Jalur & Warna Kabel Dinamo Mesin Cuci Samsung Serta Cara Menyambung ke Kapasitor

Jika Anda ingin melakukan reparasi mesin cuci secara mandiri, maka sangat penting mengetahui tentang warna kabel dinamo mesin cuci. Hal ini dikarenakan supaya tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan sistem menjadi tidak berfungsi. Bahkan, kemungkinan paling parah apabila sampai salah kabel adalah terjadi korsleting sehingga bisa merusak komponen-komponen lainnya. Jadi, silakan simak pembahasan berikut ini hingga selesai.

Warna kabel dinamo mesin cuci

Mengenal Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Mengenal Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Selain memahami tentang warna kabel dinamo mesin cuci Samsung ataupun merek lainnya, Anda perlu memahami jalur kabel pada mesin cuci. Perlu diketahui bahwa komponen utama dari perangkat ini adalah dinamo. Apabila belum pernah diperbaiki, biasanya memahami instalasi kabel akan jauh lebih mudah.

Baca Dulu : Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

1. Melihat jalur kabel

Melihat jalur cable

Melihat lalu menentukan jalur cable dinamo perlu dilakukan pertama kali. Sayangnya, hal ini kerap dilupakan oleh banyak orang. Mereka cenderung lupa akan jalur tersebut ketika membongkar kabel dinamo dari sistem kelistrikan. Mungkin juga hal itu terjadi karena membeli dinamo baru. Apabila membeli baru, biasanya warna kabel biru disambungkan ke listrik langsung.

Akan tetapi, sebelum berlanjut tentang mengetahui rangkaian kelistrikan, akan lebih baik jika mengenal komponen-komponen di dalamnya terlebih dahulu. Selain itu, pahami juga fungsi dari setiap komponen tersebut. Tujuannya adalah agar memudahkan Anda dalam membaca skema kelistrikan yang ada. Pada kasus dinamo ori, biasanya hanya perlu membaca gambarnya saja.

Setelah itu, tentukan jalur cable dinamo untuk motor wash dan juga spin. Memang mengetahui antara jalur listrik langsung dan kapasitor masih kerap menjadi masalah beberapa orang. Untuk itu, anda memerlukan alat seperti AVOmeter guna menentukan hambatan pada setiap kabel. Caranya cukup mudah. Atur skala Ohm pada AVOmeter lalu lakukan pengecekan secara bergilir.

Untuk kabel langsung, ambil dari hasil Ohm yang paling kecil. Kemudian lihat pada sambungan dengan hambatan paling besar. Sambungan ini nantinya disambungkan pada kapasitor. Lalu, satu kabel lagi yang belum tersambung akan disambungkan pada salah satu cable kapasitor.

Baca Juga :

judul gambar

2. Mengetes dinamo tanpa timer

Mengetes dinamo tanpa timer

Tujuan memahami rangkaian di atas adalah agar bisa lebih mengerti tentang cara kerjanya. Setelah itu, lakukan pemasangan guna melakukan tes. Tes ini bertujuan untuk mengetahui jalur cable pada dinamo ataupun spin.

Pada kasus dinamo spin, putaran akan bekerja hanya satu arah. Apabila kabel listrik disambungkan pada kapasitor dari kaki ke kaki lain biasanya akan berdampak ke arah putaran mesin. Oleh karena itu, pastikan dinamo berputar secara benar. Sebelum mengetes, pakai tang guna menjepit dinamo supaya tidak melompat. Lalu, colokan cable ke stop kontak. Apabila putaran kencang, bisa dikatakan pemasangan telah berhasil.

3. Menggunakan rangkaian tambahan

Agar meningkatkan keamanan serta kemudahan dalam penggunaan, biasanya terdapat tambahan komponen penunjang. Pertama adalah fuse. Fuse atau sekering berfungsi memutuskan arus listrik apabila terjadi korsleting atau overheat.

Selanjutnya adalah timer wash. Sesuai namanya, komponen ini akan membuat kerja mesin menjadi lebih maksimal karena arah putar, jeda, seta durasi bisa diatur sesuai kebutuhan. Hampir sama, komponen timer spin juga berfungsi mengatur waktu, hanya saja pada kali ini untuk kebutuhan mengeringkan.

Terakhir adalah saklar pengering. Biasanya saklar ini bekerja saat pintu ditutup. Apabila pintu dibuka, maka secara otomatis akan memutuskan arus listrik dan mesin mati. Jadi, itulah hal-hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci ke Kapasitor

Cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor

Banyak sekali orang mencari tahu akan bagaimana cara menyambungkan kabel dinamo ke kapasitor, terutama ketika hendak melakukan reparasi secara mandiri. Apabila masih pemula, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Akan tetapi, apabila merasa masih sangat awam dan tidak ingin terjadi masalah karena salah cara, silakan gunakan jasa reparasi barang elektronik terdekat saja.

  • Bedakan cable untuk daya dan kapasitor
  • Biasanya cable daya berwarna biru dan kabel kapasitor berwarna merah serta hitam
  • Sambungkan cable merah dan hitam ke kapasitor
  • Di kapasitor terdapat 2 kabel beda warna
  • Sambungkan cable daya berwarna biru ke listrik
  • Sambungkan cable stop kontak ke dinamo
  • Sambungkan kapasitor dengan dinamo
  • Terdapat 2 cable stop kontak
  • Sambungkan satu cable ke daya dinamo, dan satu lagi ke kabel sambungan kapasitor
  • Di sambungan kapasitor terdapat 2 cable, pilih salah satunya
  • Sesuaikan dengan arah putar dinamo
  • Apabila arah putaran tidak sesuai, pindahkan ke sambungan kapasitor lainnya

Sekali lagi, langkah di atas bisa dilakukan jika Anda ingin memperbaiki secara mandiri. Akan tetapi, sebaiknya gunakan jasa reparasi apabila benar-benar tidak memiliki pengetahuan. Hal tersebut dikarenakan potensi gagal akan jauh lebih besar apabila tidak memiliki bekal cukup.

Baca Juga :

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang warna kabel dinamo mesin cuci. Bisa dikatakan secara umum bahwa warna biru biasanya disambungkan ke listrik, kuning disambungkan ke kapasitor, dan merah disambungkan ke kabel timer atau kapasitor.

judul gambar

Leave a Comment