Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG Front Loading 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Masalah umum yang biasa terjadi pada mesin cuci cukup banyak, salah satunya ialah mesin yang tidak bisa spin sehingga tidak dapat mengeringkan pakaian. Kerusakan mesin cuci LG 1 tabung tidak bisa spin semacam ini harus segera diperbaiki agar tidak terjadi kerusakan yang mempengaruhi komponen lainnya.

Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Kondisi yang memengaruhi mesin cuci front loading tidak bisa spin cukup banyak, di antaranya adalah modul controller yang meleleh, dinamo rusak, drain yang aus, hingga kerusakan pada komponen perkabelan. Nah, bila kalian ingin tahu lebih lanjut tentang masalah ini, silakan simak rinciannya berikut.

Baca Dulu : Dinamo Pengering Mesin Cuci Panas

Penyebab Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Penyebab Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin

LG sejatinya merupakan produsen elektronik yang menghasilkan produk kualitas unggulan. Walaupun harganya mahal, namun kualitasnya tidak main-main. Bagaimanapun juga, apabila usia mesin tersebut sudah tua atau usang, tentu akan terjadi kerusakan entah di komponen internal maupun eksternalnya.

Salah satu jenis kerusakan yang kerap dialami oleh sebagian pengguna produk mesin cuci LG ialah tidak bisa spin. Spin sendiri merupakan fitur yang digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah di cuci dan dibilas bersih. Jadi, begitu kita menggunakan fitur ini, maka mesin akan berhenti berputar dan tidak dapat bekerja secara semestinya.

Untuk itu, berikut kami tampilkan rincian terkait beberapa hal yang menyebabkan mesin cuci LG 1 tabung tidak bisa spin:

a. Kapasitor Dinamo Rusak

Kerusakan kapasitor dinamo menjadi penyebab teratas kenapa mesin cuci tidak bisa spin. Untuk mengetahuinya, kalian perlu membongkar mesin cuci secara keseluruhan lalu lihat apakah kapasitor dinamonya mengalami kerusakan seperti berikut atau tidak:

  • Terbakar
  • Pecah
  • Berkarat
  • Meleleh
  • Bocor
  • Menggelembung
  • Retak

b. Rem Rusak

Sebagian besar mesin cuci LG 1 tabung ialah jenis top loading. Tipe ini sering kali mengalami kendala pada bagian remnya.

Rem sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk untuk melakukan pengereman pada saat mesin cuci berputar, baik itu saat proses pencucian, pembilasan, maupun pengeringan.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti rem yang rusak dengan rem yang baru. Dengan begitu, spin mesin cuci dapat berfungsi normal kembali.

c. Kerusakan Pada Modul Controller

Modul controller atau biasa disebut papan PCB merupakan komponen yang menjadi otak dari sebuah mesin cuci. Apabila komponen satu ini sampai eror, maka akan terjadi kerusakan pada sebagian ataupun keseluruhan mesin, salah satunya ialah tidak bisa spin.

judul gambar

Beberapa komponen yang terpengaruh langsung terhadap kerusakan modul controller di antaranya adalah:

  • Sensor proses pengeringan
  • Sensor inlet valve, drain valve
  • Sensor proses pembilasan
  • Sensor pintu
  • Sensor proses pencucian
  • Sensor ketinggian air

d. Drain Motor Rusak

Di antara sekian banyak jenis motor pada mesin cuci, ada jenis drain motor yang fungsinya  ialah untuk membuang air sebelum proses pengeringan. Apabila sampai drain motor rusak, maka air tidak dapat terbuang sehingga proses spin tidak akan aktif dengan sendirinya.

Kerusakan pada drain motor ada banyak penyebabnya. Misalnya, kabel penghubungnya putus, mesin yang sudah aus, sambungan kabel renggang, ataupun karena komponen drain motor itu sendiri yang telah rusak.

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Ada beberapa macam metode yang bisa kalian gunakan untuk memperbaiki mesin cuci tidak bisa spin. Di antaranya adalah:

  • Cek socket kabel pada bagian pressure switch karena sering kali kendur atau terlepas. Hal ini akan mengakibatkan mesin cuci tidak dapat bekerja normal.
  • Reset mesin cuci secara keseluruhan menggunakan fitur recovery atau setelan ulang. Cara reset mesin cuci lg 1 tabung ini bisa kalian cari solusinya di artikel sebelumnya.
  • Periksa komponen door switch apakah terjadi korosi dan terhalang kotoran atau tidak. Bila door switch tidak terhubung, maka mesin cuci bisa dipastikan tidak dapat spin.
  • Pastikan drain motor beserta komponen kabel yang terhubung ke dalamnya tidak terjadi kerusakan apapun.
  • Cek bagian sensor drainase apakah bermasalah atau tidak, jika ya maka kemungkinan besar harus diganti modul controllernya.

Ketahui :

Itulah beragam penyebab mesin cuci LG 1 tabung tidak bisa spin beserta beberapa langkah singkat untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment