Gambar Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

Mengetahui rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung memang sangat penting, terlebih jika Anda ingin melakukan perbaikan secara mandiri. Biasanya setiap produk terdapat skema gambar tersendiri. Jadi, sebelum menyimak pembahasan berikut ini, pastikan Anda sudah mempelajari skema tersebut. Dengan demikian, proses eksekusi bisa berjalan secara lancar. Silakan simak penjelasan lengkap berikut ini.

rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung
Gambar rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung

Memahami Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

Memahami Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron
Rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung Polytron

Polytron merupakan salah satu merek mesin cukup populer di Indonesia. Selain menawarkan berbagai macam fitur, harganya pun tergolong cukup terjangkau. Berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan agar bisa lebih memahami tentang rangkaian kabelnya.

Baca Dulu : Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken 1 Tabung

1. Tentukan jalur kabel dinamo

Langkah ini memang cukup penting. Kebanyakan kesala han yang sering dilakukan adalah lupa tentang jalur cable dinamo. Mungkin juga ketidaktahuan ini disebabkan ketika membeli dinamo baru. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda mengetesnya kembali.

gambar rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung

Cara paling mudah adalah dengan membaca gambar rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung. Sebelum berlanjut ke rangkaian kelistrikan, Anda perlu mengenal berbagai komponen di dalamnya. Tak hanya itu, pelajari juga fungsi dari setiap komponen tersebut. Pengetahuan ini nantinya akan memudahkan dalam membaca skema kelistrikan.

judul gambar

Pada dinamo original, maka tidak akan terlalu sulit saat melihat gambarnya. Pada dasarnya, dinamo pada mesin cuci mempunyai 3 kabel, yakni 1 untuk listrik dan 2 ke kapasitor. Salah satu kabel kapasitor tersebut kemudian disambungkan ke kabel listrik kedua.

2. Menentukan jalur cable dinamo motor spin dan wash

rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung polytron

Beberapa orang mungkin akan sedikit mengalami kesulitan saat belajar memasang dinamo mesin cuci, yakni bagaimana mengetahui jalur listrik langsung dan kapasitor. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda membutuhkan AVOmeter guna menentukan hambatan pada kabel. Atur AVOmeter dengan skala Ohm lalu lakukan pengecekan secara bergilir.

Untuk sambungan cable langsung, ambil dari hasil paling kecil. Lalu, lihat penyambungan dengan hambatan paling besar. Sambungan ini diletakkan pada kapasitor.

Baca Juga :

Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci 2 Tabung yang Putus

Kabel dinamo putus memang kerap menjadi masalah banyak orang. Untuk mengatasinya, silakan perhatikan cara menyambung kabel mesin cuci yang putus berikut ini.

1. Buka tutup belakang mesin cuci

Pertama, silakan lepas seluruh baut pada penutup mesin cuci. Kemudian, lepaskan dari badannya. Ketika bagian tutup belakang telah terbuka, periksalah sistem perkabelan di dalamnya. Akan ada 3 buah cable dengan warna putih, biru, merah, dan orange. Perhatikan cable mana yang putus. Kasus paling banyak terjadi adalah putus karena gigitan tikus. Kabel ini terhubung ke bagian panel atas.

2. Lepaskan tali pengait

Sebagai contoh, misal kabel yang putus adalah pada tombol drain. Maka dari itu, lepaslah bagian pengait penghubung katup dan tombol drain. Proses melepaskan pengait ini cukup penting karena apabila tetap pada tempatnya, maka tutup akan sulit dibuka dikarenakan tertahan tali terhubung ke pengait.

3. Buka tutup panel atas

Selanjutnya, bukalah pada bagian tutup panel atas. Lepaskan dua baut pada bagian belakang panel atas dengan memakai obeng plus. Apabila baut sudah terlepas, cungkil menggunakan obeng minus pada sambungan di antara badan serta panel atas.

4. Tarik cable putus ke atas

Agar lebih mudah dalam melakukan penyambungan, sebaiknya tarik kabel yang putus ke atas terlebih dahulu. Tarik melalui lubang terhubung ke panel. Caranya adalah dengan memasukkan kawat dari atas ke bawah. Selanjutnya, ikat tali ke bagian kabel lalu tarik ke atas.

5. Sambungkan kabel

Ketika cable yang putus sudah bisa ditarik, maka langkah selanjutnya adalah mulai menyambungkannya. Caranya cukup mudah. Setidaknya ada dua cara bisa dilakukan, yakni menggunakan isolasi atau timah dipanaskan solder. Jika ingin mendapatkan sambungan lebih kuat, sangat disarankan menggunakan cara kedua.

6. Pasang kembali panel dan tutup belakang

Jika kabel sudah berhasil disambungkan, maka tutup kembali panel-panel yang telah dibuka sebelumnya. Jangan lupa pasang kembali seluruh baut agar tetap kencang. Lakukan pengetesan untuk memastikan mesin cuci sudah berfungsi normal kembali.

Ketahui :

Demikian penjelasan mengenai rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung serta bagaimana cara mengatasi apabila kabel putus karena beberapa alasan seperti digigit tikus. Akan tetapi, apabila merasa kesulitan dan mengurangi risiko, silakan gunakan jasa reparasi alat elektronik terdekat.

judul gambar

Leave a Comment