Gambar Bagian – Bagian Dalam Kulkas Polytron 1 Pintu & Fungsinya

Kulkas memiliki fungsi yang beragam dan penting dalam kehidupan banyak orang. Tidak mengherankan jika banyak orang berniat memilikinya. Namun, apakah kamu tahu bagaimana bagian dalam kulkas 1 pintu atau bahkan kulkas 2 pintu?

bagian dalam kulkas 1 pintu

Jika belum, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu segala hal yang berhubungan dengan bagian-bagian yang ada pada kulkas. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengetahui apa yang ada di dalamnya dan memahami kendala yang bisa saja terjadi.

Mengenal Bagian Dalam Kulkas Polytron 1 Pintu

Secara umum, kulkas setidaknya terdiri dari 3 bagian. Semuanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing yang digunakan untuk menyimpan dan mengawetkan makanan. Berikut bagian yang dimaksud.

  1. Freezer

bagian dalam kulkas polytron 1 pintu

Sesuai namanya, bagian kulkas yang satu ini digunakan untuk menyimpan bahan yang memerlukan suhu sangat dingin. Suhu di ruang ini bisa mencapai 0oC di mana air di dalamnya bisa menjadi beku. Tidak mengherankan jika kamu bisa menyimpan es di sini.

  1. Refrigerator
gambar bagian dalam kulkas polytron 1 pintu
Gambar bagian dalam kulkas polytron 1 pintu

Umumnya, bagian ini memiliki ruang yang lebih luas dibandingkan dengan bagian kulkas lainnya. Di sini, kamu bisa menyimpan beragam makanan dengan suhu ruang sekitar 4-5 derajat Celcius.

Suhu yang cukup dingin ini akan membuat mikroba tidak dapat berkembang biak. Meskipun begitu, pastikan kamu tidak terlalu banyak menyimpan bahan makanan sehingga sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik.

  1. Chiller

    bagian chiller pada kulkas
    Bagian chiller pada kulkas

Bagian ini biasanya digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan yang lebih segar. Misalnya sayuran atau sejumlah bahan makanan lainnya. Biasanya, chiller diletakkan pada bagian paling bawah setiap lemari es.

Baca Juga: Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

Gambar Komponen Kulkas dan Fungsinya

gambar komponen kulkas dan fungsinya
Gambar komponen kulkas dan fungsinya

Jika secara umum kulkas terdiri dari 3 bagian, maka secara khusus tentunya sebuah kulkas memiliki banyak komponen yang saling mendukung kinerja satu sama lain. Adapun bagian bagian kulkas yang sering kita kenali adalah sebagai berikut.

  • Gas Freon
gambar komponen kulkas dan fungsinya
Gambar komponen kulkas dan fungsinya

Atau yang juga disebut refrigeran merupakan komponen yang penting untuk proses pendinginan kulkas. Gas ini memiliki kandungan senyawa hidrogen, bromin, atau klorin yang jika tidak ada, maka suhu dingin tidak dapat tercapai.

Secara umum, gas freon memiliki beberapa jenis seperti R600A, R32, R134A, dan sebagainya. Gas jenis R32 cukup sering dipakai karena memiliki cooling index yang tinggi, tidak mudah terbakar, dan ramah lingkungan.

Baca Dulu: Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

judul gambar
  • Kondensor
bagian bagian kulkas
Bagian kondensor kulkas

Merupakan pipa besi yang disusun sedemikian rupa untuk mengalirkan atau memproses pendinginan gas freon dari kompresor yang masih panas menuju filter dan seterusnya sampai ke evaporator.

Pada kulkas model lama, kondensor diletakkan pada bagian belakang kulkas, sementara untuk kulkas model baru biasanya sudah menyatu dalam bodi kulkas. Hal ini ditandai dengan bagian salah satu bodi kulkas yang terasa hangat ketika kulkas sedang bekerja.

  • Kompresor
bagian kulkas
Bagian kompresor kulkas

Merupakan komponen yang sangat penting, bahkan sering disebut dengan jantungnya kulkas. Hal ini karena melalui mesin kompresor bertugas memompa gas freon sehingga sirkulasi udara menuju evaporator dapat berjalan dengan lancar.

Baca Dulu: Skema Kulkas 1 Pintu

Manfaat Thermostat dan Evaporator Pada Kulkas

bagian bagian kulkas
Bagian thermostat kulkas

Sebagai salah satu bagian dalam kulkas 1 pintu yang penting, thermostat lebih berfungsi untuk mengatur kinerja kompresor berdasarkan batas suhu dalam setiap bagian kulkas. Komponen ini nantinya bertugas mengatur suhu dalam kulkas sehingga sesuai dengan yang kamu inginkan.

bagian bagian kulkas
Bagian evaporator kulkas

Sementara itu, evaporator memiliki manfaat untuk dapat menyerap panas dari material yang dimasukkan ke dalam kulkas. Material yang kehilangan panas tentu saja akan menjadi dingin

Tips Simpan Makanan di Bagian Chiller Pada Kulkas

Sebagai wadah yang banyak digunakan untuk menyimpan bahan makanan segar seperti daging atau sayuran, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu meletakkan material tersebut di dalamnya. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Pastikan suhu chiller berkisar antara 3-5oC. Suhu yang terlalu hangat atau dingin kurang cocok dengan beberapa jenis bahan makanan tertentu.
  2. Bungkus makanan atau bahan segar secara rapat sebelum menyimpannya di dalam chiller. Jangan sampai air dari daging atau ikan tidak menetes dan mengenai makanan lain ketika disimpan.
  3. Hindari menyimpan makanan yang masih dalam keadaan panas. Hal ini karena suhu pada chiller akan naik dan lama kelamaan akan membuatnya cepat rusak.

Artikel Terkait:

Cara Membersihkan Bagian Kulkas

Melakukan perawatan pada kulkas adalah hal yang harus selalu dilakukan secara berkala. Tidak hanya dengan menjaga kebersihan luar, namun pada bagian dalam juga penting untuk selalu dicek. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  1. Cabut dulu stop kontak pada saat sebelum membersihkan lemari es. Lap bagian luar kulkas dengan bersih, mulai dari bagian depan, atas, sampai belakang yang banyak menyimpan debu dan kotoran. Untuk kabel listrik, hindari lap dengan kain basah.
  2. Bersihkan isi kulkas jika terdapat banyak bahan makanan yang tersedia. Akan tetapi, pastikan kamu harus sudah selesai membersihkan lemari es kurang dari 2 jam untuk menghindari terjadinya penempelan kotoran yang terlalu lama.
  3. Jangan lupa lepas rak dan laci kulkas sehingga mudah dicuci. Lepas dengan hati-hati supaya tidak cepat rusak atau patah.
  4. Bersihkan bagian bagian kulkas dengan menyemprot cairan pembersih, kemudian lap perlahan sampai semua kotoran hilang. Sebelum memasukkan kembali ke dalam kulkas, pastikan sudah tidak ada lagi air, kotoran maupun sabun yang tersisa.
  5. Tata kembali bahan makanan sesuai dengan jenisnya. Misalnya daging mentah dalam freezer, sayur dan buah dalam laci paling bawah, hingga telur dan botol minuman dalam rak tersendiri.

Demikian pembahasan seputar gambar bagian bagian dalam kulkas Polytron 1 pintu, semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk baca artikel di Whereaglesfly.com.

judul gambar

Leave a Comment