Cara Menyambung Kabel Warna Kipas Angin Cosmos 4 Kabel & 5 Kabel

Mungkin Anda mengalami kesulitan memahami bagaimana cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel. Oleh karena itu, pada kali ini akan dijelaskan secara lengkap terkait hal tersebut. Seperti kita ketahui, melakukan instalasi atau reparasi kipas angin memang tidak boleh sembarangan. Jika sampai salah, selain tidak akan berfungsi, perangkat tersebut juga dapat mengalami kerusakan komponen.

cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel

Baca Dulu : Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Mengenal Warna Kabel Kipas Angin Cosmos 4 Kabel

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel

Sebelum berlanjut ke pembahasan tentang cara menyambungnya, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu mengenai berbagai warna kabel. Setidaknya Anda perlu tahu bagaimana urutan warna kabel kipas angin Cosmos. Dengan demikian, ketika melakukan pemasangan akan menjadi jauh lebih mudah. Selanjutnya, silakan simak pembahasan berikut ini.

1. Warna merah

Warna merah biasanya digunakan untuk fungsi kecepatan tinggi. Jadi, pastikan saat melakukan pemasangan, komponen ini disambungkan ke bagian tombol kecepatan paling tinggi.

2. Warna putih

Satu tingkat di bawahnya adalah kable berwarna putih. Komponen ini menunjukkan kecepatan sedang. Jadi, secara urutan, kabel putih berada di samping cable merah.

3. Warna biru

Selanjutnya adalah warna biru untuk fungsi kecepatan rendah. Secara berurutan, jadi pemasangan cable harus dari biru, putih, merah ataupun merah, putih, biru.

4. Warna hitam

Terakhir adalah warna hitam. Sebenarnya kabel ini merupakan cable power, yakni menghubungkan kipas ke sumber daya nantinya.

Itulah urutan untuk kabel kipas angin 4 warna. Pastikan semua itu benar-benar Anda pahami dan hafalkan terlebih dahulu sebelum mulai melakukan reparasi ataupun instalasi. Dengan demikian, tidak akan ada kasus kesalahan teknis terkait urutannya.

Baca Juga :

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel

judul gambar

Pada bagian ini akan dijelaskan terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika ingin menyambung dinamo kipas angin. Pastikan Anda sudah menyiapkan seluruh peralatan penunjang serta mematuhi protokol keselamatan kerja. Setelah itu, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tentukan warna cable
  • Pastikan urutan sudah tepat sesuai penjelasan di bagian sebelumnya
  • Jika salah urutan, kipas tidak akan berfungsi normal
  • Tentukan arah cable
  • Sambungkan ke bagian kipas
  • Silangkan dua cable dinamo
  • Lakukan secara hati-hati karena bisa jadi masih terdapat aliran listrik
  • Selesai

Apabila masih ragu dalam melakukan langkah di atas, Anda bisa menggunakan jasa kelistrikan terdekat. Biasanya mereka sudah lebih berpengalaman dalam hal tersebut sehingga hasilnya pun akan terjamin baik.

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 5 Kabel

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 5 Kabel

Sebenarnya cara menyambungkan pada jenis 4 maupun 5 kabel hampir sama. Satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah fungsi setiap warna harus benar-benar hafal. Pada rangkaian ini, kuning menunjukkan kapasitor, merah menunjukkan kecepatan tinggi, hitam menunjukkan power, putih menunjukkan kecepatan sedang, dan biru menunjukkan kecepatan rendah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Tentukan warna cable
  • Pastikan urutan kelima cable sudah sesuai penjelasan sebelumnya
  • Apabila urutan salah, maka perangkat tidak akan berfungsi
  • Tentukan arah kabel
  • Sambungkan ke bagian kipas
  • Silangkan kabel dinamo
  • Lakukan secara hati-hati
  • Selesai

Tips Merawat Kabel Kipas Angin 4 Warna

Tips Merawat Kabel Kipas Angin 4 Warna

Agar tidak terjadi kerusakan, setidaknya ada beberapa hal perlu Anda perhatikan. Cara ini bertujuan menjaga performa seluruh komponen sehingga akan terus bekerja secara maksimal. Silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Matikan saat tidak digunakan

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh banyak orang adalah membiarkan perangkat hidup terlalu lama. Padahal, saat ini mungkin sedang ditinggal beraktivitas lain. Apabila kejadian ini diulang berkali-kali, maka beberapa komponen di dalamnya bisa mengalami kerusakan seperti terjadi korsleting atau sebagainya. Jadi, ketika tidak digunakan, sebaiknya matikan saja.

2. Bersihkan secara rutin

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu membersihkan seluruh komponen secara rutin, baik itu setiap 2 minggu atau satu bulan. Bersihkan pada bagian baling-baling. Jika perlu dan mampu, bongkar bagian mesin lalu bersihkan menggunakan kuas secara lembut. Cara ini bertujuan agar tidak ada debu maupun benda asing mengganggu sistem.

Ketahui :

Itulah tadi beberapa cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel. Sekali lagi, sangat penting untuk memiliki sedikit pengetahuan tentang elektronik apabila ingin melakukannya secara mandiri. Namun, apabila tidak, silakan gunakan jasa reparasi agar mencegah kejadian tidak diinginkan.

judul gambar

Leave a Comment