Bagian Bagian Kulkas dan Fungsinya

Kulkas memiliki keunikan yang dapat memberikan hawa sejuk di dalamnya. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan persediaan makanan dalam waktu lama. Hawa dingin terbukti mampu menghambat pertumbuhan mikroba pada kandungan makanan. Di dalamnya, terdapat bagian-bagian kulkas yang saling berperan.

Bagian-bagian kulkas

Jadi, artikel ini akan membahas mengenai bagian kulkas dan fungsinya. Jadi, simak penjelasannya di bawah ini sampai selesai, ya.

Baca Dulu : Bagian Dalam Kulkas 1 Pintu 

Bagian-Bagian Kulkas dan Fungsinya

Kulkas terdiri atas banyak bagian yang saling berperan untuk menghasilkan suhu dingin di dalamnya. Untuk lebih jelas, simak rincian bagian-bagian kulkas dan fungsinya di bawah ini.

1. Kompresor

Kompressor kulkas

Pertama, ada kompresor yang merupakan unit tenaga dalam sistem mesin pendingin. Suhu dingin dalam kulkas terbentuk berkat adanya kompresor. Fungsi kompresor ini adalah sebagai pemompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas.

Kompresor melakukan 3 pekerjaan dalam mendinginkan kulkas, yakni:

  • Menghisap: cairan refrigerant dari evaporator diembunkan dengan mengubah temperatur menjadi rendah ketika tekanan refrigerant dinaikkan.
  • Menekan: gas refrigerant di dalam kulkas dapat ditekan hingga temperatur dan tekanannya naik tinggi lalu bisa disalurkan ke kondensor. Setelah itu refrigerant akan dikabutkan pada temperatur yang tinggi.
  • Memompa: dilakukan secara terus-menerus dengan mensirkulasikan refrigerant berdasarkan hisapan dan kompresi.

Kompresor ini sendiri bagaikan jantung dalam tubuh manusia, yang memompa darah ke seluruh tubuh. Bedanya, kompresor memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas. Kompresor menjadi komponen kulkas yang paling sering rusak. Sehingga membutuhkan komponen lain untuk meringankan dan mengamankan tugasnya.

2. Kondensor

Kondensor kulkas

Bagian-bagian kulkas 1 pintu berikutnya, ada kondensor yang merupakan alat penukaran kalor, fungsi kondensor pada kulkas adalah untuk menurunkan temperatur refrigerant dari bentuk gas menjadi cair. Jadi, saat hawa panas berhasil diturunkan ke suhu dingin, nantinya akan terbentuk cairan dingin yang keluar.

3. Filter (Receiver Drier)

Filter kulkas

Seperti namanya, filter ini berfungsi sebagai penyaring benda-benda asing dalam tabung yang menyimpan refrigerant cair. Ada tiga fungsi dari filter ini, yang pertama adalah menyimpan refrigerant, kemudian menyaring benda-benda asing dan uap air dengan desiccant dan filter agar tidak mengganggu sistem pada mesin pendingin, dan ketiga adalah memisahkan gelembung gas dengan cairan refrigerant.

Baca Juga :

4. Evaporator

Evaporator kulkas

judul gambar

Berikutnya ada evaporator, yang akan mengubah zat pendingin cair menjadi gas. Evaporator bersifat menyerap panas, dengan cara memperluas permukaannya. Gunanya sendiri adalah agar udara dingin juga dapat dihembus ke dalam ruangan.

5. Thermostat

Thermostat

Thermostat digunakan untuk mencegah pembekuan, serta agar suhu kulkas dapat diatur sesuai yang diinginkan. Jadi, secara mudahnya, Thermostat adalah pengatur suhu pada kulkas, yang ditetapkan dengan satuan suhu Celcius.

6. Heater

Heater kulkas

Lalu ada Heater, yang berguna untuk menghancurkan salju pada mesin pendingin kulkas. Butiran-butiran es akan bermunculan karena suhu kulkas yang dingin. Meski fungsi kulkas adalah sebagai pendingin, namun salju yang tidak terkendali tentu akan menimbun dan memakan tempat yang seharusnya untuk menyimpan makanan.

7. Fan Motor

Fan Motor Kulkas

Berikutnya, kulkas juga memiliki kipas untuk menghembuskan angin. Fan motor ini merupakan bagian-bagian kulkas 2 pintu. Pada mesin pendingin kulkas ada dua jenis fan motor, yakni:

  • Fan motor evaporator (menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak)
  • Fan motor kondensor (berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Fan motor kondensor juga berfungsi mendinginkan kompresor)

8. Overload Motor Protector

Overload Motor Protector

Selanjutnya, ada Overload Motor Protector yang merupakan komponen pengaman kompresor. Letaknya sendiri dengan terminal kompresor. Alat ini mencegah kompresor dari kerusakan yang disebabkan oleh daya listrik yang melebihi arus acuan normal.

9. Bahan Pendingin (Refrigerant)

Bahan Pendingin (Refrigerant)

Terakhir, adalah refrigerant yang merupakan zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun dalam sebaliknya. Ada banyak ragam bahan pendingin, masing-masingnya memiliki karakteristik yang berbeda.

Ketahui :

Sebenarnya masih banyak sekali komponen dalam kulkas yang belum disebutkan. Masing-masing komponen akan saling membantu dalam mendinginkan suhu kulkas serta menjaga mesin agar tidak cepat rusak. Jadi, itu dia informasi mengenai bagian-bagian kulkas. Semoga informasi di atas bermanfaat.

judul gambar

Leave a Comment