Akibat Kulkas Lama Tidak Dipakai dan Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai

Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menghidupkan kulkas yang lama tidak dipakai? Jika ingin tahu caranya, yuk simak informasi di bawah ini dengan seksama!

Cara menghidupkan kulkas yang lama tidak dipakai

Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai

Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai

Ada banyak orang yang memilih untuk mematikan atau mencabut colokan kulkas ketika akan bepergian. Ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kecelakaan akibat konslet listrik hingga agar lebih hemat.

Baca Dulu : Cara Mengatur Suhu Kulkas Panasonic 2 Pintu

Namun, masih ada banyak orang pula yang bingung dan bertanya apakah kulkas akan rusak jika tidak dipakai? Jawabannya adalah tidak, selama Anda mematikannya dengan cara yang benar. Jika Anda hanya mencabut colokan dan meninggalkannya selama beberapa lama, adapun kerusakan atau akibat kulkas lama tidak dipakai yang akan terjadi.

Akibat yang pertama adalah adanya kerusakan pada bagian pengatur suhu atau thermostat. Bagian ini terbuat dari logam yang mudah berkarat dan mudah rusak jika berada dalam kondisi lembap. Jika bagian ini rusak, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru agar kulkas bisa berjalan dengan baik.

 

Kemudian, akibat kedua adalah gas freon bocor karena pipa rak freezer bocor. Hal ini tidak hanya bisa terjadi jika mengambil bunga es dengan menggunakan benda tajam, tetapi juga karena korosif atau berkarat.

Lantas bagaimana cara mematikan kulkas untuk jangka waktu lama yang benar?

  • Atur Suhu

Pertama, Anda harus mengatur suhu kulkas ke posisi minimal atau off agar tidak terjadi pembekuan.

  • Cabut Colokan

Kemudian, cabut colokan kulkas dari saklar atau sumber listrik.

  • Bersihkan Kulkas

Membersihkan kulkas

Jika sudah dicabut, keluarkan semua isi kulkas dan bersihkanlah kotorannya hingga bersih atau hingga tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Proses pembersihan ini berguna agar kulkas nantinya langsung siap dipakai tanpa harus mengurusi hal-hal busuk atau bau dalam kulkas.

Selain itu, Anda juga perlu membersihkan bunga es jika kulkas masih belum mempunyai teknologi no frost. Ini berguna agar ketika kulkas ditinggalkan dalam keadaan mati tidak menyebabkan kebanjiran karena bunga es yang mencair.

  • Buka Pintu Kulkas

Apabila kulkas dirasa sudah bersih, maka buka semua pintunya agar kering dan tidak lembap ketika ditinggalkan. Hal ini dikarenakan jika kulkas ditinggal dalam kondisi lembap, maka akan mengakibatkan beberapa kerusakan fatal yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Jadi, tunggu hingga kering atau berada di suhu ruangan normal ya!

judul gambar
  • Tutup Pintu Kulkas

Terakhir, jika kulkas sudah bersih dan kering maka tutuplah pintu-pintu tersebut agar tidak dimasuki hewan atau hal berbahaya lainnya.

Lalu bagaimana cara menghidupkannya?

  • Pastikan Permukaan Kulkas Kering

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan permukaan kulkas kering sebelum dicolokkan ke saklar. Ini bertujuan agar kulkas tidak mengalami konslet listrik karena permukaannya yang masih basah.

  • Colokkan ke Saklar

Jika sudah dipastikan bahwa permukaannya kering dan aman untuk dicolokkan, maka colokkanlah di sumber listrik yang stabil agar kulkas bisa bekerja dengan baik. Sebelum itu, Anda juga perlu memeriksa apakah kabel-kabelnya dalam keadaan baik atau tidak.

Hal yang ditakutkan adalah kabel dalam kondisi rusak karena beberapa hal dan salah satunya adalah digigiti oleh tikus atau hewan lain. Jika kabel dalam kondisi rusak, maka kulkas juga bisa ikut rusak bahkan hingga tidak bisa digunakan kembali.

Baca Juga :

  • Atur Suhu yang Diinginkan

Atur Suhu Kulkas

Setelah kulkas menyala, aturlah suhu sesuai dengan yang dibutuhkan. Sebaiknya gunakanlah suhu yang biasa saja atau jangan terlalu rendah terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan suhu rendah setelah beberapa saat.

Namun, ada juga masalah yang mana kulkas tidak dingin karena lama tidak dipakai. Ini bisa menjadi indikasi bahwa kulkas Anda memang bermasalah. Salah satu penyebabnya adalah kerusakan pada bagian kompresor. Itu bisa dikarenakan adanya karat hingga kebocoran.

Lalu, berapa lama kulkas boleh dimatikan? Kulkas tidak boleh dimatikan dalam jangka waktu yang lama karena mereka didesain untuk terus beroperasi selama 24 jam penuh. Jika terpaksa untuk dimatikan, misal ketika ditinggal berlibur maka Anda perlu melakukan beberapa hal yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya mengenai cara mematikan kulkas.

Jika kulkas tidak teraliri listrik dalam waktu lama, maka mesin-mesin di dalamnya mudah mengalami oksidasi yang menyebabkan perforasi. Selain itu, jika kulkas tidak didinginkan maka suhu di kabinet akan meningkat dan terjadilah kondensasi.

Ketahui :

Jadi, beberapa poin di atas sudah bisa membantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghidupkan kulkas yang lama tidak dipakai. Beberapa cara tersebut perlu Anda coba agar kulkas tetap bisa digunakan dan tidak cepat rusak. Akhir kata, selamat mencoba ya!

judul gambar

Leave a Comment