Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 1 & 2 Pintu?

Kulkas menjadi salah satu barang kebutuhan rumah tangga yang penting. Untuk dapat merawatnya tetap dalam kondisi bagus, maka perlu mengetahui berapa psi tekanan kompresor kulkas. Kompresor sendiri merupakan salah satu komponen yang berfungsi menyokong kinerja lemari pendingin supaya lebih optimal dalam tugasnya.

berapa psi tekanan kompresor kulkas

Mengetahui nilai (psi) dari freon menjadi kegiatan yang perlu diperhatikan. Apabila tekanan tidak sesuai, maka tidak dapat menghasilkan dingin sesuai standarnya. Kompresor ini memiliki bentuk berupa tangki berasal dari logam atau besi. Jika tidak ada komponen ini, maka freon tidak dapat disebarkan sehingga lemari pendingin menjadi tidak memproduksi dingin.

Berapa Maksimal Tekanan Pada Kompresor Kulkas

Membeli lemari pendingin berarti harus siap untuk menggunakan serta merawatnya. Untuk dapat menjaga makanan atau pun semua isinya secara baik, maka mengontrol tekanan kompresor harus dilakukan. Total tekanan freon sangat berbeda-beda tergantung dari jenis serta tipe kulkas itu sendiri. Tetapi, tekanan maksimal kompresor kulkas adalah sebesar 10 psi.

Pada proses pengisian freon ini harus dilakukan oleh ahlinya. Hal tersebut sangat penting karena untuk dapat mencapai psi maksimal sesuai kebutuhan kulkas. Apabila dalam jangka waktu selama 10 menit tekanannya terus berkurang, itu mengindikasikan bahwa telah terjadi kebocoran sehingga membuatnya tidak maksimal dalam menghasilkan suhu dingin.

Berapa Nilai Tekanan Freon Pada Kulkas 1 Pintu

Setelah pemakaian yang cukup lama membuat performa barang kebutuhan rumah tangga satu ini akan semakin menurun. Memperhatikan berapa psi tekanan freon kulkas 1 pintu perlu dilakukan. Jenis lemari pendingin satu ini bisa terjadi kebocoran karena berkurangnya freon. Pada proses pengisiannya, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut.

  • Siapkan semua komponen secara lengkap, mulai dari pipa, methyl, kompresor, dan lain sebagainya
  • Sebelum memasang manifold, hidupkan penekan (compressor)
  • Jumlah nilai psi harus di bawah 0-30
  • Buka kembali kran manifold dan angka pada freon tidak boleh lebih dari 10 psi

Baca Juga:

judul gambar

Berapa Nilai Kompresor Psi Pada Kulkas 2 Pintu

Secara umum mengenai berapa psi tekanan kulkas 2 pintu sama dengan jenis lemari pendingin 1 pintu. Ukuran compressor secara normalnya adalah sebesar 10 psi. Namun, hal ini tetap harus melihat kekuatan serta jenis dari kulkas itu sendiri. Oleh sebab itu, proses pengisian tekanan dilakukan oleh teknisi ahli di bidangnya.

berapa psi tekanan freon kulkas 1 pintu

Jika kegiatan pengisian tidak dilakukan secara benar, maka dapat memunculkan sejumlah masalah. Itu dapat Anda lihat pada daftar di bawah ini.

  • Lemari pendingin menjadi tidak dingin
  • Makanan dan isi di dalam lemari pendingin cepat basi atau kesegarannya tidak dapat bertahan lama
  • Kompresor yang lemah akan menyebabkan kebocoran

Pada masalah ini, memastikan tekanan tetap dalam kondisi stabil membutuhkan beberapa perhatian khusus. Dalam langkah perbaikan, Anda sebaiknya memeriksa sejumlah hal mulai dari jika tang meter berada di angka 0,5 – 0,6 ampere, itu tandanya normal. Namun, apabila terjadi kemacetan dan menunjukkan nilai 1 ampere, menunjukkan adanya kerusakan.

Pada lemari pendingin 2 pintu yang mempunyai kapasitas lebih besar, maka Anda harus memperhatikan nilai psi dengan membongkar komponen tersebut. Ini dilakukan supaya mengetahui kendala kemacetan. Perlu diingat kembali, kegiatan tersebut harus dilakukan oleh profesional.

Baca Juga:

Itu dia informasi tentang berapa psi tekanan kompresor kulkas baik pada jenis 1 atau 2 pintu. Keduanya mempunyai nilai tekanan normal yang sama. Jika ditemukan masalah pada kegiatan perawatan lemari pendingin terkait freon, lakukan pemanggilan ahli untuk memperbaikinya dengan cepat.

judul gambar

Leave a Comment