Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel 2 Tabung

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang menggunakan motor dinamo sebagai salah satu komponen utama untuk memutar pulsar dan wadah pengering. Adapun jenis dinamo yang digunakan adalah komponen kapasitor sehingga kamu perlu mengetahui cara pasang kapasitor mesin cuci, baik pada mesin cuci 1 ataupun 2 tabung.

Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel 1 dan 2 Tabung

cara pasang kapasitor mesin cuci

Baca Dulu: Dinamo Pengering Mesin Cuci Panas

Dalam melakukan pemasangan kapasitor mesin cuci, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Adapun beberapa hal yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Cek berapa nilai kapasitor

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengetahui berapa nilai kapasitor yang ada pada mesin cuci masing-masing. Adapun caranya yakni dengan membuka bagian belakang mesin cuci, kemudian lihat di bagian bawah di mana kapasitor ini biasanya berwarna hitam atau putih dengan 4 kabel yang terpasang.

Selanjutnya, coba cek nilai pada kapasitor tersebut, yang ditandai dengan satuan microFarad (μF). Nilai kapasitor ini berbeda-beda antara merk dan jenis mesin cuci, ada yang 3 dan 11, bahkan 6 dan 10. Jika kamu sudah mengetahui nilai kapasitor ini, maka kamu perlu membeli atau memasang kapasitor yang nilainya sama dengan bawaan tersebut.

Ketahui: Cara Cek Dinamo Mesin Cuci

2. Tentukan kabel yang cocok

Kapasitor yang ada di mesin cuci ini memiliki 4 kabel, jadi kamu harus sudah menentukan ke mana arah kabel tersebut akan disambungkan. Adapun cara pasang kapasitor mesin cuci 2 tabung menggunakan penyambungan ini menyesuaikan nilai dari kapasitor tersebut.

Seperti yang kita tahu, ada 2 nilai yang ada pada kapasitor, yakni nilai yang kecil dan besar. Nilai kabel yang kecil disambungkan ke dinamo spin atau pengering, sedangkan kabel yang nilainya besar bisa disambungkan ke dinamo pencuci atau wash.

3. Ketahui efek penggantian kapasitor

Sebelum memasang kapasitor yang baru, ada baiknya jika kamu juga mengetahui terlebih dahulu efek penggantian kapasitor yang akan dilakukan. Tidak jarang, sejumlah orang akan melakukan penggantian kapasitor dengan nilai yang lebih besar atau yang lebih kecil.

Baca Dulu: Ciri-Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak

judul gambar

cara pasang kapasitor mesin cuci 2 tabung

Sejatinya bisa saja melakukan cara pasang kapasitor mesin cuci dengan nilai yang berbeda, namun yang terpenting adalah mendekati nilai asli dan tidak terlalu jauh. Misalnya kapasitor pada mesin cuci lama nilainya 3.5 dan 10.5 μF, lalu akan diganti dengan 3 dan 10 μF atau 4 dan 11 μF. Kalau terlalu jauh berbeda, tentu saja akan menimbulkan efek yang cukup berisiko seperti:

  • Semakin besar nilai kapasitor yang dipakai, maka akan semakin besar daya yang akan dibutuhkan. Hal ini karena arus yang diperlukan juga akan lebih besar mengikuti nilai kapasitornya.
  • Motor wash dengan kapasitor yang lebih besar juga akan cepat rusak karena motor tersebut akan mudah panas. Hal ini karena adanya daya yang diterima jauh lebih besar dari yang seharusnya.
  • Karena arus yang diperlukan lebih besar, maka secara tidak langsung akan membuat tagihan listrik menjadi semakin besar. Ini tentu akan berdampak pada anggaran listrik setiap bulannya.

Baca Dulu : Cara Cek Dinamo Pengering Mesin Cuci Dengan Multitester

4. Cara memasang kapasitor

Setelah mendapatkan kapasitor yang nilainya sesuai dan mengetahui ke mana pemasangan arah kabel, maka kamu bisa langsung memasang kapasitor baru tersebut. Bahkan cara pasang kapasitor mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung ini juga cukup simpel, yakni tinggal melepas kapasitor yang lama, kemudian sambungkan kapasitor yang baru dan ikuti arah kabel yang sudah ditentukan.

Kamu tidak perlu berpatokan pada warna kabel di mesin cuci sebab biasanya berbeda dengan yang ada di kapasitor baru. Sebagai contoh, kabel di mesin cuci motor wash warnanya hitam, sedangkan kapasitor dengan nilai besar warnanya merah.

Meskipun tidak sesuai dengan warna, sejatinya tidak terlalu menjadi masalah. Kamu bisa langsung menyambungkannya karena sudah sesuai dengan arah pemasangan komponen.

Baca Juga :

Itulah beberapa cara pasang kapasitor mesin cuci yang bisa dilakukan secara mudah dengan hasil yang maksimal. Jika kamu masih ragu-ragu dengan cara pemasangannya, kamu bisa memanggil teknisi terpercaya di sekitarmu atau dari service center resmi supaya tidak terjadi kerusakan turunan. Selamat mencoba!

judul gambar

Leave a Comment