Cara Baca Kode Kompresor Kulkas LG, Samsung

Cara baca kode kompresor kulkas perlu diketahui sebelum membeli mesin pendingin ini. Setiap kulkas yang dijual pasti memiliki kode kompresor, seperti kode kompresor kulkas LG atau merek lainnya. Berikut beberapa cara membaca kode kompresor dan mengetahui ukuran kompresor kulkas.

Cara baca kode kompresor kulkas

Baca Dulu : Cara Mengatur Suhu Kulkas LG 2 Pintu

Kode Kompresor Kulkas LG

Kode Kompresor Kulkas LG

1. Ukuran kompresor berdasarkan dimensi kulkas

Cara baca kode kompresor kulkas mungkin sedikit berbeda untuk setiap mereknya. Namun sebelum ke kode kompresor, terlebih dulu ketahui ukuran kompresor menggunakan ukuran unit kulkas. Cara mengukurnya dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi kulkas.

Setiap kulkas dengan dimensi berbeda tentu membutuhkan kompresor yang berbeda pula. Kompresor ini menjadi jantungnya kulkas yang membuat kompartemen-kompartemen di dalamnya menjadi bersuhu rendah.

2. Ukuran kompresor berdasarkan jumlah pintu kulkas

Kode kompresor kulkas LG biasanya juga disertai dengan ukuran PK. Setiap model kulkas seperti 1 pintu dan 2 pintu memiliki nilai PK yang tidak sama. Pada umumnya untuk model 1 pintu menggunakan ¼, 1/5, 1/6, atau 1/8 PK.

Masing-masing PK ini memiliki daya yang berbeda-beda. ¼ PK memiliki daya 0,84 Ampere, kemudian 1/6 PK memiliki daya 0,56 Ampere, dan 1/8 PK memiliki daya 0,42 PK.

3. Contoh kode kompresor kulkas

Ukuran kompresor freezer 6 rak biasanya terdapat pada kulkas 2 pintu dengan 1/5 PK. Lebih jelasnya lagi untuk bisa membaca kode kompresor, berikut contohnya.

Kode Kompresor: AE A 4 430 Y – 1

Artinya:

  • Kode AE

Pada kompresor dengan kode AE A 4 430 Y – 1, kode awal yang berupa dua huruf yakni AE merupakan kode untuk kelas kompresor yang digunakan. Selain AE, ada juga kompresor lain yang menggunakan kode AZ. Jadi untuk setiap kompresor bisa memiliki kode depan ini yang berbeda-beda.

judul gambar
  • Kode A:

Kode kompresor kulkas Samsung untuk model pertama dan model terbaru tidak sama. Seperti contohnya pada kode kompresor ini dengan Kode A yang menunjukkan terbitan kulkas. Misalnya kode A untuk produksi pertama dan kode B untuk terbitan kedua dari produksi kulkas suatu merek.

Baca Juga :

  • Kode 4:

Kode 4 untuk applicant yang berarti kompresor dengan low back pressure with high starting torque. Kode ini dapat ditemui pada kulkas yang memiliki tekanan rendah namun dengan torsi awal yang tinggi.

  • Kode 430:

Selanjutnya adalah kode 430 yang merupakan daya dari kulkas. Namun untuk di Indonesia sendiri cukup melihat pada dua digit angka terakhirnya. Misalnya kode 430, maka angka 30 berarti menunjukkan daya 1/8 PK.

  • Kode Y

Kompresor kulkas 1 ph tidak jauh berbeda dengan 1 PK karena selisihnya adalah 1 PH = 1,014 PK. Kode untuk ini bisa dilihat pada 3 digit angka yang ada di tengah. Sedangkan untuk kode huruf paling akhir menujukan refrigerant atau pendingin.

Selain Y, ada juga kode lain yang sering dijumpai pada kulkas yang diproduksi di Indonesia. Contoh kodenya antara lain kode A, V : R12, kode E : R22, kode J : R502, kode Y : R134A, kode M : R600a, dan masih banyak lagi.

  • Kode 1

Kode terakhir pada kompresor kulkas menunjukkan besaran daya listrik yang digunakan. Jika kodenya hanya angka 1, maka artinya daya kulkas adalah 220 – 240 V per 50 Hz. Namun bisa berbeda apabila di belakangnya disertai dengan kode daya listrik lengkap.

Ketahui :

Cara baca kode kompresor kulkas ini tentu dapat membantu mengetahui spesifikasi kulkas termasuk daya yang dibutuhkan. Jadi supaya tidak salah beli, sebaiknya baca kode tersebut terlebih dahulu.

judul gambar

Leave a Comment