Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp Otomatis 1 Tabung Yang Rusak

Mesin cuci yang mati total merupakan salah satu tanda kerusakan pada modul panel mesin cuci yang sudah usang akibat pemakaian yang terlalu lama. Jika tidak segera di ganti atau diperbaiki, maka akan terjadi kerusakan yang lebih serius pada komponen lainnya. Karena itu, kali ini kami akan mengulas secara detail tentang cara memperbaiki modul mesin cuci Sharp 1 tabung.

Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Baca Dulu : Ciri Ciri Dinamo Pengering Mesin Cuci Rusak 

Mengenal Modul Mesin Cuci Sharp

Sharp merupakan salah satu produsen elektronik yang cukup terkenal di Indonesia. dari sekian banyak produk yang dikeluarkannya, mesin cuci merupakan produk yang laris dan telah digunakan banyak orang.

Dari segi harga, mesin cuci Sharp memang tergolong kurang budget friendly karena buatan Jepang memang terlihat mahal seperti halnya LG. Lalu, dari segi kualitas pun bahkan lebih unggul dibandingkan merek lain seperti LG, Samsung, AQUA, Panasonic, atau lainnya.

Sayangnya, spare part dari mesin cuci Sharp jarang yang dijual terpisah di pasaran. Bahkan, di service centernya pun sering kali kosong sehingga harus menunggu berbulan-bulan untuk datang stok barunya kembali.

Selain itu, modul mesin cuci Sharp umumnya dijual dengan harga mahal di service center resminya sehingga pihak teknisi terkadang kesulitan untuk membelinya. Padahal, perbaikan modul semacam ini sangatlah sulit jika tidak diganti dengan yang baru.

Fungsi Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Fungsi Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Modul mesin cuci Sharp terdiri atas serangkaian komponen elektronik yang berfungsi untuk mengatur fungsional sistem mesin cuci secara keseluruhan. Jika sampai rusak, tentunya beberapa komponen akan berkurang fungsinya atau bahkan mesin akan mati total.

Modul atau biasa disebut juga sebagai Printed Circuit Boad (PCB) atau control circuit merupakan papan yang digunakan sebagai pendukung komponen elektronika. Papan PCB ini berisi jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga yang mempunyai peranannya masing-masing.

Dalam sebuah mesin cuci, modul ini digunakan sebagai otak pengendali dari beragam sensor yang terdapat di mesin cuci. Di antaranya adalah:

  • Sensor ketinggian air
  • Sensor jenis cucian
  • Sensor proses pencucian
  • Sensor proses pembilasan
  • Sensor proses pengeringan
  • Sensor pintu
  • Sensor inlet valve, drain valve
  • Sensor keluar masuknya air

Karena keterbatasan modul mesin cuci merk Sharp di pasaran, maka banyak produsen China yang menjual produk modul tiruan yang memiliki fungsi hampir sama. Ada juga modul mesin cuci buatan China yang memiliki lisensi resmi dari Sharp sehingga terjamin fungsi dan kualitasnya.

judul gambar

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Berikut cara memperbaiki mesin cuci Sharp 1 tabung pengering tidak berputar akibat kerusakan pada modul mesin:

1. Buka Semua Penutup Pelindung Silikon

Sama seperti pada cara reset modul mesin cuci sharp, pertama-tama kita harus membuka semua penutup pelindung silikon yang terdapat pada modul mesin cuci.

Kalian bisa membukanya dengan bantuan obeng atau cutter agar silikon bersih sehingga bagian dalamnya dapat terlihat dengan  jelas.

2. Cek Kondisi Sekering dan Kaki Elco

Pengecekan awal yang kalian perlukan ialah sekering yang berfungsi sebagai jalur pemutus arus listrik. Sekering yang putus merupakan penyebab mesin cuci mati total karena tidak ada arus listrik yang masuk ke dalamnya.

Jika tidak ada kerusakan pada sekering, silakan cek kaki elconya apakah tegangan yang keluar pada setiap outputnya sama dengan di setiap kakinya atau tidak. Jika tidak sama, berarti bagian elco nya yang perlu diganti.

3. Periksa Kondisi Trafo

Kasus kerusakan trafo juga sering kali terjadi pada mesin cuci Sharp otomatis. Karena itu, kalian perlu memeriksa kondisi trafo secara menyeluruh untuk memastikan apakah ada kerusakan di dalamnya atau tidak.

Caranya ialah dengan melepaskan trafo lalu ukuran dengan alat pengukur multimeter. Perhatikan juga lilitan primer dan sekundernya apakah a da yang putus atau tidak. Jika terjadi kerusakan, kalian bisa menggunakan bantuan resistor ukuran 4,7 ohm – 47 ohm.

Ketahui :

Nah itu dia beberapa cara memperbaiki modul mesin cuci sharp 1 tabung beserta rincian ciri ciri modul mesin cuci rusak. Semoga dapat menambah wawasan kita semuanya. Sampai jumpa lagi di artikel berikut yang akan datang!

judul gambar

Leave a Comment