Ukuran & Harga Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Salah satu komponen elektronik yang sangat penting dalam mesin cuci adalah kapasitor. Kapasitor ini berfungsi untuk menyalurkan arus listrik pada motor penggerak di mesin cuci seperti motor washing dan motor spin. Jika terjadi kerusakan maka kapasitor tersebut perlu diganti karena mesin cuci tidak dapat digunakan lagi.

Ukuran kapasitor mesin cuci sharp 2 tabung

Ukuran kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung yang secara manual yaitu menggunakan dua motor. Pertama yaitu motor untuk menyambungkan listrik pada tabung pencucian, yang kedua yaitu motor untuk mesin pengering.

Baca Juga : Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci

Apa Fungsi dari Kapasitor Mesin Cuci?

Setiap mesin cuci tentunya memiliki komponen yang disebut dengan kapasitor, baik itu mesin cuci dengan 1 tabung ataupun mesin cuci 2 tabung. Kapasitor ini memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Berikut ini merupakan fungsi dari kapasitor.

1. Start kapasitor

Kapasitor dalam mesin cuci berperan sebagai start kapasitor. Maksudnya, komponen ini hanya bekerja saat dinamo mesin berputar.

2. Running Kapasitor

Selain sebagai start, kapasitor juga berfungsi sebagai running. Dalam hal ini kapasitor pada mesin cuci bekerja terus-menerus dan berfungsi selama dinamo mesin berputar.

3. Penggerak Mesin Pencuci/Wash

Untuk mesin cuci 2 tabung seperti Sharp, kapasitor berfungsi sebagai komponen yang menggerakkan mesin pencuci. Dengan demikian maka mesin dapat berputar untuk menggiling pakaian sampai bersih.

4. Penggerak Mesin Pengering/Spin

Selain untuk menggerakkan mesin pencuci sama kapasitor juga berfungsi sebagai penggerak mesin pengering atau spin. Pada mesin cuci 2 tabung yang digunakan untuk mengeringkan pakaian tersebut dapat digunakan karena terdapat kapasitor yang menggerakkannya.

Mengenal Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Mengenal Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Jika kapasitor pada mesin cuci Sharp mengalami kerusakan, sebenarnya masih bisa diperbaiki apabila kerusakan yang bersifat sementara. Namun jika mengalami kerusakan total atau mati maka kapasitor tersebut perlu diganti.

judul gambar

Untuk mengganti kapasitor pada mesin cuci maka perlu mengetahui ukuran kapasitor yang digunakan pada mesin cuci tersebut. Jika tidak menggunakan ukuran atau nilai kapasitor yang cocok, maka kapasitor tersebut tidak akan berfungsi, atau justru dapat merusak komponen lainnya.

Perlu diketahui bahwa setiap tipe mesin cuci memiliki ukuran dan nilai kapasitor yang berbeda-beda. Namun secara umum ukuran kapasitor ini menggunakan satuan mikrofatad (Mf). Untuk mesin cuci Sharp 2 tabung biasanya kapasitor pencucinya menggunakan nilai 8,10 dan 12 Mf.

Sedangkan untuk tabung atau spin motor umumnya menggunakan kapasitor yang bernilai 4,5 atau 6 Mf. Sekali lagi bahwa setiap tipe mesin cuci menggunakan nilai kapasitor yang berbeda-beda.

Ada kapasitor yang menggunakan nilai 4, 5, 6, 8, 10, dan 12 Mf. Ketika terjadi kerusakan pada kapasitor dan hendak menggantinya, maka usahakan menggunakan kapasitor yang memiliki nilai sama.

Baca Juga :

Harga Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Harga Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Untuk setiap kapasitor memiliki harga yang berbeda-beda. Harga kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung yang umumnya terjual di pasaran memiliki kisaran harga Rp25.000 – Rp35.000.

  • Kapasitor mesin cuci 4 Mf dan 10 Mf : Rp27.000
  • Kapasitor mesin cuci 4 Mf dan 12 Mf : Rp26.500
  • Kapasitor mesin cuci 5 Mf dan 10 Mf : Rp.25.000
  • Kapasitor mesin cuci 4 kabel : Rp35.000
  • Kapasitor mesin cuci 5 Mf dan 12 Mf : Rp30.000
  • Kapasitor mesin cuci 6 Mf dan 12 Mf : Rp29.000

Ketahui :

Beberapa daftar diatas tersebut merupakan beberapa macam harga kapasitor mesin cuci 2 tabung dengan berbagai macam nilai atau ukuran kapasitor yang berbeda-beda. Kapasitor tersebut bisa langsung diaplikasikan pada mesin cuci Sharp yang dimiliki.

judul gambar

Leave a Comment