Kenapa Dinamo Pengering Mesin Cuci Panas & Tidak Berputar?

Sebagai sebuah komponen kelistrikan, dinamo pada mesin cuci tentu memiliki risiko kerusakan yang beragam, beberapa di antaranya adalah dinamo pengering mesin cuci panas hingga kurang bertenaganya mesin.  Masalah yang kerap terjadi ini tentu musti menjadi perhatian tersendiri, terlebih masalah ini bisa berlarut dan membuat mesin cuci menjadi mudah rusak.

dinamo pengering mesin cuci panas

Lantas, apa yang membuat masalah dinamo pada mesin cuci tersebut dapat terjadi?

Ketahui: Cara Cek Dinamo Mesin Cuci

Penyebab Kenapa Dinamo Mesin Cuci Lemah dan Panas

Seperti yang telah diketahui, dinamo adalah perangkat komponen untuk mengubah listrik menjadi energi seperti gerak atau mekanik. Seiring penggunaannya, beberapa masalah kerap terjadi pada dinamo mesin cuci karena sejumlah hal berikut.

1.    Gulungan yang rusak

Salah satu penyebab dinamo menjadi cepat panas adalah gulungan kumparan pada mesin cuci yang tidak dalam keadaan baik. Apabila mengalami kerusakan pada kumparan tersebut, besar kemungkinan bisa menjadikan dinamo mesin cuci menjadi cepat panas sehingga bergerak dengan lambat.

Baca Dulu: Ciri-Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak

2.    Beban yang berlebih

Untuk menjawab pertanyaan kenapa dinamo pengering mesin cuci panas, tentunya perlu diketahui juga apakah beban yang ditanggung mesin cuci terlalu berlebihan atau tidak. Perlu dipahami kalau dinamo memiliki kekuatan serta kapasitas yang terbatas, sehingga jika beban terlalu berat maka akan membuat dinamo menjadi cepat panas dan rusak.

3.    Bearing yang rusak

Masalah lain yang bisa timbul adalah bearing mengalami kerusakan. Bearing merupakan bantalan yang digunakan untuk menjaga putaran poros di motor listrik mesin. Apabila bagian ini rusak, tentu akan membuat beban dinamo semakin bertambah.

Baca Dulu: Penyebab Mesin Cuci Cepat Panas dan Kurang Bertenaga

4.    Putaran yang tidak seimbang

judul gambar

Satu lagi penyebab yang membuat dinamo pengering mesin cuci panas dan tidak berfungsi dengan baik, yakni putaran dinamo yang tidak seimbang. Putaran yang tidak sepadan ini bisa membuat salah satu bagian dinamo bekerja terlalu keras sehingga dapat membuat motor penggerak menjadi bengkok dan membuat dinamo rusak.

Tips Menghindari Dinamo Pengering Mesin Cuci Panas dan Tidak Berputar

dinamo pengering mesin cuci panas dan tidak berputar

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Tentu sejatinya bukan suatu hal yang sulit sebab ada beberapa perawatan mesin cuci yang dapat dilakukan secara tepat guna menghindari dinamo pengering mesin cuci panas dan tidak berputar sebagai berikut.

Baca Dulu : Cara Cek Dinamo Pengering Mesin Cuci Dengan Multitester

1. Jangan memasukkan pakaian terlalu banyak

Seperti yang sudah disampaikan, kerusakan pada bagian dinamo mesin cuci banyak disebabkan oleh beban yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya dicek lagi kapasitas maksimal mesin cuci yang kamu pakai. Jika berlebihan, hasil cucian tidak akan maksimal dan mesin cuci juga akan cepat rusak.

2. Bersihkan mesin cuci berkala

Perawatan mesin cuci tidak hanya berkaitan dengan kinerja dinamo namun juga kebersihan yang ada dalam mesin cuci tersebut. Ada baiknya bersihkan mesin cuci dengan mode cleaning sehingga dapat membersihkan mesin dengan lebih leluasa. Pembersihan juga dapat menghindarkan dinamo dari berbagai masalah lain seperti debu atau kotoran yang juga sama-sama memiliki risiko.

3. Segera servis jika ada masalah

Apabila kamu menemui adanya masalah pada mesin cuci, segera bawa ke tempat servis atau panggil teknisi terpercaya. Jangan sampai kerusakan kecil bisa menjadi besar hanya karena kamu lalai dan menyepelekan kerusakan tersebut.

Baca Juga :

Itulah beberapa penyebab dinamo pengering mesin cuci panas dan bagaimana trik menghindarinya. Tentu bukan hal yang mudah untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab kerusakan tersebut, namun bukan berarti kamu tidak menghindari kerusakan tersebut. Nah, semoga informasi kami bermanfaat ya, selamat mencoba!

judul gambar

Leave a Comment