Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu Belleza

Apakah Anda masih bingung dang ragu dengan cara mencairkan bunga es kulkas Polytron 1 pintu? Takut kulkas tidak menjadi bersih, melainkan rusak karena mengerjakannya dengan cara yang salah? Jika tidak ingin hal itu terjadi, yuk cari tahu cara yang baik dan benar di bawah ini!

Cara mencairkan bunga es kulkas polytron 1 pintu

Baca Dulu : Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron Belleza 2 Pintu

Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu

Bunga es pada kulkas adalah salah satu masalah yang sering ditemui karena pengaturan suhu yang terlalu rendah atau dingin. Adanya bunga es ini pastinya cukup mengganggu karena memakan tempat pada bagian freezer sehingga tidak bisa memuat banyak barang.

Proses terbentuknya bunga es adalah ketika kelembapan bersentuhan dengan kumparan evaporator pada bagian freezer kulkas dan kemudian membeku. Adapun beberapa cara mencairkan bunga es pada kulkas Polytron Belleza. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu:

  • Gunakan Air Hangat

Cara pertama adalah gunakanlah air hangat untuk melelehkan bunga es di freezer kulkas. Anda bisa menggunakannya dengan meletakkan wadah yang berisi air hangat di dekat freezer dengan tujuan agar uap panasnya bisa melelehkan es.

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan kain yang direndam di air hangat kemudian letakkan pada bagian bunga es. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan botol semprotan yang diisi air hangat untuk mengusir si bunga es tersebut.

Namun, Anda tidak disarankan untuk menyiram air panas ke freezer karena selain bisa merusak kulkas, cara tersebut juga bisa melukai kulit.

  • Manfaatkan Hair Dryer dan Kipas Angin

Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu dengan Hairdryer

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan alat pengering rambut atau kipas angin untuk memberikan angin-angin pada bunga es. Perlu diketahui bahwa alat pengering rambut sendiri cukup hangat sehingga bisa melelehkan es secara perlahan. Kipas angin juga bisa membantu membawa udara hangat.

Pastikan bahwa kabelnya tidak tertetes air lelehan es agar tidak terjadi konsleting ya!

judul gambar
  • Rendaman Alkohol

Ternyata alkohol juga bisa digunakan untuk  menghilangkan bunga es yang ada di freezer. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika bunga es tidak terlalu tebal. Cara penggunaannya adalah rendam kain bersih ke dalam alkohol kemudian usapkan ke bunga es.

Baca Juga :

  • Tekan Tombol Defrost

Cara Mencairkan Bunga Es Kulkas Polytron 1 Pintu dengan Tombol Defrost

Kemudian, cara termudahnya adalah dengan menekan tombol defrost. Apa fungsinya? Tombol ini berguna untuk menghilangkan bunga es secara otomatis tanpa Anda harus repot-repot melelehkannya secara manual. Jadi, jika tombol defrost ditekan, maka kompresor akan mati dan akan kembali menyala jika bunga es sudah menghilang.

Namun, sayangnya tidak semua kulkas mempunyai fitur ini. Kabar baik untuk Anda yang menggunakan kulkas merk Polytron 2 pintu karena biasanya yang berukuran kecil atau 1 pintu tidak memiliki fitur ini. Lalu, di mana letak tombol defrost kulkas Polytron?

Letaknya ada di bagian depan atau sisi pintu freezer atau bagian bawah freezer bersama dengan tombol pengaturan suhu.

  • Matikan Kulkas

Terakhir adalah dengan cara mematikan kulkas Polytron agar bunga es meleleh dengan sendirinya. Bagaimana cara mematikannya? Anda hanya perlu mencabut kabel kulkas dari saklar atau sumber listrik. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya tanpa harus mematikan kulkas, tetapi hanya dengan menaikkan suhu agar menjadi lebih hangat.

Ketahui :

Itu dia beberapa cara untuk mencairkan bunga es kulkas Polytron 1 pintu yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Perlu diingat bahwa freezer juga bisa mengalami kebocoran, jadi jangan coba-coba untuk menghilangkan bunga es dengan menggunakan benda tajam ya!

judul gambar

Leave a Comment