapat start. Cara ini dapat dilakukan hingga 4 kali untuk mengatasi kompresor yang bermasalah.

Jika tidak berhasil, maka solusinya adalah mengganti kompresor. Saat menambahkan kapasitor ini sebaiknya dilakukan tidak terlalu lama dan segera kembalikan ke rangkaian listrik seperti sebelumnya

7. Menambah torsi pada motor

Apabila kompresor macet dan tidak mau start, maka bisa diatasi dengan cara memberi torsi lebih pada motor. Pasang kapasitor 100microfarad lebih pada bagian tengah antara pin C dan pin S. Lakukan dalam beberapa detik agar kompresor menyala.

Jika cara ini tidak berhasil, kemungkinan kompresor kulkas memang rusak dan perlu diganti. Perhatikan juga untuk tidak terlalu lama menambah torsi besar ini agar tidak merusak motor.

Ketahui :

Cara mengatasi kompresor kulkas mace gagal start di atas tentu dapat dicoba satu per satu hingga berhasil. Namun lakukan dengan hati-hati terlebih lagi jika berhubungan dengan sumber listrik. Apabila ragu, sebaiknya gunakan teknisi yang sudah ahli agar lebih aman dan tentunya tidak memperparah kondisi kompresor kulkas.

judul gambar

Leave a Comment