Berapa Lama Kulkas Baru Boleh Dinyalakan dan Berapa Lama Akan Dingin ?

Pembeli kulkas baru tentu harus tahu berapa lama kulkas baru boleh dinyalakan. Tidak banyak yang tahu bahwa hal ini dipengaruhi dengan cara memindahkan kulkas itu sendiri. Komponen internal kulkas sangat sensitif ketika dipindahkan.

Berapa lama kulkas baru boleh dinyalakan

Pada dasarnya, jangka waktu berapa lama lemari es yang baru bisa dinyalakan sangat tergantung dengan cara pemindahan lemari es. Mungkin hal ini terkesan tidak masuk akal bagi sebagian orang. Tetapi, teori ini sudah terbukti dan sangat disarankan bagi para pembeli kulkas baru.

Artikel Terkait : Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp

Simak Berapa Lama Kulkas Baru Boleh Dinyalakan

Bagi semua pemilik kulkas, mereka harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Posisi

Pemilik dapat menghidupkan lemari es baru apabila benda tersebut dipindahkan dengan posisi tegak lurus. Hal ini sering tidak dilakukan, terutama oleh pegawai toko yang bertugas memindah kulkas. Mereka mungkin hanya menyesuaikan posisi barang dengan kondisi angkutan dan tata letak rumah dari pemilik hunian.

2. Durasi

Cara menggunakan kulkas baru merk Sharp juga sama. Pengguna dapat langsung menghidupkan saat kulkas dipindah dengan posisi tegak lurus. Tetapi, apabila kulkas diletakkan dengan cara dibaringkan di salah satu sisi, maka pengguna harus segera menegakkannya dengan durasi waktu sama. Misalnya, kulkas yang diletakkan terbaring di sisi kanan selama 20 menit, maka pengguna harus menegakkannya dan menunggu 20 menit sebelum menyalakannya.

3. Lawan Sisi

Kulkas yang diletakkan dengan cara dibaringkan di bagian samping akan dapat merusak mekanisme internal, oli dalam kompresor akan mengalir dari tabung kompresor ke lini pendingin. Apabila kulkas terpaksa dipindahkan dengan posisi terbaring di samping, maka pemilik harus segera meletakkannya di sisi yang berlawanan dari mana saluran kompresor akan oli.

Apakah Kulkas Baru Boleh Langsung Diisi?

Apakah Kulkas Baru Boleh Langsung Diisi?

Tentu pemilik kulkas baru sering tidak sabar ingin segera menaruh  semua bahan makanan dan minuman di kulkas baru. Tetapi, sebenarnya mengisi kulkas tidak sesederhana itu.  Waktu yang dibutuhkan untuk pengguna yang ingin mengisi kulkas dengan bahan makanan tergantung pada beberapa faktor. Faktor tersebut adalah:

1. Ukuran Kulkas

Semakin kecil kulkas tersebut, semakin lama bagi pengguna untuk dapat mengisi dengan makanan atau minuman setelah kulkas dinyalakan.  Untuk kulkas kecil, perlu menunggu 24 jam bagi pengguna untuk dapat menggunakannya dengan mengisi bahan-bahan yang harus disimpan.

2. Temperatur

judul gambar

Pengguna harus menunggu kulkas untuk dapat mengumpulkan daya sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan demikian, temperatur kulkas menjadi stabil dengan suhu dingin yang pas. Jika hal ini dilakukan, maka kulkas juga dapat mendinginkan makanan atau minuman sekaligus mempertahankan daya tahannya.

3. Lokasi

Kulkas harus ditempatkan di tempat yang kering dan tidak lembab. Selain itu, jarak antara kulkas dan dinding harus cukup jauh dan tidak menempel.  Hal ini juga mengurangi kans menumpuknya debu, bersihkan koil secara teratur untuk membuatnya berfungsi normal dalam jangka waktu lama.

Baca Juga :

Cara Mengatur Suhu Kulkas Baru

Cara Mengatur Suhu Kulkas Baru

Ketahui tips penting dalam mengatur suhu kulkas yang masih baru. Tips tersebut adalah:

1. Suhu Stabil

Suhu kulkas yang masih baru memang belum stabil. Perlu waktu minimal dua jam untuk dapat mencapai temperatur tepat dalam menjaga bahan makanan dan minuman di dalamnya.  Hal ini juga dijelaskan sebagai cara menghidupkan kulkas Sharp atau merek lain di situs resmi atau buku panduan.

2. Temperatur Optimal

Waktu dua jam tepat untuk menentukan apakah kulkas tersebut bekerja normal atau tidak. Apabila pengguna menaruh makanan di dalam kulkas sebelum kulkas mencapai temperature optimal, maka perlu waktu lama untuk mendinginkan makanan. Jika hal ini terjadi, maka kulkas akan cepat rusak dimana biaya perbaikan akan lebih mahal.

3. Waktu Pas untuk Produk Beku dan Mengisi Es

Memang ada beberapa jenis kulkas yang butuh waktu minimal 24 jam sebelum diisi bahan makanan. Biasanya, kulkas ini memiliki fungsi lebih banyak dibandingkan kulkas biasa. Waktu tersebut merupakan waktu estimasi untuk mengisi kontainer es.  Bahan makanan beku juga tidak menjadi beku secara optimal karena suhu dingin tidak akan dapat melindungi makanan tersebut.

Ketahui :

Jadi, berapa lama kulkas baru boleh dinyalakan tergantung dari kondisi kulkas saat dipindahkan. Lalu, perlu diingat pula bahwa memindahkan isi kulkas lama ke kulkas baru juga harus memperhatikan temperatur yang ada.  Suhu kulkas baru harus lebih dingin dibandingkan yang lama, supaya makanan tidak rusak.

judul gambar

Leave a Comment