Berapa Tekanan Freon Kulkas 1 & 2 Pintu [R134a] Saat Hidup / Mati?

Di rumahmu terdapat kulkas? Tentunya berbagai perawatan penting harus senantiasa diperhatikan, salah satunya melalui penggantian freon. Tujuannya tentu agar tekanan freon kulkas 1 pintu maupun 2 pintu tersebut tetap terjaga yang membuat performanya tetap unggul.

Mengenal Tekanan Freon R134a Pada Kulkas

tekanan freon kulkas 1 pintu

Freon atau refrigeran adalah senyawa yang berfungsi untuk menyerap panas udara sehingga suhu sebuah ruangan menjadi lebih dingin. Senyawa ini banyak diolah dalam bentuk gas sehingga tidak memiliki warna atau bau, namun memiliki tekanan sebagaimana gas lainnya.

Ada berbagai jenis freon yang digunakan, salah satunya freon R134a yang digunakan pada kulkas atau AC. Jenis freon ini dikenal sebagai refrigeran pada sistem pendingin yang dikenal aman dan tidak merusak lapisan ozon. Karena aman digunakan inilah, jenis freon ini cukup banyak digunakan.

Baca Dulu: Bagian Dalam Kulkas 1 Pintu

Tekanan Freon R134a pada Kulkas 2 Pintu Maupun 1 Pintu

Freon R134a merupakan jenis freon yang biasa dipakai untuk mengisi kulkas. Sifatnya lebih stabil, tidak beracun, dan tidak mudah terbakar sehingga cocok untuk pengisian freon kulkas. Kendati demikian, tekanan freon R134a pada kulkas, terutama untuk kulkas 2 pintu tidak bisa digunakan untuk menggantikan Freon R12.

Baca Juga: Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

Berapa Psi Untuk Pengisian Freon Kulkas 1 dan 2 Pintu?

Untuk menghasilkan udara yang dingin, senyawa seperti freon tentu sangat penting bagi sebuah kulkas. Terlebih jika kulkas sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama, tentu lama kelamaan freon akan menjadi habis dan kulkas tidak sedingin pada saat awal pemakaian.

Pada kondisi normal, tekanan freon kulkas 1 pintu atau 2 pintu adalah 10 Psi. Terkadang, pengisian freon yang sudah dilakukan secara benar masih saja bocor. Hal ini salah satunya ditandai dengan tekanan freon yang berkurang setelah diisi selama beberapa menit.

Baca Dulu: Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

judul gambar

Berapa Tekanan Freon Kulkas Saat Mati

Apabila pertanyaannya adalah berapa tekanan freon yang ada pada kulkas, jawaban sebenarnya adalah tergantung dari masing-masing tipe dan jenis kulkas itu sendiri. Seperti yang telah disampaikan, tekanan normal freon untuk kulkas adalah 10 Psi.

tekanan freon r134a pada kulkas

Jika kulkas mati, tentu tekanannya tidak akan sebesar itu. Oleh karenanya, kalau merasa tekanan freon berkurang karena usia, kamu perlu melakukan pengisian freon.

Baca Dulu: Skema Kulkas 1 Pintu

Cara Cek Tekanan Freon Kulkas dan Pengisiannya

Untuk mengetahui tekanan freon, biasanya diperlukan suatu alat khusus. Namun, kamu bisa mulai mengidentifikasi apakah tekanan freon ini bermasalah atau tidak dengan mengecek apakah suhu kulkas saat digunakan masih normal atau tidak.

Kalau sudah tidak sedingin seperti di awal pembelian, tentu patut dicurigai kalau tekanan freon pada kulkas berkurang. Untuk itu, kamu perlu membawanya ke pihak service agar diisi freon sesuai kebutuhan. Berikut gambarannya.

  1. Pasang selang manifold gauge berwarna biru pada suction, selang kuning pada refrigeran.
  2. Buang angin pada selang kuning dengan membuka kran refrigeran. Jangan lupa tutup kembali seperti semula.
  3. Isi refrigeran secara perlahan dengan cara membuka kran manifold biru sampai tekanan mencapai 2 Psi. Tutup kembali kran biru dan nyalakan kulkas sampai mesin terasa hangat.
  4. Buka kembali tutup tabung refrigeran dan isi hingga tekanannya 1o Psi. Tutup kembali seperti sediakala.
  5. Tunggu sekitar 10 menit lalu cek apakah ada penurunan tekanan freon kulkas 1 pintu atau tidak. Jika ada, tandanya terjadi kebocoran pada pipa sehingga harus dilakukan servis yang lain.

Artikel Terkait:

Demikian pembahasan seputar freon kulkas, mulai dari ap aitu freon kulkas, tekanan dan cara cek. Semoga bermanfaat untuk Anda, jika bermanfaat silahkan sobat semua untuk share artikelnya ya, terima kasih atas kunjungannya.

judul gambar

Leave a Comment