Belajar Skema Modul Mesin Cuci Sharp

Kerusakan pada mesin cuci ada banyak penyebabnya, salah satunya ialah kerusakan pada modul mesinnya yang menjadikan sebagian atau keseluruhan komponen mesin cuci menjadi bermasalah. Terlebih, skema modul mesin cuci Sharp yang rumit membuatnya sulit diperbaiki.

Selain itu, perbedaan jenis mesin cuci juga mempengaruhi sistem modulnya. Hal inilah yang menjadikan kalian mesti paham rangkaian sistem modul secara dasarnya sehingga mengetahui antara skema modul mesin cuci sharp 1 tabung dan 2 tabung.

Skema Modul mesin cuci Sharp

Baca Juga : Cara Bongkar Mesin Cuci 2 Tabung

Pengertian Modul Mesin Cuci Sharp

Bagi kalian yang pernah belajar modul mesin cuci, tentu sudah paham betul apa itu modul mesin cuci atau biasa disebut juga sebagai “modul kontrol”, “control circuit”, “electronic controller”, atau “printed circuit board”.

Pada dasarnya, modul mesin cuci adalah sebuah sirkuit inti dari mesin cuci yang bertugas untuk mengontrol penuh dari setiap komponen – komponen maupun sensor yang terdapat dalam mesin cuci.

Modul kontrol berisikan rangkaian jalur kawat konduktor yang terbuat dari bahan tembaga yang memiliki fungsi dan peranannya masing-masing.

Sebagai otak pengendali dari mesin cuci, maka fungsi modul sangatlah krusial. Jika ada kerusakan pada salah satu skema modul mesin cuci sharp, tentunya akan mengakibatkan mesin cuci mati terkendala fungsinya.

Nah, berikut beberapa komponen sensor yang terhubung langsung dengan modul mesin cuci:

  • Sensor jenis cucian
  • Sensor pintu
  • Sensor proses pencucian
  • Sensor proses pembilasan
  • Sensor ketinggian air
  • Sensor inlet valve, drain valve
  • Sensor keluar masuknya air
  • Sensor proses pengeringan

Skema Modul Mesin Cuci Sharp dan Rinciannya

Bagi kalian yang sedang membutuhkan informasi seputar skema modul mesin cuci Sharp untuk keperluan perbaikan secara mandiri, maka silakan cek rincian skema wiring diagram mesin cuci sharp 1 tabung berikut ini:

Skema Modul Mesin Cuci Sharp dan Rinciannya

Dari gambar di atas dapat kita ketahui bahwasannya mesin cuci 1 tabung merek Sharp memiliki 1 motor (dinamo listrik) yang terletak di samping Inlet Valve dan ditandai dengan warna Purple pada modul mesin.

Sementara pada mesin cuci Sharp 2 tabung, modul kontrolnya memiliki sistem yang sedikit berbeda karena memiliki 2 dinamo motor listrik terpisah (satu untuk motor wash dan satunya lagi untuk motor spin).

Kebanyakan tipe mesin cuci Sharp saat ini sudah menggunakan teknologi full automatic yang akan mencuci pakaian sendiri. Untuk tipe semacam ini, tentunya skema modulnya lebih rumit karena pengunaan sistemnya yang lebih banyak.

judul gambar

Contohnya pada skema modul mesin cuci Sharp es-fl860s yang tampak lebih rumit dan jarang sekali produk  tiruannya yang dijual di pasaran. Karena itu, mau tidak mau harus pergi ke service center apabila ingin memperbaikinya.

Umumnya, kerusakan pada modul mesin cuci Sharp akan mengakibatkan beberapa kendala seperti berikut ini:

  • Layar panel LED berkedip kedip tidak beraturan
  • Mesin cuci mati total walaupun tegangan masuk
  • Berbagai macam jenis sensor tidak bekerja
  • Lampu indikator berkedap kedip secara acak

Ketahui :

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Modul Mesin Cuci Sharp

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Modul Mesin Cuci Sharp

Memperbaiki kerusakan pada modul mesin cuci sangatlah sulit, karena pada dasarnya modul semacam ini dibuat sepenuhnya oleh mesin berteknologi tinggi. Setiap jalur wiring pun telah tertutupi lapisan isolator berupa silikon cair yang menutup bagian PCB.

Karena itu, untuk kerusakan yang parah seperti halnya modul mesin cuci meleleh, terbakar, ataupun berkarat bisa dilakukan penggantian dengan modul baru yang bisa didapatkan di service center Sharp.

Namun, bila kerusakannya ringan seperti pecah atau retak dan sekiranya kalian bisa memperbaikinya, maka silakan lakukan perbaikan dengan langkah-langkah berikut:

  • Cek dahulu secara menyeluruh apakah terjadi kerusakan fisik pada modul mesin cuci atau tidak. Misalnya terbakar, pecah, meleleh, retak, ataupun pecah.
  • Jika memang terjadi kerusakan pada salah satu bagian modul, silakan siapkan modul baru yang Contohnya jika rusak TRIAC nya, maka ganti saja dengan komponen yang baru.
  • Karena terdapat lapisan isolator bening, maka untuk melakukan penggantian kalian bisa melubangi bagian lapisan tersebut.
  • Ganti bagian modul yang telah disiapkan sebelumnya lalu lakukan penyolderan secara hati-hati agar tidak merusak bagian lainnya.
  • Selesai, silakan cek kembali apakah modul mesin cuci Sharp nya sudah normal atau belum.

Ketahui :

Nah itulah rincian skema modul mesin cuci Sharp yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya yang akan datang!

judul gambar

Leave a Comment