Penyebab & Cara Memperbaiki Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Salah satu masalah yang terjadi pada kulkas dua pintu adalah, tidak dinginnya bagian tertentu sehingga menyebabkan produk yang disimpan tidak awet. Seperti yang terjadi pada kulkas LG 2 pintu bawah tidak dingin, tapi masih bisa diperbaiki asal diketahui apa penyebab utama hal itu terjadi.

kulkas lg 2 pintu bawah tidak dingin
Kulkas LG 2 pintu bawah tidak dingin

Apakah kulkas Anda sedang mengalami masalah ini? Tepat untuk mengetahui informasi lengkapnya berikut, supaya lemari pendingin tersebut bisa kembali normal dan bisa dijadikan tempat mendinginkan makanan lagi.

Baca Dulu: Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

5 Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin Bagian Bawah

Bukan hanya kulkas LG inverter 2 pintu bagian bawah tidak dingin, namun hampir semua produk sejenis dari merek berbeda pernah mengalaminya. Apalagi jika pemilik tidak merawatnya dengan benar. Penasaran?

  • Karet Pintu Tidak Erat

Walaupun sekedar karet yang membungkus bagian pintu, namun ternyata fungsinya sangat penting untuk menjaga suhu agar tetap pada posisi perfect cool. Ketika karet tersebut longgar, otomatis ada celah bagi udara di lingkungan luar untuk masuk ke bagian bawah lemari es Anda.

Karet ini memiliki daya rekat kuat ketika menutup bagian pintu refrigerator, Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala kondisi tersebut agar tidak kecolongan ketika menyadari suhu dingin di ruang bawah kulkas sudah tidak maksimal lagi.

Ketahui: Bagian Dalam Kulkas 1 Pintu

  • Sirkulasi Udara di Bagian Bawah Ditutupi Spon

Untuk mengatur suhu di ruangan lemari es, dibutuhkan spon khusus untuk membuka dan menutup sesuai arah jarum jam dan sesuai pengaturan diinginkan.

Saat spon tersebut tidak lagi bisa bekerja maksimal, misalnya akibat bunga es yang menutupi spon tentu kinerja dari pendingin tidak akan mampu memaksimalkan suhu terendah di ruang bawah produk elektronik tersebut.

  • Penumpukan Bunga Es Pada Bagian Evaporator

Ini merupakan penyebab utama tidak dinginnya ruang bagian bawah pada sebuah refrigerator. Beberapa hal menjadi biang keladinya, seperti kerusakan pada fuse defrost atau heater. Padahal kedua komponen ini sangat penting ketika harus melelehkan bunga es sesuai timer yang ditentukan.

Dapat juga terjadi karena saluran buangan air yang mampet akibat kotoran yang menyumbat. Alhasil, sirkulasi udara dingin di dalam ruang kulkas tidak maksimal menyebar pada bagian bawah.

Faktor lainnya adalah, kipas fan tidak hidup, padahal komponen ini membantu menyebarkan suhu dingin ke seluruh penjuru ruang di posisi bawah. Ujung-ujungnya, suhu dingin hanya dirasakan pada bagian-bagian tertentu saja.

judul gambar

Baca Dulu: Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

  • Terlalu Sering Membuka Pintu Kulkas

Bagi Anda yang terlalu sering membuka kulkas untuk mengambil bahan makanan atau minuman, kemudian menutupnya sembarangan. Maka, kemungkinan bagian bawah kulkas untuk tidak dingin sempurna sangat besar.

Alasannya, udara dari luar kulkas akan sering masuk dan membuat kestabilan suhu dingin yang sudah diatur menjadi kurang stabil.

  • Pengaturan Suhu yang Tidak Tepat

Ketika pengguna gagal menempatkan pengaturan suhu pada posisi rendah, tentu suhu di dalam refrigerator tidak akan dingin maksimal. Pengaturan ini, sangat berhubungan dengan kinerja komponen pendingin.

cara memperbaiki kulkas lg 2 pintu bagian bawah tidak dingin
Cara memperbaiki kulkas LG 2 pintu bagian bawah tidak dingin

Karena berdasarkan suhu itulah nantinya komponen bekerja, jika suhu yang ditentukan tercapai maka komponen akan berhenti bekerja untuk sementara.

Baca Dulu: Skema Kulkas 1 Pintu

Bagaimana Cara Memperbaiki Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin?

Banyak cara pula dapat dilakukan, untuk mengembalikan suhu dingin maksimal pada bagian bawah lemari pendingin LG dua pintu. Disesuaikan terlebih dahulu dengan penyebabnya, supaya upaya memperbaiki tidak sia-sia.

Untuk kondisi biasa, baik itu penyebabnya karet pintu yang longgar atau bagian fuse defrost atau heater yang rusak. Maka cara perbaiki kulkas LG 2 pintu bagian bawah tidak dingin adalah, dengan mengganti komponen rusak dengan komponen yang baru.

Kalau Anda bisa menggantinya sendiri tentu cukup mengeluarkan biaya untuk membeli alatnya, namun jika tak bisa melakukannya tanpa bantuan orang lain maka memanggil teknisi kulkas merupakan solusi paling tepat.

Selain itu, ketika Anda ternyata punya kebiasaan kurang baik dan dapat menyebabkan naiknya suhu di ruang bawah lemari es, tentu harus mengurangi kebiasaan tersebut dan pertanyaan seputar kenapa kulkas LG 2 pintu yang bawah tidak dingin sudah terpecahkan.

Baca Dulu:

Coba cek kembali kondisi lemari pendingin Anda, apakah sudah diketahui apa penyebab kulkas bagian bawah tidak dingin tersebut? Jika sudah, segera upayakan solusinya agar Anda bisa menikmati manfaat alat elektronik itu kembali.

judul gambar

Leave a Comment