Efek Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu Terlalu Panjang, Rumus Cara Menentukan & Harga

Whereaglesfly.com — Pipa kapiler merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kulkas. Pada jenis maupun ukuran pipa kapiler kulkas 1 pintu tertentu, pipa ini memiliki tahanan gesek yang dapat menurunkan tingginya tekanan kondensasi ke tekanan evaporasi yang rendah.

ukuran pipa kapiler kulkas 1 pintu

Pemasangan pipa kapiler terhubung secara seri di dalam sistem refigerasi, jadi ukuran kapasitasnya harus disesuaikan dengan kapasitas kompresi dari penggunaan kompresor. Dengan begitu, kapasitasnya akan menjadi lebih efisien.

Baca Dulu: Skema Kulkas 1 Pintu

Adakah Efek Pipa Kapiler Terlalu Panjang?

Tentu saja ada. Jika pipa kapiler terlalu pendek, maka hambatan gesek pipa akan menjadi lebih kecil. Hal ini tentu akan membuat kapasitas pipa untuk menyalurkan refrigeran cair dari kondensor ke evaporator menjadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan kapasitas tekanan kompresi.

Akibatnya, evaporator menjadi kelebihan refrigeran cair sehingga tekanan menjadi naik. Karena tidak semua refigeran cair ini dapat menguap sempurna di dalam evaporator, maka refrigeran cair ini akan masuk ke kompresor dan berisiko merusak kompresor tersebut.

Pipa Kapiler Terlalu Panjang, Bagaimana Efeknya?

Sebaliknya, jika pipa kapiler terlalu panjang, maka hambatan geseknya menjadi terlalu besar. Hal ini disebabkan juga karena kapasitas penyaluran refrigeran cair dari kondensor ke evaporator menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan kapasitas kompresi.

cara menentukan panjang pipa kapiler kulkas

 

Hal ini tentu membuat evaporator kekurangan refrigeran cair sehingga tekanan menjadi turun. Di sisi lain, refrigeran cair pada kondensor menjadi naik, tekanan juga akan naik sehingga pada akhirnya efek pendinginan menjadi berkurang.

Baca Juga: Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu

Berapa Harga Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

Bicara mengenai harga pipa kapiler untuk kulkas 1 pintu, sejatinya disesuaikan dengan ukuran maupun panjang yang dijual. Di sejumlah marketplace harganya beragam, bahkan untuk per meternya tidak lebih dari Rp10.000.

Adapun harga pipa kapiler ini juga disesuaikan dengan ukuran maupun kodenya. Misalnya ukuran 0.26, ada yang menjualnya dengan harga Rp6.000 per meter, atau ukuran 0.54 yang dijual dengan harga Rp8.000 per meternya.

judul gambar

Bagaimana Cara Menentukan Panjang Pipa Kapiler Kulkas?

Memilih pipa kapiler tidak boleh sembarangan. Untuk panjangnya, beberapa sumber menyarankan agar jangan kurang dari 5 ft (1,5 meter) dan jangan lebih panjang dari 16 ft (4,88 meter) untuk ukuran pipa kapiler kulkas 1 pintu.

Semakin pendek maka akan membuat aliran bahan pendingin menjadi lebih cepat dan jumlah aliran bahan pendingin menjadi lebih besar. Sementara jika semakin panjang, tahanan akan menjadi lebih besar dan efek pendinginan menjadi cepat berkurang.

Selain tidak ekonomis, kenaikan tekanan bisa sangat tinggi sehingga evaporator menjadi tidak dingin dan kompresor bekerja menjadi lebih berat.

Berapa Panjang Pipa Kapiler Kulkas 2 Pintu

Sejatinya, ukuran panjang pipa kapiler baik untuk kulkas 1 pintu maupun 2 pintu tidak jauh berbeda dari segi penghitungan. Adapun panjang normalnya sekitar 170cm, namun hal ini akan disesuaikan lagi dengan spesifikasi masing-masing pabrikan.

efek pipa kapiler terlalu panjang

Pipa kapiler memang terdiri dari beberapa ukuran di mana pengukuran dilakukan pada bagian diameter dalam (inside diameter/ID) dari pipa tersebut. Ukuran panjang yang terdapat pada setiap lemari es biasanya juga dipengaruhi oleh bahan pendingin, suhu, hingga kondensor yang digunakan.

Artikel Terkait:

Rumus Pipa Kapiler

Buat kamu yang sekiranya ingin mengganti pipa kapiler, ada lho tabel standar dari daftar perbandingan pipa kapiler. Namun, dipastikan kamu bisa menghitung rumus penghitungannya terutama jika hendak mengganti dengan pipa kapiler dengan ID yang berbeda meskipun karakteristiknya sama.

Sebagai contoh, kamu memiliki pipa kapiler untuk ukuran 0.040 ID dengan panjang 3 meter akan diganti. Menilik daftar perbandingan panjangnya, ada beberapa faktor yang didapat, yakni:

  • Di bawah 0.036 ID terdapat faktor 0.62
  • Di bawah 0.042 ID terdapat faktor 1.25

Sehingga jika dihitung manual akan menjadi seperti berikut.

  1. Kalau menggunakan pipa kapiler dengan ID 0.036

0.62 x 3 meter = 1.86 meter

  1. Kalau menggunakan pipa kapiler dengan ID 0.042

1.25 x 3 meter = 3.75 meter

Itulah beberapa hal mengenai ukuran pipa kapiler kulkas 1 pintu dan sejumlah hal pendukung lainnya. Semoga informasi kami ini bermanfaat.

judul gambar

Leave a Comment