Cara Kerja Wiring Diagram Kulkas 2 Pintu Polytron, Toshiba, Sharp, LG

Sistem kabel dalam sebuah rangkaian listrik atau sering disebut wiring, sangat penting. Terutama untuk yang akan membuat sebuah alat elektronik. Begitu juga dengan wiring kulkas 2 pintu, yang memiliki keunikannya sendiri karena dirangkai menggunakan komponen tertentu agar bisa bekerja maksimal.

wiring kulkas 2 pintu
Gambar wiring kulkas 2 pintu

Kulkas dua pintu, pada dasarnya memiliki rangkaian listrik yang tidak sulit untuk dipelajari. Hanya saja, perlu dipastikan semua komponen bekerja dengan baik supaya dingin di area freezer dan ruangan pendingin di bawahnya sesuai dengan fungsi masing-masing.

Seperti Apa Wiring Diagram Kulkas 2 Pintu?

Untuk melihat secara langsung bagaimana wiring kulkas 2 pintu Sharp atau pada kulkas merek lainnya yang punya produk pendingin dua pintu, Anda perlu tahu dulu beberapa bagian penting dalam rangkaian tersebut.

Masing-masing komponen memiliki tugas yang sangat berhubungan satu sama lain, mulai dari Thermostat hingga refrgerator interior light. Ketika arus listrik masuk, maka semua bagian akan mulai berfungsi sampai pada kondisi stabil.

Cara Kerja Kulkas 2 Pintu Berdasarkan Wiring

Secara umum, cara kerja dari rangkaian listrik pada sebuah lemari pendingin adalah sama. Baik itu jika Anda melihat wiring kulkas 2 pintu Polytron atau merek lainnya. Berikut ini, penjelasan lengkap tentang bagaimana sistem tersebut bekerja sehingga membuat ruangan di dalamnya menjadi dingin bahkan mengeluarkan bunga es.

  • Pada kondisi awal, saat masih dalam kondisi mati, tegangan input akan berada pada posisi paling rendah. Dimana satu bagian saja yang hidup yaitu lampu yang akan menerangi bagian
  • Saat mulai dihidupkan, dan pintu dibuka, tegangan penuh 220VAC akan didapatkan. Jika ditutup kembali, lampu akan mati, lalu thermostat akan berada pada posisi sesuai pengaturan suhu oleh pengguna.
  • Selanjutnya ketika thermostat sedang terhubung dengan listrik. Akan bekerja pula beberapa bagian lainnya seperti evaporator fan motor, running capacitor, time motor, PTC starter relay, kompresor, dan time motor. Untuk mencapai suhu dingin sesuai yang telah diatur.
  • Jika putaran dari kompresor sudah berada pada tingkat 75 persen, PTC akan memutus arus kecuali untuk kumparan bantu yang masih akan mendapatkan arus yang dialirkan lewat running capacitor namun torsinya lebih kecil dari sebelumnya.

Diagram Wiring Kulkas 2 Pintu Polytron

diagram wiring kulkas 2 pintu polytron
Diagram wiring kulkas 2 pintu Polytron

Kondisi ini akan sama untuk semua kulkas, Anda juga akan melihatnya pada diagram wiring kulkas 2 pintu Polytron atau merek lainnya.

  • Saat suhu dari refrigerator sudah dicapai, saatnya kompresor akan bekerja lebih ekstra untuk mencapai suhu -2 derajat celcius. Jika sudah tercapai pada bagian evaporator, maka defrost thermo tertutup sehingga kontak terputus.
  • Ketika suhu terlalu dingin dan terdapat bunga es berlebih pada freezer, maka saatnya defrost heater bekerja untuk mencairkan es tersebut.
  • Thermostat akan melakukan cut out atau pemutusan jaringan, ketika suhu maksimal tercapai yaitu maksimal -20 derajat celcius. Biasanya, untuk mencapai suhu tersebut dibutuhkan kinerja sistem selama sekitar dua jam.
  • Setelah itu semua komponen kembali mati seperti semula dan hanya lampu refrigerator yang akan menyala.
  • Jika suku kembali naik hingga -15, thermostat akan kembali bekerja untuk membuat suhu maksimal -20 kembali tercapai.

Baca Dulu: Skema Kulkas 1 Pintu

judul gambar

Wiring Diagram Kulkas 2 Pintu Toshiba

Jika Anda mencari wiring diagram kulkas 2 pintu Toshiba berikut salah satu rangkaian nya:

wiring diagram kulkas 2 pintu toshiba
Wiring diagram kulkas 2 pintu Toshiba

Baca Dulu: Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

Wiring Kulkas 2 Pintu Sharp

Berikutnya adalah wiring diagram kulkas 2 Pintu sharp, berkut rangkaian kelistrikan salah satu seri Kulkas Sharp:

wiring kulkas 2 pintu sharp
Gambar wiring kulkas 2 pintu Sharp

Baca Dulu:

Wiring Kulkas 2 Pintu LG

wiring kulkas 2 pintu lg
Wiring kulkas 2 pintu LG

Proses Defrost Untuk Mencairkan Bunga Es

Pada lemari pendingin kekinian termasuk wiring diagram kulkas 2 pintu Toshiba, sudah ada sistem defrost yang gunanya membantu proses pencairan bunga es berlebih di dalam freezer yang mungkin saja terjadi. Tahapannya tidak terlalu panjang, dan biasanya dilakukan otomatis oleh sistem setelah running time motor bekerja maksimal enam jam.

  • Posisi time motor akan pindah dari posisi 3-4 menjadi 3-2 untuk memulai pencairan.
  • Timer motor kemudian mati, kemudian defrost heater dan plate heater mulai bekerja membuat es cair menuju bak penampungan air yang sudah disediakan.
  • Pada posisi suhu meningkat hingga 4 derajat celcius, maka defrost thermo menjadi berhenti bekerja dan time motor kembali aktif.
  • Ada proses delay kurang lebih selama tujuh menit, untuk memastikan air dari bunga es benar-benar turun ke bak penampungan secara keseluruhan. Setelah itu proses menaikkan suhu akan dimulai kembali

Baca Dulu:

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana rangkaian listrik atau wiring kulkas 2 pintu LG dan berbagai lemari pendingin lainnya bekerja. Tertarik untuk membuat satu unit kulkas sendiri? Tinggal terapkan skemanya dan aplikasikan.

judul gambar

Leave a Comment