Cara Setting & Mengukur Thermostat Kulkas 1 Pintu Manual

Whereaglesfly.com — Bagaimana cara setting thermostat kulkas 1 pintu? Bagaimana pula cara mengukur thermostat kulkas serta memasang kabel thermostat kulkas 1 dan 2 pintu? Ketahui juga cara setting thermostat secara manual.

Selain menyalakan termostat, ada tambahan pengaturan khusus bagi teknisi untuk menambahkan pengaturan suhu; ini sering dilakukan ketika termostat baru dipasang.

cara setting thermostat kulkas 1 pintu

Ketika kita mengganti termostat, kita sering mendapatkan termostat yang tidak sesuai dengan suhu sebenarnya, yaitu suhu di bawah yang lebih dingin membutuhkan suhu 0°.

Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu

Setting ulang termostat memungkinkan Anda menyetel putaran suhu untuk memenuhi suhu yang diinginkan.

1. Menyesuaikan termostat ke posisi kurang atau tidak dingin

Menyetel termostat yang tidak cukup dingin meskipun pengaturan suhu maksimum dilakukan dengan memutar baut cincin suhu berlawanan arah jarum jam. Putar baut rentang blub setengah dan tunggu hasilnya; jika baut rentang blub masih tidak pas, silakan membalikkan setengah lingkaran dalam orientasi berlawanan arah jarum jam.

2. Menggunakan termostat yang terlalu dingin

Atur termostat yang terlalu dingin agar es di evaporator tidak terlalu cepat mengental dengan arah berlawanan dari pendekatan di atas, yaitu dengan memutar baut pengatur suhu searah jarum jam setengah lingkaran. Tunggu hasilnya; jika tidak pas, mesin kompresor tidak akan mati saat suhu tercapai. Silakan putar berlawanan arah jarum jam dengan setengah lingkaran.

3. Tambah waktu restart kompresor dengan mengatur termostat.

Setel termostat agar kompresor tidak menyala ulang secara tiba-tiba dengan memutar baut diferensial yang terletak di dekat pin soket termostat. Waktu jeda kompresor telah kembali normal, sekitar 10 hingga 15 menit. Hal ini memberikan waktu bagi tekanan gas refrigeran untuk kembali ke keseimbangan, memastikan bahwa mesin kompresor tidak menjadi terlalu berat selama operasi.

Cara Mengukur Thermostat Kulkas

  • Keluarkan termostat kulkas dari lemari es.
  • Cabut soket terminal kabel yang terhubung ke termostat.
  • Lepaskan pipa sensor suhu evaporator.
  • Biarkan termostat terkena suhu luar untuk waktu yang singkat.
  • Dengan menggunakan multimeter skala Ohm, ukur resistansi kedua terminal termostat.
  • Jarum multimeter akan bergerak ke kanan dalam keadaan termostat yang khas.
  • Celupkan ujung tabung sensor ke dalam air sedingin es; jarum multimeter harus kembali ke kiri setelah beberapa detik.

Gejala termostat kulkas rusak

judul gambar

Jika ditemukan bahwa termostat tidak lagi berfungsi, itu harus segera diganti agar lemari es dapat kembali beroperasi secara teratur. Termostat untuk lemari es satu pintu berharga antara 150 dan 200 ribu dolar.

Cara Setting Thermostat Manual

1. Konfigurasi dari tombol putar

Pendekatan pertama adalah yang paling nyaman bagi pemilik lemari es, dan sudah menjadi standar dengan fitur ini dari pabrikan. Biasanya lemari es/kulkas untuk keluarga beroperasi pada suhu berkisar antara 2 hingga 7 derajat Celcius di bagian penyimpanan makanan.

2. Pilih rentang batasan suhu

Karena pengontrol suhu (termostat) diposisikan di bagian dalam, pengaturan batas kisaran ini mengharuskan pelepasan pengontrol suhu (termostat). Prosedur ini khusus untuk spesialis. Jika masyarakat umum ingin memberlakukan batas jangkauan, mereka harus berhati-hati. Batas jangkauan ini diatur dengan memutar baut jangkauan.

3. Menentukan perbedaan cut in dan cut out

Diferensial adalah perbedaan antara suhu masuk dan keluar (kontak dekat) (kontak terbuka). Situasi terpotong atau terpotong terjadi ketika kontak termostat menutup, menyebabkan kompresor beroperasi. Sementara pemutusan, juga dikenal sebagai pemutusan, adalah keadaan di mana kontak termostat terbuka, menyebabkan kompresor berhenti berfungsi.

Diferensial diatur dengan memutar baut diferensial termostat. Ketika baut diferensial diputar searah jarum jam (kanan), diferensial menyusut. Sementara itu, memutar baut berlawanan arah jarum jam (ke kiri) akan meningkatkan diferensial. Saat menyetel diferensial, cukup putar baut satu kali dan tunggu hasilnya. Jika hasilnya tidak cocok, mainkan putaran lain dan tunggu.

Waktu tunggu antara kompresor bekerja dan waktu berhenti kompresor diwakili oleh perbedaan antara cut in dan cut out, oleh karena itu perubahan diferensial akan mengakibatkan perubahan waktu tunggu kompresor.

Waktu tunggu ini berfungsi sebagai waktu istirahat untuk kompresor, memungkinkannya menjadi dingin. Karena menunggu tekanan antara sisi tekanan tinggi dan rendah seimbang, pengaturan waktu tunggu ini tidak boleh terlalu pendek. Jika tekanan tidak seimbang dan kompresor dihidupkan kembali, kompresor mungkin tidak dapat dihidupkan (berputar).

Ruangan tidak dingin karena termostat telah mematikan aliran listrik ke mesin kompresor.

Mesin kompressor tetap hidup, walaupun suhu di dalam ruang freezer dingin/sesuai peruntukannya, namun untuk kerusakan seperti ini, seringkali tidak mungkin untuk mengubah pengaturan suhu karena cairan merkuri dalam thermostat bocor.

judul gambar

Leave a Comment