Cara Menyambung Jalur Kabel Dinamo Mesin Cuci Ke Kapasitor

Whereaglesfly.com —  Bagaimana cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor? Untuk pemula yang sedang belajar elektronik, terutama pada mesin cuci, cara menyambung kabel dinamo mesin cuci baik  1 tabung maupun 2 tabung pastinya harus dikuasai. Termasuk juga harus mengetahui fungsi warna kabel dinamo mesin cuci pada jalur kabel dinamo mesin cuci yang merupakan pengetahuan dasar.

cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor

Mesin cuci yang sudah berumur seringkali berujung pada kerusakan dinamo atau juga kapasitornya. Alasannya karena dua komponen tersebut adalah dua komponen yang akan berkurang masa pakainya seiring dengan berjalannya waktu. Namun jangan khawatir, karena kita bisa menggantinya dengan cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor berikut.

Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci 2 Tabung

Ada perbedaan antara dinamo untuk mesin cuci 1 tabung dengan 2 tabung. Mesin cuci 1 tabung dapat dipasang dengan mudah karena kapasitornya juga memiliki dua kabel. Hanya perlu menghubungkan kaki kabel kapasitor ke kabel merah dan satunya lagi ke kabel biru. Namun ada cara khusus untuk cara menyambung kabel dinamo mesin cuci 2 tabung.

cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor

Mesin cuci 2 tabung memiliki kapasitor dengan 4 kaki atau 4 kabel serta memiliki 2 nilai kapasitansi. Kapasitansi lebih besar nantinya akan menyambung pada dinamo untuk tabung mesin cuci dan kapasitansi kecil dihubungkan untuk dinamo tabung pengering. Oleh karena itulah keduanya tidak boleh tertukar.

cara menyambung kabel dinamo mesin cuci 2 tabung

judul gambar

Untuk menghindari kapasitansi yang tertukar itulah, kabel kapasitor memiliki warna yang berbeda sehingga cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor lebih mudah. Selanjutnya kita akan mengenali warna dari keempat kabel kapasitor tersebut sehingga tidak tertukar.

warna kabel dinamo mesin cuci

Warna Kabel Dinamo Mesin Cuci

Ada beberapa warna kabel yang bisa ditemukan dalam mesin cuci. Mulai dari warna hitam yang digunaan sebagai warna kabel stekker, warna Jingga yang menghubungkan ke Wash Timer dan Spin Timer. Sedangkan kabel yang menghubungkan kapasitor dengan dinamo umumnya berwarna merah dan biru.

Warna kabel lainnya yang bisa ditemukan adalah kuning yang menghubungkan antara dinamo dengan Safety Switch. Untuk kabel warna putih juga digunakan untuk stekker dan juga di beberapa merk digunakan sebagai penghubung kapasitor kapasitansi lebih rendah dengan dinamo untuk tabung pengering.

Jalur Kabel Dinamo Mesin Cuci

Jalur kabel dinamo mesin cuci diawali dengan kabel berwarna hitam yang mana kabel warna hitam ini menghubungkan antara stekker dengan Fuse. Dari fuse akan ada kabel warna jingga yang bercabang dan juga akan menyambung pada Wash Timer dan juga Spin Timer.

Wash Timer sendiri akan terhubung dengan kapasitor kapasitansi tinggi melalui dua kabel yakni warna merah dan juga biru. Dari kapasitor ini akan terhubung dengan Wash Motor dengan dua kabel yakni warna merah dan biru juga. Oleh karena itulah cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor hanya perlu menyamakan warna kabelnya, merah dan biru.

Kabel dari Spin Timer juga akan terhubung ke kapasitor kapasitansi rendah untuk tabung pengering. Hanya ada satu kabel dari Spin Timer yang umumnya berwarna biru atau putih.  Baru dari kapasitor akan terhubung dengan dua kabel ke Spin Motor tabung pengering yakni dengan kabel warna merah maupun biru. Cara pemasangannya juga sama dengan Wash Motor.

Baik Wash Motor maupun Spin Motor memiliki kabel ketiga berwarna kuning yang mana kabel in iakan terhubung dengan kabel Stekker dan juga terhubung pada Safety Switch.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor. Sebenarnya kamu bisa menemukan jalur dan juga warna kabel mesin cuci tersebut di bagian belakang mesin cuci sehingga mudah untuk perbaikannya. Namun hanya saja seringkali gambarrnya hilang seiring dengan lamanya penggunaan.

judul gambar

Leave a Comment