Arti Warna Kabel Dinamo Kipas Angin Maspion 6 Kabel

Kipas angin menjadi salah satu alat elektronik untuk mendinginkan ruangan dengan harga lebih murah dibandingkan dengan AC. Karena hal tersebut, kipas angin lebih muda ditemukan di rumah-rumah. Hampir setiap rumah memang memiliki kipas angin. Karena itu, tak ada salahnya untuk mempelajari bagian kipas angin seperti tentang warna kabel kipas angin Maspion 6 kabel.

Warna kabel kipas angin maspion 6 kabel

Mempelajari bagian alat elektronik ini seperti mempelajari bagian-bagian dinamo kipas angin 6 kabel, atau dinamo kipas angin Maspion 6 kabel nantinya bisa membantu anda saat kipas angin menyelami kerusakan. Ya, anda bisa saja memperbaikinya sendiri saat sudah memiliki ilmunya. Nah, agar mengetahuinya, maka tak ada salahnya untuk menyimak terlebih dahulu ulasan berikut ini.

Baca Dulu : Skema Gulungan Kipas Angin Maspion

Cara Menentukan Kabel kipas Angin 6 Kabel

Perlu diketahui jika ada beberapa jenis motor mesin pada alat elektronik ini, antara lain adalah ada yang memiliki 4, 5, dan ada yang 6 kabel. Untuk menentukan fungsi dari masing-masing kabel adalah hal yang bisa terbilang mudah.

Sebab anda bisa melihat warna kabelnya saja untuk menentukan fungsi. Secara umum generator atau yang disebut juga dengan motor listrik atau mesin kipas angin memiliki warna kabel yang berbeda-beda, yaitu ada putih, merah, biru, hitam, dan kuning. Dengan warna inilah anda dapat menentukan setiap fungsi dari kabelnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah fungsinya berdasarkan warnanya.

Arti Warna Kebel Kipas Angin dengan 4 Kabel

Arti Warna Kebel Kipas Angin dengan 4 Kabel

Yang pertama adalah tipe yang memiliki 4 kabel. Untuk yang ini biasanya dapat ditemukan di kipas angin berdiri. Nah, berikut ini adalah fungsi dari masing-masing kabelnya sesuai dengan warnanya.

  1. Warna merah kecepatan tinggi
  2. Warna putih kecepatan sedang
  3. Kemudian warna hitam com power

Dan warna biru untuk kecepatan rendah.

Arti Warna Kebel Kipas Angin dengan 5 Kabel

Arti Warna Kebel Kipas Angin dengan 5 Kabel

Selain 4, ada juga yang memiliki 5 kabel. Untuk tipe ini bisa anda temukan pada kipas dengan jenis box atau kotak, yang memiliki kapasitor diletakkan secara terpisah dari mesinnya. Untuk arti atau fungsi masing-masing 5 kabel pada alat elektronik ini adalah sebagai berikut

judul gambar
  1. Kuning merupakan kapasitor
  2. Merah merupakan kecepatan tinggi
  3. Biru merupakan kecepatan rendah
  4. Lalu hitam adalah Power + kapasitor
  5. Dan terakhir putih merupakan kecepatan sedang

Baca Juga :

Arti Warna Kebel Kipas Angin dengan 6 Kabel

Arti Warna Kebel Kipas Angin dengan 6 Kabel

Untuk yang dilengkapi dengan 6 kabel adalah tipe yang paling banyak ditemukan di pasaran. Maspion pun menjadi salah satu kipas angin yang memiliki tipe 6 kabel ini. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui arti warna kebel kipas angin Maspion, maka berikut ini adalah arti atau fungsi dari kabelnya sesuai dengan warnanya.

  1. Bagian putih untuk netral atau nol
  2. Lalu bagian dengan warna biru dan oren adalah bagian kapasitor
  3. Selanjutnya warna merah adalah speed 1, kuning untuk speed 2, dan hitam untuk speed 3.

Dinamo Kipas Angin 6 Kabel

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika di pasaran adalah kipas dengan motor mesin atau dinamo yang memiliki 6 keluaran kabel adalah tipe kipas angin paling banyak ditemukan di pasaran. 6 keluaran ini terbagi menjadi 3 agar bisa mengontrol speed, 1 pada posisi netral dan 2 pada kapasitor.

Untuk masalah kelistrikan pada dinamo dengan 6 kabel adalah seperti gambar berikut.

Dinamo Kipas Angin 6 Kabel

Dengan melihat gambar, maka penjelasan sebagai berikut.

  1. Speed 1 menyatukan kumparan utama masukan 1 dengan kumparan masukan a1
  2. Speed 2 akan menyatukan kumparan masukan a2 dengan kumparan keluaran b1
  3. Speed 3 menyatukan kumparan masukan a3 dengan kumparan keluaran b2

Ketahui :

Sehingga yang tersisa adalah kumparan utama keluaran 2 dan kumparan keluaran b3. Sisa kumparan ini akan menjadi sambungan kapasitor dan juga sambungan langsung pada sumber listriknya.

Sekarang anda setidaknya sudah mengetahui tentang warna kabel kipas angin Maspion 6 kabel.

judul gambar

Leave a Comment