Skema Kulkas Inverter & Cara Merubah Kulkas Inverter Ke Manual

Semua peralatan elektronik seperti tv, komputer, radio, bahkan kulkas pasti mempunyai skema kulkas inverter. Fungsi adanya skema ini adalah mengetahui bagaimana listrik berjalan sesuai dengan rute yang ada menuju komponen masing-masing tersebut. Sehingga komponen yang diberikan daya listrik tersebut bisa melakukan kerjanya.

Skema Kulkas Inverter

Skema kelistrikan dari kulkas terbilang cukup sederhana dari peralatan yang membutuhkan daya listrik yang lainnya. Untuk kulkas satu dan dua pintu mempunyai skema yang sama, hanya saja pada kulkas 2 pintu terdapat komponen yang ditambah yaitu defrost dan heater.

Baca Dulu : Arti Inverter Pada Kulkas 

Penjelasan Skema Kulkas Inverter

Kulkas yang mempunyai inverter di dalamnya bisa berguna untuk mengubah perangkat daya dari DC (arus searah) menjadi AC (arus bolak balik) berlangsung di saat tegangan lebih tinggi. Pemasangan inverter biasanya akan dibarengkan dengan bank baterai dan sejenisnya. Sehingga bank baterai bisa menyimpan daya sesuai yang sudah disetting.

Namun yang terjadi sebenarnya adalah bank baterai hanya bisa menyimpan daya dalam bentuk DC. Sedangkan daya yang diberikan ke pabrik atau rumah tangga dalam bentuk AC. Sehingga inverter yang bertugas merubah arus tersebut.

Ternyata dibalik keuntungan yang diberikan dari inverter, masyarakat juga masih memilih ke bentuk manual saja. Terlebih untuk membeli inverter dan juga bank baterai sama saja harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Praktekan Cara Merubah Kulkas Inverter ke Manual

Cara Merubah Kulkas Inverter ke Manual

judul gambar

Jika kulkas yang Anda beli sudah terpasang inverter, namun tidak sesuai selera Anda karena tidak ingin menggunakannya. Maka Anda perlu merubah inverternya dengan skema yang manual saja. Sebelumnya untuk mengubah skema menjadi manual, maka Anda membutuhkan bahan komponen pengganti berikut ini :

  • Kompresor standar, pakai saja kompresor yang non standar atau yang memang menggunakan arus AC.
  • Timer kulkas, karena inverter diganti maka timer standar harus dipasang untuk menggantikan sebelumnya.
  • Kipas evaporator AC, Jika kipas menggunakan arus DC maka kita perlu menggantinya jadi kipas arus AC.
  • Defros, perlu diganti juga agar arus berjalan dengan serasi maka diubah juga dengan yang standar.

Setelah menyiapkan komponen pengganti yang memang harus dipasang guna melepas inverter. Berikut ini cara merubah kulkas inverter ke manual, yaitu :

1. Ganti kipas

Untuk mengganti kipas maka Anda perlu membuka penutup evaporatornya, ganti dengan jenis kipas untuk arus AC. Pastikan angin menyembur keluar.

2. Ganti sambungan

Karena komponen thermistor tidak digunakan maka sambungan ini dipasang ke defrost.

3. Siapkan timer

Karena kita akan membuang inverternya, maka kita pasang timer untuk jalur ke heater.

4. Pasang kompresor standar

Jika sudah terpasang semua jalurnya, maka Anda juga harus memasang kompresor dengan tipe standar. Biasanya akan banyak panduan cara tes kompresor kulkas inverter tanpa modul yang tersedia secara online dan bisa Anda pelajari.

5. Pastikan tegangan

Pastikan skala timer menunjukkan 200 Ampere.

Jika sudah sesuai rangkaian, coba untuk mematikan kulkas terlebih dahulu. Kemudian disambungkan pada kabel kipas di ruang freezer lalu nyalakan kulkas kembali. Jangan lupa melakukan pengisian gas untuk freon di kulkas.

Baca Juga :

Tegangan Kompresor Kulkas Inverter

Tegangan Kompresor Kulkas Inverter

Ketika kita menggunakan kulkas dengan skema inverter, biasanya akan memakan tegangan yang tinggi. Sehingga biasanya tegangan kompresor kulkas inverter akan memakan biaya yang tinggi juga. Bahkan ketika rusak, harus membeli pengganti alatnya dengan harga yang relatif lebih mahal. Sehingga banyak yang memilih untuk menggunakan yang manual.

Untuk Anda yang memang ingin mengubah kulkas menjadi skema yang manual maka perlu diperhatikan kembali langkah-langkah cara merubah kulkas inverter ke manual. Biasanya cara-cara ini akan mudah Anda temukan secara online.

Jika sudah selesai diganti, alangkah baiknya Anda juga memperhatikan kembali kualitas freon dari kulkas. Sehingga bisa bekerja dengan baik dan memberikan suasana dingin di kulkas, terkadang kita lupa mengecek bagaimana kondisi freon kulkas.

Ketahui :

Jika sudah beres dalam mengganti ke skema yang manual maka bisa Anda gunakan kembali. Kali ini Anda menggunakan kulkas dengan arus AC tanpa merubah DC, sehingga tegangan yang dibutuhkan tidak akan sebesar sebelumnya. Anda bisa lebih menekan biaya pengeluaran karena bisa lebih hemat. Asalkan Anda merawat dan menggunakan kulkas dengan baik, maka life time dari kulkas juga akan semakin lama.

judul gambar

Leave a Comment