Bagaimana Cara Mengecek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung 4 Kabel Rusak? Apa Penyebabnya?

Kapasitor mesin cuci memang perlu dilakukan pengecekan sehingga mengetahui apa penyebab mesin cuci error seperti berdengung. Oleh karena itu penting mengetahui cara mengecek kapasitor mesin cuci sehingga bisa tahu apa akar masalahnya. Pengecekan secara fisik pada mesin cuci merupakan cara manual yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Umumnya mesin cuci yang error biasanya terjadi karena kerusakan pada beberapa komponen salah satunya adalah kapasitor.

Cara mengecek kapasitor mesin cuci

Baca Dulu : Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci

Berapa Ukuran Kapasitor?

Sebelum mengetahui informasi mengenai penyebab dan ciri kapasitor yang rusak serta cara mengeceknya, maka perlu mengetahui terlebih dahulu berapa ukuran kapasitor pada mesin cuci.

Biasanya, setiap mesin termasuk mesin cuci menggunakan sebuah kapasitor. Untuk mesin cuci 2 tabung biasanya membutuhkan 2 motor atau kapasitor. Yang pertama yaitu untuk menghubungkan listrik pada tabung yang digunakan untuk mencuci, sementara satunya lagi digunakan untuk pengering.

Pada intinya, disini kapasitor berfungsi sebagai tempat penyimpanan daya listrik yang bersifat sementara sebelum kemudian dilanjutkan pada ada mesin penggerak mesin cuci.

Kapasitor sendiri biasanya memiliki ukuran menggunakan satuan mikro farad (Mf). Untuk ukuran kapasitor mesin cuci sendiri biasanya sekitar 8, 10 atau 12 mikro farad. Sedangkan kapasitor untuk tabung pengering pada mesin cuci menggunakan ukuran 4,6 atau 6 mikro farad.

Bagaimana Cara Mengetahui Kapasitor Rusak?

Untuk mengetahui apakah kapasitor rusak atau masih baik maka bisa melihat ciri-ciri secara fisiknya. Berikut merupakan ciri-ciri kapasitor mesin cuci yang telah rusak.

  • Putaran mesin cuci yang semakin pelan
  • Kondisi mesin cuci yang tidak bisa berputar sama sekali. Apabila kapasitor tidak lagi berfungsi, saat mesin cuci dinyalakan maka akan ada suara dengungan.
  • Ada bagian dari unit mesin cuci yang menggembung atau meleleh. Jika ada bagian mesin cuci yang mengalami kerusakan, maka hal itu disebabkan karena kapasitor yang rusak.

Apa Penyebab Kapasitor Rusak?

Biasanya, kapasitor rusak disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Korslet

Kapasitor dapat rusak karena terjadi korsleting diantara kaki-kakinya yang saling terhubung. Hal ini seperti halnya tersambung oleh kabel konduktor.

2. Kering

Kerusakan kapasitor juga disebabkan karena kapasitor yang kering. Jadi kapasitor kekurangan atau kehabisan zat cair yang biasanya digunakan sebagai penyimpanan arus listrik. Pada kaki-kakinya tidak terdapat reaksi apapun, seperti seutas kabel yang sudah putus.

Baca Juga :

judul gambar

Cara Mengecek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung Dengan Multitester

Cara Mengecek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung Dengan Multitester

Multitester atau avometer merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengecek kapasitor pada mesin cuci. Untuk mengecek cek kapasitor mesin cuci 4 kabel maka harus mengenal spesifikasi dari kapasitor yang terdapat di mesin cuci yang akan dilakukan pengecekan.

Setelah mengetahui nilai kapasitor 4 kabel, maka bisa langsung ke proses pengecekan dengan multitester.

  • Putar selector ke Ohm kemudian tekanlah tombol pilih 3x hingga muncul tulisan Mf
  • Selanjutnya sambungkan probe multitester merah dan hitam pada kabel yang terdapat pada kapasitor. Tidak apa-apa jika bolak-balik karena setiap probe tersambung pada kapasitor menggunakan kabel yang bernilai sama
  • Lihatlah di layar multitester, apabila mendekati atau sesuai maka kapasitor tersebut masih bagus. Namun apabila melenceng jauh, maka kapasitor mesin cuci tersebut rusak

Cara Mengecek Kapasitor Dua Tabung Tanpa Alat

Cara Mengecek Kapasitor Dua Tabung Tanpa Alat

Jika tidak memiliki multi tester untuk mengecek kapasitor mesin cuci, maka bisa melakukan pengecekan kapasitor tanpa alat yaitu menggunakan aliran listrik. Namun cara ini hanya dapat dilakukan oleh ahlinya, bukan orang awam, karena akan menyebabkan percikkan listrik. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  • Siapkanlah kabel ukuran besar sejumlah 2 buah
  • Sambungkanlah dua kabel itu pada dua kabel kapasitor
  • Colokan kabel pada stop kontak sebentar saja kemudian dicabut lagi
  • Kemudian pada kedua ujung dari kabel itu ditempelkan satu sama lain
  • Apabila terdapat percikkan saat kedua ujung kabel ditempelkan, maka kapasitor mesin cuci masih dalam keadaan bagus.
  • Apabila tidak terdapat percikkan saat kedua kabel bersentuhan maka kapasitor mesin cuci sudah rusak

Ketahui :

Itulah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengecek kapasitor pada mesin cuci. Setelah mengetahui beberapa informasi di atas terkait apa penyebab kapasitor rusak, ciri-ciri kapasitor rusak, dan cara pengecekannya, usahakan lebih berhati-hati dalam pemakaiannya. Karena bagaimanapun juga kerusakan pada alat elektronik membutuhkan biaya perbaikan yang cukup besar.

judul gambar

Leave a Comment