Skema & Cara Kerja Komponen Magic Jar YongMa

Pastinya saat ini di setiap rumah terdapat magic jar atau rice cooker yang digunakan untuk memasak nasi. Tidak ada salahnya jika kamu mengetahui skema magic jar dan komponen apa saja yang dimilikinya. Jadi ketika ada kerusakan pada magic jar setidaknya bisa mengetahui dan memperbaiki sendiri. Selain itu juga perlu untuk mengetahui cara kerja magic jar sebagai penanak nasi elektrik.

Skema magic jar

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa saja skema pada magic jar yang secara umum perlu diketahui.

Skema Magic Com Yongma

Skema Magic Com Yongma

Yongma merupakan salah satu merk magic jar yang sangat populer di pasaran dan digunakan oleh banyak orang. Untuk itu, maka perlu mengetahui skema magic com yongma secara umum. Pada sebuah magic jar, terdapat berbagai komponen yang saling melengkapi satu sama lain.

Adapun skema magic jar bagian luar secara umum adalah sebagai berikut.

1. Inner Pot

Inner pot atau disebut sebagai panci dalam merupakan wadah berbentuk panci pada magic jar yang digunakan sebagai tempat atau wadah menanak nasi. Biasanya bagian ini dibuat dengan bahan yang  anti lengket sehingga setelah menanak nasi mudah untuk dibersihkan.

2. Main Body

Main body merupakan bagian utama dari magic jar yang tampak dari luar. Bagian ini berbentuk tabung silinder yang biasanya menampilkan lampu cook dan warm, serta tombol penanak nasi. Dibandingkan bagian lainnya, bagian-bagian utama atau main body ini memiliki ukuran yang mendominasi karena merupakan bagian luar magic jar.

judul gambar

3. Base

Base merupakan alas magic jar yang posisinya berada di bawah main body. Fungsi alas ini yaitu sebagai penopang dari badan utama magic jar. Letaknya tepat di atas kaki penyangga paling bawah.

4. Inner Pot Cover

Pada magic jar juga terdapat inner pot cover atau tutup panci dalam. Biasanya bagian ini tersambung langsung dengan penutup magic jar yang dapat dibuka tutup. Namun inner pot cover ini dapat dilepas dari penutup magic jar untuk menutup panci atau wadah ketika sudah menanak nasi.

5. Lid

Lid atau penutup merupakan bagian pada magic jar yang sangat penting. Bagian ini digunakan untuk menutup seluruh permukaan panci selama menanak nasi. Dengan demikian maka uap dan panas di dalam panci tidak tersebar. Bahan yang digunakan sebagai penutup ini sama dengan bahan main body pada magic jar.

6. Heat-Proof Plate

Bagian ini merupakan lempengan pemanas yang berada pada bagian penutup magic jar. Bentuknya yaitu pipih dan berada di bawah inner pot cover. Dengan adanya heat-proof plate ini maka panas pada panci penanak yang menguap akan tertahan oleh bagian ini.

7. Catch

Catch atau pengait adalah bagian dari magic jar yang berfungsi sebagai pengawet antara tutup magic jar dengan main body. Dengan adanya bagian pengait ini maka saat menanak nasi tutup magic jar akan tetap melekat erat sehingga tidak ada uap panas yang keluar melalui celah antara main body dengan penutup.

Cara Kerja Magic Jar

Setelah mengetahui beberapa komponen magic jar, selanjutnya yaitu perlu mengetahui cara kerja.

  • Saat posisi cooking, maka saklar tersambung, arus listrik langsung menuju cast heater dan led.
  • Saat led menyala, cast heater mendapat panas maksimal
  • Jika tegangan 220v, maka tegangan cast heater juga 220v
  • Pada 100 derajat celcius, semua air di panci menguap, lalu dilanjutkan hingga 134 celcius
  • Tekan tuas ke off untuk masuk mode warming
  • Ketika warming, arus listrik melalui led warming dan mica heater
  • Tegangan dari mica heater sekitar 25v
  • Tegangan pada cast heater dikontrol oleh mica heater/termostot pada suhu stabil 70 celcius supaya nasi tetap hangat

Itulah informasi mengenai komponen dan skema magic jar dan cara kerjanya. Hal ini perlu diketahui karena magic jar merupakan alat yang biasa digunakan setiap hari.

judul gambar

Leave a Comment