Penyebab & Cara Memperbaiki TV Sharp yang Tidak Ada Suara Serta Gambarnya

Sharp merupakan salah satu merek TV terkenal di Indonesia. Hal itu tentu karena Sharp selalu berusaha memberikan produk bagus serta berkualitas. Namun, fakta tersebut tidak lantas membuat produk mereka anti rusak. Di lapangan masih terdapat banyak masalah yang muncul, salah satunya adalah TV hilang gambar. Alhasil, orang mencari cara memperbaiki TV Sharp yang tidak ada gambarnya di internet.

cara memperbaiki tv sharp yang tidak ada gambarnya

Jika masalah seperti ini sudah muncul pastinya akan sangat mengganggu Anda saat hendak bersantai untuk menonton televisi. Oleh karena itu, setelah membeli produknya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tentang penyebab serta cara mengatasi permasalahan tersebut. Nah, untuk mengetahuinya, simaklah beberapa ulasan terkait hal tersebut di bawah ini.

Baca Dulu : Cara Reset TV Sharp Aquos Lc24le175i

Penyebab TV Sharp Tidak Ada Gambar dan Suara

Penyebab TV Sharp Tidak Ada Gambar dan Suara

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki TV LED Sharp yang tidak ada gambarnya, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu apa saja yang mungkin bisa jadi penyebabnya. Tentunya tidak mungkin sebuah perangkat elektronik tiba-tiba mengalami kerusakan sendiri. Oleh karena itu, pada kali ini akan diberikan beberapa alasan yang menyebabkan masalah ini bisa terjadi.

Sebenarnya, faktor kerusakan ini tidak jauh berbeda dengan penyebab TV Sharp tabung tidak ada gambar. Namun, dalam kenyataannya memang TV LED atau LCD lebih cenderung mengalami masalah seperti ini. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab mengapa televisi Anda gambarnya hilang.

  1. Terjadi kerusakan pada komponen mesin TCON
  2. Terjadinya kerusakan pada IC Gamma AS-15 yang terletak dekat komponen TCON
  3. Software televisi mengalami kerusakan parah
  4. Kabel LVDS terlepas akibat waktu pemasangan kurang sempurna dan kencang.

Pada umumnya keempat alasan di atas menjadi penyebab mengapa TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara. Setelah mencari penyebabnya, selanjutnya Anda tinggal mencari solusinya.

judul gambar

Baca Juga :

Cara Memperbaiki TV Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar

Cara Memperbaiki Tv Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar

Berbicara tentang cara memperbaiki kerusakan pada TV LED/LCD seperti ini, tentu paling mudah dan pasti adalah dengan membawanya ke teknisi profesional berpengalaman. Cara ini dinilai sangat tepat bagi Anda yang mungkin tidak terlalu paham tentang perangkat elektronik seperti televisi.

Namun, apabila Anda memang punya bekal ilmu dalam bidang elektronika, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan perbaikan sendiri. Toh, nanti jika berhasil Anda malah dapat menghemat biaya servis. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan perbaikan masalah televisi hilang suara dan juga gambar.

  • Pertama, periksalah terlebih dahulu kondisi IC. Caranya cukup dengan tancapkan power TV ke sumber listrik dan hidupkan saja TV-nya. Apabila IC terasa panas saat dipegang, maka itu tandanya wajib segera diganti.
  • Berikutnya, lakukanlah pemeriksaan pada tegangan di power supply. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa power supply punya tegangan normal.
  • Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa juga tegangan yang terdapat pada output driver layar LED
  • Jika setelah dilakukan pengecekan power supply dan output driver LED punya tegangan normal, maka masalah tidak terjadi di sana. Untuk itu, secara bertahap pengecekan bisa dilanjutkan ke komponen lainnya. Namun, jika saat pengukuran tegangannya tidak ada, maka sudah pasti Anda harus melakukan penggantian pada komponen IC Driver TV.
  • Setelah itu, lakukan penggantian pada komponen tersebut.
  • Apabila setelah diganti TV bisa menyala normal kembali, berarti memang masalah benar ada di bagian IC Driver.

Sebagai tambahan, untuk mengecek IC driver benar-benar sudah rusak atau belum, Anda bisa menggunakan multitester untuk melakukan pengukuran tegangan. Apabila angka multitester berada di angka 50 volt, maka IC driver tersebut sudah pasti tidak bisa digunakan lagi. Sebaliknya, jika hasilnya lebih dari 50 Volt, maka kemungkinan masih bisa diperbaiki tanpa perlu mengganti komponen.

Ketahui :

Itulah tadi informasi menarik tentang cara mengatasi TV Sharp yang tidak ada gambarnya. Untuk penyelesaian masalah yang diberikan di atas, memerlukan skill dasar dalam elektronika. Jadi, apabila Anda merupakan orang awam dalam hal tersebut, maka lebih baik untuk segera membawa televisi ke tempat servis profesional. Hal ini dilakukan agar menghindarkan dari kerusakan lebih parah lagi nantinya.

judul gambar

Leave a Comment