Diagram Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu

Anda punya kulkas Polytron? Selain mengetahui keunggulannya, skema kulkas 2 pintu Polytron maupun satu pintu juga perlu diketahui. Fungsinya, supaya ketika terjadi masalah saat pemakaian dapat diidentifikasi asal masalah dan lebih mudah mengatasinya.

skema kulkas 2 pintu polytron
Skema kulkas 2 pintu Polytron

Jika dibandingkan dengan skema rangkaian listrik dan komponennya dengan TV maupun alat elektronik lain, sebenarnya lemari pendingin ini termasuk kategori sederhana. Tidak banyak komponen, sehingga tidak rumit untuk dipahami bahkan oleh pemula sekalipun.

Diagram Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu

Buat Anda yang penasaran seperti apa skema diagram kulkas Polytron 2 pintu, di bawah ini adalah salah satu contohnya. Secara umum, akan sama untuk berbagai merek hanya saja bahan yang dipakai mungkin akan berbeda begitu pula desain rangka dan eksteriornya. Dimana terdapat beberapa bagian penting yang memiliki peran masing-masing.

  1. Thermostat

Adalah sensor untuk mengetahui suhu pada ruangan lemari pendingin. Pada diagram timer kulkas 1-4 semuanya sangat berhubungan, jika salah satu rusak maka akibatnya cukup fatal bagi alat elektronik ini.

Baca Dulu: Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

  1. Timer Defrost

Selanjutnya ada timer defrost, berfungsi mengelola kinerja kompresor serta heater. Kinerjanya bergantung pada sensor dai thermostat untuk memastikan kondisi suhu di dalam kulkas.

skema kelistrikan kulkas polytron 2 pintu
Skema kelistrikan kulkas Polytron 2 pintu
  1. Thermo Defrost

Komponen ini akan membantu membuat komponen heater hidup sekali dalam tujuh jam, agar membantu meminimalisir munculnya bunga es. Cara kerja kelistrikan kulkas 2 pintu salah satunya sangat tergantung pada kemampuan thermo defrost dalam bekerja.

  1. Overload Protector

Merupakan salah satu komponen yang akan menjaga kondisi kompresor agar tetap dalam kondisi stabil. Jika panas berlebih, secara otomatis bagian ini akan memutus arus yang masuk ke bagian kompresor.

Ketahui: Bagian Dalam Kulkas 1 Pintu

judul gambar
  1. Kipas Evaporator

Pada skema diagram kulkas Polytron 2 pintu juga terdapat kipas yang fungsinya menghasilkan udara dingin melalui bagian evaporator ke ruang di dalam lemari pendingin. Baik itu bagian freezer maupun bagian penyimpanan standar.

  1. Kompresor

Fungsi dari pompa listrik adalah menghisap dan menyebarkan freon pada pipa pendingin. Bentuknya seperti tabung dan terletak di bagian belakang kulkas.

  1. PTC

Adalah komponen bertugas membuat arus listrik mengalir pada kumparan bantu kompresor saat pertama kali dihidupkan. Merupakan resistor dengan nilai hambat dinamis sesuai suhunya. Semakin tinggi nilai hambatan akan semakin tinggi suhu PTC.

cara kerja kelistrikan kulkas 2 pintu
Cara kerja kelistrikan kulkas 2 pintu

Baca Dulu: Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

  1. Door Switch Freezer

Komponen ini menjaga kondisi freezer tetap dingin, dengan mengatur aliran listrik ke kipas evaporator. Sangat penting untuk memastikan posisinya tertutup rapat, agar proses dingin di dalam bagian freezer benar-benar maksimal.

  1. Door Switch Refrigerator

Merupakan saklar, gunanya sebagai pengatur arus listrik yang masuk ke bagian lampu lalu kipas pada evaporator. Pada posisi pintu kulkas tertutup, arus akan masuk ke kipas evaporator melalui bagian ini. Sedangkan ketika pintu terbuka, arus masuk ke lampu kulkas.

  1. Thermo Fuse

Bagian yang akan menjadi pengaman, untuk memastikan heater tidak mencapai suhu tinggi. Terutama ketika thermostat sedang rusak dan tak mampu bekerja dengan baik. Tapi, tetap saja ada batas maksimal kemampuannya menjaga kestabilan panas yaitu maksimal 72 derajat celcius.

Baca Dulu: Skema Kulkas 1 Pintu

  1. Lampu

Kenapa ada lampu pada diagram kulkas 2 pintu? Ternyata punya kegunaan penting, yaitu menjadi sumber cahaya di ruangan kulkas untuk memudahkan pengguna mencari barang kebutuhannya.

  1. Heater

Ada lagi yang namanya heater, fungsinya untuk menjaga suhu di dalam freezer supaya tidak terlalu dingin sehingga menimbulkan bunga es. Pada lemari pendingin dua pintu, terdapat dua heater dengan fungsi berbeda.

Baca Juga: Wiring Kulkas 2 Pintu

Dengan mengetahui secara umum skema timer kulkas Polytron 2 pintu dan seluruh komponen lainnya, tentu Anda tidak perlu khawatir lagi ketika terjadi masalah pada salah satu komponen. Tinggal cek kondisi komponen dan pastikan teknisi memperbaikinya dengan baik dan tepat.

judul gambar

Leave a Comment