Rangkaian Skema Kabel Kipas Angin Maspion Kotak

Merk kipas angin Maspion menjadi salah satu merk yang cukup mudah ditemukan di pasaran, merk ini pun selain memiliki produk kipas angin, ternyata juga memiliki berbagai produk elektronik lainnya yang termasuk cukup populer juga.

Rangkaian kabel Kipas angin Maspion Kotak

Tapi kali ini memang hanya akan membahas tentang produk elektronik kipas angin saja. Pada dasarnya kipas angin memilik rangkaian kabelnya masing-masing termasuk rangkaian kabel kipas angin Maspion kotak. Nah, rangkaian kabel produk elektronik Maspion ini memiliki beberapa elemen atau komponen penting di dalamnya. Apakah sajakah elemen tersebut?

Baca Dulu : Warna Kabel Kipas Angin Maspion 6 Kabel

Rangkaian Kipas Angin Maspion Kotak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika ada beberapa elemen atau komponen dalam rangkaian kipas angin Maspion. Nah, berikut ini adalah beberapa komponen dari rangkaian kipas angin.

1. Dinamo

Dinamo Maspion Kotak

Salah satu komponennya adalah dinamo atau yang disebut sebagai motor listrik. Ini merupakan elemen inti dari sebuah kipas angin. Inti atau dinamo ini ada berbagai rangkaian atau Skema warna kabel kipas angin Maspion. Pada bagian dinamo pun terdapat komponen lainnya yaitu salah satunya kapasitor.

Di kapasitor ini mengeluarkan beberapa kabel luaran. Kabel luaran yang ada di kapasitor bermacam-macam, ada yang 3, 5, dan juga 6 kabel luaran. Tipe 6 kabel luaran adalah salah satu jenis kipas angin yang mudah ditemukan di pasaran, termasuk Maspion kotak pun cukup banyak yang menggunakan 6 kabel luaran.

Untuk 6 kabel luaran, maka 3 di antaranya memiliki fungsi untuk kontrol kecepatan, 2 lainnya adalah kapasitor, sementara 1 lagi berguna sebagai menetralkan. Nah, biasnya juga setiap kabel memiliki warna yang berbeda. Arti warna kabel pada kipas angin atau fungsi sesuai warnanya adalah sebagai berikut.

  1. Warna putih adalah netral atau nol
  2. Warna biru dan oren adalah bagian kapasitor
  3. Selanjutnya warna merah adalah speed 1
  4. Warna kuning untuk speed 2
  5. Dan yang hitam untuk speed 3.

Perlu diketahui juga jika dinamo pada alat elektronik ini memiliki 4 kumparan yang umumnya memiliki 2 ujung dan 8 keluaran. Untuk kipas angin kotak akan memiliki 1 komponen yang mempunyai banyak lilitan, kemudian 3 lainnya apabila disatukan maka akan memiliki jumlah lilitan dan volume yang sama dengan komponen utamanya.

judul gambar

Baca Juga :

2. Saklar Speed

Saklar Speed

Komponen lainnya dari rangkaian kipas angin Maspion kotak adalah saklar speed. Seperti saklar pada lampu, maka saklar kipas angin pun digunakan untuk menyalakan dan mematikan kipas. Umunya ada 4 tombol saklar speed yang memiliki fungsi masing-masing, berikut adalah fungsinya.

  1. Tombol 0 untuk off atau mematikan
  2. Tombol 1 untuk menghidupkan sehingga baling-baling akan berputar dengan kecepatan rendah
  3. Selanjutnya adalah 2 agar pengguna dapat menyalakan baling-baling dengan kecepatan sedang
  4. Dan terakhir 3 agar dapat menyalakan baling-baling kipasnya dengan kecepatan paling tinggi.

3. Sumber dari Stop Kontak

Ini adalah bagian yang akan menghubungkan kipas angin dengan sumber listrik. Jadi ini termasuk bagian yang penting, sebab tanpa stop kontak yang dihubungkan ke sumber listrik maka produk elektronik ini tidak akan bisa bergerak atau menyala.

4. Kapasitor 1,5 Micro Farad

Kapasitor 1,5 Micro Farad

Kemudian ada Kapasitor 1,5 Micro Farad. Untuk komponen ini memiliki kegunaan yang terpisah dari motor listrik dan juga dari kabel penghubung saklar. Untuk jenis dari kapasitor yang digunakan bisa saja berbeda-beda, sesuai dengan merek, tipe, serta ukurannya.

Ketahui :

Itulah beberapa komponen dari rangkaian rangkaian kabel kipas angin Maspion kotak yang semoga bisa menambah informasinya untuk Anda semuanya.

judul gambar

Leave a Comment