Ciri-Ciri Kulkas Normal dan Tidak Normal

Penasaran dengan bagaimana ciri-ciri kulkas normal? Apakah jangan-jangan kulkas Anda berjalan tidak normal atau mengalami kerusakan? Oleh karena itu, jika penasaran langsung saja simak informasinya di bawah ini dengan seksama!

Ciri ciri kulkas normal

Bagaimana Ciri-Ciri Kulkas Normal?

Bagaimana Ciri-Ciri Kulkas Normal?

Kulkas adalah salah satu perabotan penting dalam rumah tangga dan mempunyai banyak sekali fungsi yang menguntungkan, seperti bisa mendinginkan makanan, tempat menyimpan makanan, mengawetkan makanan, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Baca Juga : Kipas Kulkas 2 Pintu Mati

Oleh karena itu, ada banyak rumah tangga yang berbondong-bondong mengangkut kulkas dari toko untuk dipajang di dalam dapur. Namun, ketika memilih kulkas adapun beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari. Memangnya bagaimana sih ciri-ciri kulkas baru normal atau tidak rusak?

  • Bagian Luar Kulkas Mengembun

Ciri-ciri kulkas 1 pintu normal yang pertama adalah embun biasanya juga terbentuk di luar lemari es. Hal ini bisa saja terjadi khususnya ketika sedang musim dingin atau hujan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika kulkas di rumah bagian luarnya juga mengembun karena itu adalah hal yang normal.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan bersihkan permukaan kulkas menggunakan kain bersih atau handuk kering.

  • Bagian Pinggiran Kulkas Hangat

Ciri-ciri kulkas 2 pintu normal yang selanjutnya adalah bagian pinggiran atau sisi pintu terasa hangat. Itu adalah hal yang normal, jadi Anda tidak perlu khawatir ya! Bahkan ada banyak orang pula yang memanfaatkan hal tersebut untuk mengeringkan kaos kaki atau sepatu basah lho!

Bagaimana bisa itu hangat padahal kulkas bertugas untuk mendinginkan? Bagian kondensor diinstal di luar kompartemen kulkas dan di dalam penyekatan plat untuk mencegah adanya pembekuan.

Jika komponen tersebut tidak ada, maka kulkas tidak akan berjalan dengan baik atau mengalami kerusakan hanya dalam jangka waktu yang sebentar. Bahkan jika kulkas Anda tidak hangat, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa kulkas mengalami kerusakan karena tidak ada sirkulasi refrigeran dalam pipa.

  • Bunyi Kulkas

Kemudian muncul bunyi kulkas yang normal, yaitu “klik” atau biasa disebut sebagai cracking sounds. Suara ini terjadi ketika bagian refrigerator mengerut, memuai, atau komponen defrost mulai beroperasi.

Bunyi kulkas Sharp yang normal adalah tenang dan tidak berisik. Jadi, jika kulkas Anda suaranya terdengar cukup keras dan berisik maka itu bisa menjadi indikasi bahwa adanya masalah. Bahkan setelah kejadian itu, biasanya kulkas akan mati total dan tidak bisa digunakan untuk mendinginkan  makanan.

Masalah tersebut terkadang muncul pada kulkas yang tidak dirawat dengan benar atau memang usianya sudah cukup lama sehingga mesin-mesin di dalamnya terhitung usang.

judul gambar

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan suara kulkas menjadi berisik, seperti tegangan listrik yang tidak stabil, kerusakan pada bagian kompresor, baut melonggar, kipas rusak, dan lain sebagainya.

Jika mengalami masalah itu, segera lakukan pemeriksaan atau bawa ke tukang service agar masalah tidak semakin membesar dan kulkas bisa diselamatkan!

Baca Juga :

  • Embun Terbentuk di Dalam Kulkas

Sudah menjadi tugasnya untuk menciptakan embun dan pembekuan di bagian dalam kulkas. Makanan yang disimpan tanpa penutup akan menjadi cukup basah dan untuk mengatasi hal tersebut, maka berilah penutup atau seka dengan menggunakan kain bersih atau handuk kering.

Bagaimana Ciri-Ciri Kulkas Tidak Normal?

Bagaimana Ciri-Ciri Kulkas Tidak Normal?

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri kulkas Polytron normal, Anda juga perlu tahu apa saja ciri kulkas yang tidak normal. Pada penjelasan sebelumnya sudah disinggung sedikit mengenai hal ini. Namun, informasi lebih jelasnya ada di bawah ini:

  • Tidak Dingin Maksimal

Jika kulkas Anda tidak bisa mendinginkan makanan secara maksimal padahal suhu sudah diatur sedemikian rupa, maka itu adalah pertanda bahwa kulkas mengalami kerusakan. Cara untuk memeriksanya adalah cobalah buat es batu dalam freezer.

Apabila itu tetap mencair padahal sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama, maka segeralah bawa ke tukang service.

  • Kompresor Mati Total

Ciri kulkas yang tidak normal selanjutnya adalah kompresor bermasalah, baik itu hanya berdengung saja dan tidak beroperasi hingga mati total. Kerusakan ini bisa dideteksi dengan cara colokkan kabel kulkas ke saklar listrik dan lihatlah apakah kompresor bereaksi atau tidak.

Jika tidak memberikan reaksi, maka sudah bisa dipastikan kulkas Anda mengalami kerusakan.

Ketahui :

Itu dia pembahasan mengenai bagaimana saja ciri-ciri kulkas normal yang bisa Anda jadikan acuan untuk menentukan apakah kulkas tersebut berjalan dengan semestinya atau tidak. Jadi, kulkas di dapur Anda normal atau tidak nih?

judul gambar

Leave a Comment