Gambar Skema Rangkaian Kelistrikan Kulkas 2 Pintu & Penjelasan Komponen

Jika dibandingkan dengan kulkas satu pintu, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan kulkas dua pintu. Baik itu untuk kebutuhan rumah tangga hingga bisnis, dapat menyimpan lebih banyak produk di tempat pendingin. Rangkaian kulkas 2 pintu juga tergolong sederhana, perlu diketahui oleh pemilik agar tak sekedar pandai menggunakan saja.

rangkaian kulkas 2 pintu

Nantinya, wawasan tentang rangkaian tersebut bisa diimplementasikan ketika kulkas mengalami kerusakan sehingga butuh penanganan yang tepat.

Skema Rangkaian Kulkas 2 Pintu

Ketika sebuah lemari pendingin mampu bekerja dengan baik, maka semua produk yang tersimpan bisa awet dan tahan lama. Tapi jika ada masalah, maka ujung-ujungnya adalah penggantian komponen kulkas yang harganya tentu tidak murah.

Rangkaian kelistrikan kulkas 2 pintu
Rangkaian kelistrikan kulkas 2 pintu

Sebelum kerusakan terjadi, sangat penting untuk memahami rangkaian kelistrikan kulkas 2 pintu berikut ini. Dibagi atas dua kelompok penting, yaitu bagian yang punya fungsi pada saat membuat suhu dingin, serta bagian listrik utama.

Baca Dulu: Tekanan Freon Kulkas 1 Pintu

  • Komponen Untuk Mendinginkan Suhu

Terdapat empat komponen penting, dimana masing-masing memiliki tugas saling berhubungan untuk membuat suhu pada ruang pendingin maksimal. Sehingga apapun produk tersimpan di dalam kulkas bisa benar-benar dingin.

  1. Pipa Kapiler

Sering juga disebut sebagai alat ekspansi, karena fungsinya adalah menurunkan tekanan uap dingin ketika akan masuk ke dalam bagian evaporator. Jangan sampai pipa ini bermasalah, sebab dampaknya akan sangat dirasakan pada suhu dingin hasil dari kinerja sistem refrigerator pada kondisi normal.

  1. Evaporator

Fungsi dari komponen kulkas 2 pintu ini adalah menyerap panas yang ada pada setiap benda di dalam lemari pendingin. Kemudian panas tersebut menguap dan bahan pendingin menjadikan semua bahan-bahan makanan dan minuman menjadi lebih dingin.

Baca Dulu: Bagian Dalam Kulkas 1 Pintu

skema rangkaian kulkas 2 pintu
Gambar skema rangkaian kulkas 2 pintu

Tanpa evaporator, tentu kondisi di dalam ruang refrigerator tersebut tidak akan menjadi dingin dan apapun yang tersimpan akan cepat busuk bahkan lebih cepat dari kondisi normal. Oleh karena itulah, bagian ini termasuk paling penting dan sangat dijaga agar tidak cepat rusak.

  1. Filter

Merupakan saringan untuk memastikan uap air yang dihasilkan pada proses cooling tidak mengandung kotoran. Terletak dekat dengan kondensor, sangat penting untuk menjaga kualitas uap air agar proses pendinginan tidak terganggu oleh penumpukan kotoran baik berupa debu maupun partikel kotor lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

  1. Kondensor

Adalah alat khusus berfungsi mengubah gas dingin yang ada pada tekanan tinggi berubah wujudnya menjadi cair. Letaknya, ditanam pada bagian body lemari pendingin tersebut.

judul gambar

Tepatnya, pada area yang ketika disentuh secara fisik mengeluarkan rasa panas. Semakin bagus bahan kondensor digunakan, maka kondisi kulkas akan semakin dingin. Dilihat secara kasat mata tidak akan terlihat, namun pada gambar rangkaian kulkas 2 pintu akan tampak sangat jelas.

  • Komponen Listrik

Lain lagi dengan komponen listrik yang terdapat pada skema kulkas 2 pintu Sharp, begitu juga pada produk sejenis merek lain. Pada umumnya, terdapat setidaknya 11 komponen utama yaitu:

  1. Overload Refrigerator

Membantu menjaga beban kompresor pada kondisi terbaik, jika kelebihan beban maka komponen ini akan membantu memutuskan arus listrik kompresor.

Baca Dulu: Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

  1. PCB

Mengontrol sistem kelistrikan sebuah kulkas.

  1. Lampu

Akan menyala di dalam ruangan bagian bawah, sebagai sumber cahaya memudahkan pengguna mencari produk yang akan diambil.

  1. Fan Blower
gambar rangkaian kulkas 2 pintu
Gambar rangkaian kulkas 2 pintu

Membantu proses dinginnya udara di dalam ruang pendingin setelah refrigerant bekerja

  1. Door Switch

Adalah bagian di pintu kulkas, berguna sebagai saklar penghubung arus pada bagian kipas fan blower dan lampu.

  1. Relay

Fungsinya adalah untuk menggerakkan kompresor

  1. Heater

Alat untuk mencairkan es, berupa rangkaian besi pemanas. Alat ini, hanya ada pada kulkas dua pintu no frost.

  1. Thermostat

Sebagai pemutus arus listrik otomatis, ketika suhu sudah mencapai titik terendah sesuai pengaturan.

  1. Defrost Heater

Fungsinya adalah untuk mengaktifkan heater, sangat dibutuhkan saat proses mencairkan bunga es yang berlebih.

Baca Dulu: Skema Kulkas 1 Pintu

  1. Timer

Mengatur waktu yang dibutuhkan heater, antara 15 menit hingga delapan jam. rangkaian timer kulkas 2 pintu Berperan sangat penting dalam sistem kelistrikan lemari pendingin.

  1. Kompresor

Tugas utamanya adalah menyebarkan bahan pendingin atau disebut refrigerant ke seluruh bagian ruang cooling. Termasuk komponen paling utama, letaknya di bagian belakang bawah dengan bentuk seperti tabung gas.

Keunggulan Punya Kulkas 2 Pintu

Dengan komponen yang lengkap, semakin banyak orang memilih pakai kulkas dua pintu. Apalagi jika sudah melihat rangkaian lengkapnya di atas. Penggunaannya untuk skema kulkas 2 pintu 1-4 juga dinilai lebih efisien dan efektif mendinginkan. Selain itu, ada juga keunggulan lainnya seperti:

  • Daya tampung lebih besar dibandingkan jenis satu pintu, jadi mau menyimpan bahan makanan atau minuman akan lebih puas.
  • Freezer yang terpisah memudahkan penyimpanan produk yang harus ditempatkan pada lokasi super dingin. Supaya tingkat awetnya lebih tinggi dan tidak mudah rusak.
  • Tidak akan menghasilkan bunga es berlebihan, sehingga pengguna tak perlu tiap sebentar melakukan proses pembersihan bunga es manual.

Baca Dulu: Cara Mengukur Suhu Kulkas Polytron Balleza 2 Pintu

Anda ingin punya kulkas dua pintu? Setelah mengecek skema kulkas 2 pintu 1-3, rangkaian, dan semua penjelasan di atas, pastinya lebih memilih produk jenis ini. Dijamin puas dan siap menjaga keawetannya dalam waktu lama.

judul gambar

Leave a Comment