Tekanan Freon R134A Pada Kulkas 2 Pintu Sharp

Salah satu alasan kulkas dua pintu tidak dingin lagi adalah, ketika zat pendingin atau refrigerant sudah habis. Jika ingin menambahkan zat tersebut sendiri perlu diketahui berapa tekanan freon kulkas 2 pintu sebelum pengisian. Begitu juga dengan tahapan pengisian, harus dipahami supaya tidak ada komponen nantinya jadi rusak.

tekanan freon kulkas 2 pintu

secara umum, cara kerja freon adalah dengan menyerap energi panas yang terdapat di dalam lemari es. Kemudian dengan kekuatannya dan tekanan maksimal suhu rendah, zat ini akan membuat suhu menjadi dingin sampai pada limit sudah diatur melalui komponen pengaturan suhu.

Baca Dulu: Bagian Dalam Kulkas 1 Pintu

Berapa Ukuran Tekanan Freon Kulkas 2 Pintu?

Pada kondisi normal, tekanan freon kulkas 2 pintu Sharp atau merek lain maksimalnya adalah 10 psi. Jika tekanannya sudah berkurang, maka sudah saatnya untuk melakukan pengisian ulang.

Ukuran ini bisa dicek saat proses pengisian ulang, menggunakan meteran khusus dipakai pada proses pengisian. Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk memastikan freon sudah terisi dengan baik.

Jika tekanan berkurang dengan cepat hanya dalam waktu 10 menit usai diisi, artinya sudah terjadi kebocoran pada komponen tersebut.

Bagaimana Cara Isi Freon Kulkas 2 Pintu?

Jika Anda sudah mempelajari skema kelistrikan dan fungsi semua komponen dari sebuah lemari pendingin dua pintu, akan sangat mudah untuk melakukan pengisian sendiri. Asalkan alat dan bahan dibutuhkan sudah lengkap.

Baca Juga: Arti Lambang Pada Remote AC Sharp

Tidak perlu teknisi, tapi memang sangat butuh kehati-hatian selama proses tersebut supaya tidak ada bagian kabel penghubung dan komponen menjadi rusak. Lantas bagaimana caranya?

  • Siapkan peralatan pentingnya, seperti tang, las tabung, filter, freon kulkas salah satunya adalah R134A yang sering dipakai karena tekanan freon R134A pada kulkas sangat cocok. Tapi, Anda tetap perlu menyesuaikan tipe sesuai yang dianjurkan pada tabel pada bagian kompresor.
  • Siapkan juga mesin vakum atau sering juga disebut stainer tube, menthyl, selang manifold gauge dan las tabung. Untuk memperlancar proses pengisian

tekanan freon r134a pada kulkas

judul gambar
  • Buka bagian karet yang terdapat pada bagian pentil pipa kompresor. Posisinya, berada pada pipa pendek dan tidak langsung terhubung pada sistem kelistrikan lemari pendingin tersebut.
  • Ambil methyl dan teteskan ke dalam wadah plastik seperti tutup botol air kemasan
  • Pastikan kompresor hidup, dan cek aliran freon apakah lancar atau tidak
  • Las bagian filter langsung pada pipa kondensor, kemudian las juga pipa kapiler pada bagian filter, sebagai alur pengisian yang tepat
  • Tambahkan selang jenis manifold gauge biru pada pentil, sedangkan selang kuning pada tabung freon.
  • Pastikan tekanan udara sudah mencapai posisi 0-30 psi, seperti kemampuan menghasilkan tekanan freon R134A pada kulkas 2 pintu yang sudah banyak digunakan. Lanjutkan dengan membuka kran dari tabung freon untuk mengalirkan zat refrigeran tersebut. Biarkan maksimal lima detik, lalu tutup kran tabung dan sisa yang masih mengalir keluar melalui pipa kapiler
  • Ulang kembali proses pengisian, pastikan hanya mencapai angka 10 psi. Jika sudah terasa hangat pada bagian kondensor dan tekanan sudah hampir mencapai 10, matikan keran.

Artikel Terkait: Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

Tips Memilih Tipe Freon Kulkas yang Tepat

Saat ini banyak tipe freon yang dijual di pasaran, ada yang multifungsi untuk lemari pendingin, AC mobil, dan lainnya. Hal tersebut tentu cukup membuat bingung untuk memilih mana tipe paling tepat. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Dibuat dari bahan yang stabil dan tidak mudah terbakar.
  • Bisa menghasilkan tekanan yang dibutuhkan saat pengisian, karena berapa tekanan freon kulkas 2 pintu akan sangat berbeda dengan alat elektronik berbasis pendingin lainnya.
  • Tidak mengandung racun, sehingga aman ketika berhubungan langsung dengan manusia. Apalagi lemari es sangat berhubungan dengan makanan dan bahan-bahan yang dikonsumsi manusia.
  • tidak menjadi penyebab korosi, karena akan sangat berbahaya bagi komponen lain yang terhubung dengannya.

Baca Juga:

Semoga informasi di atas membantu Anda yang ingin melakukan pengisian freon. Paling tidak, sudah ada pengetahuan umum tentang bagaimana cara mengisi hingga tipe refrigerant bisa digunakan. Karena ternyata tidak semua tipe cocok untuk lemari es, salah satu yang tepat adalah tekanan freon R134A pada kulkas yang dinilai paling cocok saat ini.

judul gambar

Leave a Comment