Penyebab, Cara Mengetahui & Ganti Kapasitor Mesin Cuci Rusak Terbakar

Pada semua alat elektronik termasuk mesin cuci, terdapat komponen yang disebut kapasitor dan memiliki peran yang sangat penting. Ketika komponen tersebut mengalami kerusakan, maka secara otomatis mesin pada mesin cuci tidak dapat digerakkan. Ada beberapa penyebab kapasitor mesin cuci rusak atau bahkan mengalami kematian total.

Penyebab kapasitor mesin cuci rusak

Baca Dulu : Cara Mengecek Kapasitor Mesin Cuci

Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci

Kapasitor pada mesin cuci ini memiliki fungsi dan peran yang sangat penting. Umumnya kerusakan atau error yang terjadi pada mesin cuci disebabkan karena rusaknya komponen yang satu ini. Lalu sebenarnya apa fungsi utama dari kapasitor?

Pada semua alat elektronik termasuk mesin cuci, kapasitor berfungsi sebagai motor atau penggerak mesin supaya dapat digunakan. Untuk mesin cuci sendiri, terdapat dua kapasitor ya itu untuk mesin pencuci dan mesin pengering.

Jadi kedua mesin tersebut dapat bergerak karena adanya kapasitor. Jika mesin cuci tidak dapat digunakan cobalah untuk mengecek kapasitornya. Dan apabila terjadi kerusakan pada kapasitor maka segeralah menggantinya dengan yang baru.

Penyebab Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Penyebab Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Dengan mengetahui penyebabnya maka diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan mesin cuci. Karena kerusakan pada komponen peralatan elektronik biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika mengalami kerusakan maka perlu ganti kapasitor mesin cuci yang memiliki ukuran atau nilai sama.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kapasitor pada mesin cuci cepat rusak. Berikut ini merupakan beberapa penyebabnya.

  1. Umur mesin cuci yang sudah terlalu lama
  2. Mesin cuci mendapatkan beban berlebih ketika mencuci atau mengeringkan pakaian
  3. Terjadi konslet, berarti terdapat masalah pada sambungan listrik dari kapasitor ke mesin cuci
  4. Kapasitor kering, artinya kapasitor pada mesin cuci tersebut kehabisan zat cair yang berfungsi si sebagai penyimpanan arus listrik
  5. Mesin cuci terlalu lama digunakan sehingga ini menjadi penyebab kapasitor mesin cuci terbakar

Komponen kapasitor ini menjadi komponen yang paling sering rusak dan menyebabkan mesin cuci tidak dapat digunakan. Biasanya banyak yang mengira bahwa kapasitor mesin cuci sudah mati, padahal kapasitor tersebut masih dapat menyimpan listrik statis yang dapat digunakan untuk menggerakkan mesin.

judul gambar

Jadi memang ada kapasitor yang rusak betulan, dan ada juga yang rusak sementara. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan kapasitor dengan alat bantu tersendiri. Jika tidak memiliki maka bisa meminta bantuan teknisi untuk melakukan pengecekan secara manual.

Baca Juga :

Ciri-Ciri Kapasitor Mesin Cuci Mengalami Kerusakan

Ciri-Ciri Kapasitor Mesin Cuci Mengalami Kerusakan

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, selanjutnya yaitu mengenali bagaimana cara mengetahui kapasitor mesin cuci rusak. Inilah beberapa ciri-ciri kerusakan pada kapasitor.

  • Putaran pada mesin cuci saat digunakan semakin lambat
  • Mesin cuci tidak dapat digunakan atau berputar sama sekali. Ketika tombol power mesin cuci dinyalakan, mesin pencucian tidak bergerak sama sekali, justru terdengar suara dengungan.
  • Salah satu atau kedua kapasitor mengalami penggembungan atau meleleh. Bisa jadi ini disebabkan karena kapasitor terbakar. Jika sudah ada kerusakan kapasitor secara fisik maka sudah dapat dipastikan bahwa kapasitor tersebut tidak berfungsi.

Cara Mengecek Kapasitor dengan Aliran Arus Listrik

Sebelum memutuskan ganti kapasitor mesin cuci maka lakukanlah pengecekan kapasitor terlebih dahulu.

  1. Siapkan dua buah kabel yang ukurannya cukup besar
  2. Setiap ujung kedua kabel tersebut dipasangkan di terminal kapasitor
  3. Pasangkan kedua ujung kabel lain di stop kontak sebentar saja. Berhati-hatilah karena bisa terjadi percikkan listrik
  4. Kabel dicabut dari stop kontak, lalu cobalah tempelkan kedua ujung, jangan sampai menyentuh tangan
  5. Jika ada percikan, maka kapasitor mesin cuci tersebut masih bagus
  6. Jika tidak terdapat percikkan, maka kapasitor mesin cuci tersebut mengalami kerusakan

Ketahui :

Itulah penjelasan mengenai penyebab kapasitor mesin cuci rusak, ciri-ciri kerusakannya, dan cara melakukan pengecekan kapasitor. Karena memang pada dasarnya error pada mesin cuci biasanya disebabkan karena kapasitor.

judul gambar

Leave a Comment