Fungsi Kompresor Pada Kulkas

Ada banyak fungsi kompresor kulkas yang perlu diketahui. Sebelum itu, kompresor adalah salah satu bagian terpenting yang harus terpasang di setiap kulkas. Baik pada kulkas satu pintu ataupun dua pintu. Hal itu karena kompresor mempunyai peranan yang sangat penting.

fungsi kompresor kulkas

Salah satunya supaya kulkas bisa bekerja dengan baik, sehingga fungsi kulkas sebagai pendingin tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Kompresor sendiri terdapat berbagai komponen penting lainnya dan pastinya memiliki fungsi yang berbeda.

Baca Dulu : Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 

Mengenali Fungsi Kompresor Kulkas

Mengenali Fungsi Kompresor Kulkas

Fungsi Relay pada Kompresor Kulkas

Relay merupakan komponen kulkas yang bekerja secara otomatis. Apabila kompresor diaktifkan, relay akan membantu di awal putaran di lilitan kompresor. Jika putarannya melebihi 75%, kompresor tidak perlu dibantu lagi. Terdapat 2 jenis relay dengan fungsinya masing-masing, yaitu:

Electromagnetic relay

  • Mengubah jalur arus listrik
  • Bisa dipakai sebagai on/off dalam suatu rangkaian
  • Mengatur beban yang berdaya besar

PTC relay

  • Bisa mengendalikan arus listrik ke kumparan batu
  • Melindungi kompresor dari kebakaran dan korsleting
  • Melindungi kumparan batu dari kerusakan

Fungsi Overload pada Kompresor Kulkas

Overload terletak di kompresor dan tertempel secara langsung. Terdapat berbagai macam model yang dimilikinya. Baik yang bisa dilepas dan menggunakan soket. Bahkan ada yang bermodel tanam, yakni dapat langsung ditanamkan di kompresor.

Overload merupakan salah satu bagian kulkas yang memiliki peranan cukup penting. Di mana overload ini berfungsi dalam mengontrol temperatur pada kulkas yang sedang tidak stabil dan memiliki beban listrik berlebih. Jadi apabila tingkat kepanasan suhu kompresornya tinggi, maka secara otomatis arus akan terputus oleh overload. Jika mesin sudah dingin, maka akan kembali normal dan menyala lagi.

Baca Juga :

Fungsi Kompresor pada Kulkas

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari kompresor kulkas:

  • Menghisap cairan refrigerant

Menurut metode kerjanya, kompresor dapat menghisapkan cairan refrigerant yang terletak di evaporator. Kemudian akan didistilasikan dengan temperatur yang rendah. Proses ini bekerja pada waktu tekanan refrigerant naik.

  • Memberikan tekanan pada gas refrigerant

Cairan refrigerant yang telah dihisap akan berubah menjadi gas. Kemudian kompresor akan menekannya hingga tekanan dan temperaturnya meningkat. Berikutnya refrigerant akan dialirkan ke kondensor dan akan diubah menjadi kabut pada temperatur tinggi.

judul gambar
  • Memompa refrigerant

Berikutnya refrigerant akan dipompa oleh kompresor ke semua bagian kulkas. Pemompaan ini nantinya akan membuat kulkas menjadi dingin. Berdasarkan fungsi tekanan dan hisapan yang sebelumnya, proses ini bekerja secara berkelanjutan.

Fungsi Kapasitor Kompresor Kulkas

Kapasitor atau kondensator merupakan suatu komponen elektronik pasif yang berguna dalam menyimpan energi listrik untuk sementara waktu. Kapasitor AC adalah jenis kapasitor yang sering dipakai di setiap peralatan elektronik, terutama kulkas. Di kedua sisinya terdapat 2 buah kepingan yang tengahnya dipisahkan oleh material dielektrik. Dengan demikian, kapasitor bisa menyimpan berbagai muatan elektron.

Jenis Jalur Pipa Kompresor Kulkas

Pada umumnya, setiap produk kulkas baik yang 1 pintu ataupun 2 pintu, memakai jenis piston kompresor. Sebab kompresor jenis ini kualitasnya sangat baik dari jenis yang lain. Piston kompresor ini terdiri dari 3-5 buah pipa. Di mana setiap pipanya memiliki fungsi berbeda.

Berikut adalah karakter dari jenis 3 buah pipa:

  • Satu pipa tekan (discharge)
  • Satu pipa hisap (suction)
  • Satu pipa pengisian freon

Sedangkan, untuk jenis 5 pipa mempunyai karakter:

  • Satu pipa tekan
  • Satu pipa hisap
  • Satu pipa pengisian freon
  • Satu pipa pendingin oli kompresor

Di setiap komponennya sangat mempengaruhi kinerja dari kompresor kulkas. Maka dari itu, rawatlah komponen-komponen kompresor tersebut dengan benar, supaya tepat maksimal bekerjanya. Di setiap unit kompresor juga mempunyai power dan tegangan yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu menyesuaikan dengan unit kulkas supaya kompresor berfungsi dengan baik.

5 Perbedaan Kompresor Kulkas dan Freezer

5 Perbedaan kompresor kulkas dan freezer

Walaupun sama-sama berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman supaya bisa tahan lama, tetapi kulkas dan freezer memiliki banyak perbedaannya lho. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan antara kulkas dan freezer:

  • Fungsi

Kulkas berguna hanya untuk menaruh makanan dan minuman agar daya tahannya lebih lama. Sementara freezer berfungsi tidak hanya untuk menyimpan, tetapi juga bisa membekukan makanan maupun minuman karena suhu yang dimilikinya sangat dingin.

  • Tingkat suhu

Maksimal suhu yang dimiliki kulkas hanya bisa mencapai 0 derajat celcius. Sementara freezer bisa memberikan suhu yang begitu dingin, bahkan bisa mencapai -28 derajat celcius.

  • Daya kapasitas dan pengaturan letak barang

Bentuk yang dimiliki freezer pada umumnya dibuat melebar, sehingga makanan dan minuman yang disimpan bisa ditata secara horizontal. Sementara kulkas, di dalamnya dilengkapi dengan sejumlah rak dan didesain khusus. Dengan begitu, penataan setiap isinya lebih efisien karena ditaruh sesuai dengan kelompoknya.

  • Daya listrik

Dalam pemakaiannya, daya listrik freezer bisa dikatakan lebih hemat dibandingkan kulkas. Dengan demikian, kebutuhan listrik yang dibutuhkan kulkas lebih besar.

Ketahui :

Demikianlah fungsi kompresor kulkas beserta komponen-komponen yang lainnya. Semoga bermanfaat.

judul gambar

Leave a Comment